Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

Taukah kalian bahwa mendengarkan musik sangat berpengaruh untuk menenangkan emosi kita sehingga dapat menjadi alat yang efektif untuk mengubah suasana hati atau menghilangkan stres. Mendengarkan musik memiliki efek yang sangat baik untuk pikiran dan tubuh kita. Jenis musik ini dapat memiliki efek yang menguntungkan pada fungsi fisiologis kita.

Sebagai musik yang tenang, musik klasik juga dapat mengatur emosi dan dapat membantu kita untuk mencegah pikiran yang kacau. Berikut 5 manfaat mendengarkan musik klasik:

1. Menurunkan tekanan darah 

Sebuah studi di tahun 2004 dari University of San Diego, menemukan bahwa setelah mendengar musik klasik, pendengar akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

2. Peningkatan IQ

Sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik juga bisa mendorong bayi dalam kandungan untuk belajar membedakan berbagai jenis suara dan membantu memori auditori mereka.

3. Mengurangi rasa sakit pasca operasi

Sebuah tim dari Inggris menunjukkan hasil yang mengagumkan dengan mengurangi dosis pemberian bius pada orang-orang yang habis melakukan tindakan operasi lambung. Studi lain mengatakan bahwa musik klasik juga dapat mengurangi rasa sakit kronis.

4. Mengurangi insomnia

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur, dapat membantu orang-orang yang memiliki masalah gangguan tidur.

5. Mengurangi resiko stress

Ketika mendengarkan musik klasik, beberapa organ tubuh akan mengalami efek yang menenangkan, seperti melambatnya debaran jantung serta pernafasan menjadi lebih dalam. Hal ini terjadi karena ketika mendengarkan musik klasik otak dipaksa melepaskan endofrin sehingga dapat menjadikan tubuh rileks secara alami.

Selain itu, musik klasik juga dapat mengurangi stres dan menenangkan suasana hati. Terapi musik adalah cara yang aman dan termurah untuk mengatasi stres dan kecemasan. Tidak hanya musik klasik, musik lainnya juga memiliki manfaat yang sama. Ketika kalian menghadapi suatu tekanan dan kesulitan, kalian pasti  tidak akan mau untuk mendengarkan musik. karena kalian berfikir itu hanya membuang-buang waktu dan tidak membantu untuk menyelesaikan suatu masalah. Tetapi itu sebenarnya justru sangat membantu kalian untuk mengurangi stres yang berlebihan. 

6. Meditasi

Musik dengan melodi santai dapat didengar saat melakukan meditasi. Hal itu bertujuan agar membantu merelaksasikan pikiran. Karena Musik dengan struktur yang keras juga dapat mengganggu konsentrasi seseorang. Sebagai contoh, suara air dapat menenangkan bagi beberapa orang. Ini dapat membantu Anda seolah-olah seperti berbaring di pinggir sungai . Kicau burung juga dapat digunakan sebagai bantuan untuk membantu merileksasikan pikiran dan melepaskan stres .