Kapsul Tidur di Tiongkok Tawarkan Tarif Rp 2 Ribu

Tiongkok memang sudah terkenal sebagai salah satu negara dengan banyaknya layanan unik yang tersedia di sana. Contohnya saja dari mulai layanan menyusui untuk orang dewasa, menyemprot rumput dengan pewarna hijau atau terapi pura-pura mati.

Nah kali ini Tiongkok hadir dengan membuat sebuah layanan terbaru dan bahkan sangat membooming, bagaimana tidak Tiongkok telah menciptakan sebuah layanan berupa kapsul tidur yang tak kalah unik dari layanan yang pernah di tawarkannya.

Seperti yang kita kenal, Tiongkok juga menjadi negara tersibuk di dunia sehingga layanan ini dianggap dapat menjadi jawaban bagi banyak orang sibuk yang tidak sempat pulang ke rumah hanya untuk tidur siang. Di satu sisi, tidur siang menyimpan banyak manfaat bagi kondisi psikologis seseorang. Berikut adalah manfaatnya:

Manfaat Tidur Siang

Meningkatkan daya ingat otak, Meningkatkan Kewaspadaan, Meningkatkan Mood, Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas, Mengatasi Insomnia, Mengurangi Stress, Mencegah penyakit jantung & stroke, Meningkatkan Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Produktivitas.

Bahkan tak hanya itu saja, adalagi manfaat tidur siang berikutnya : Meningkatkan Stamina, Mengurangi risiko pikun, Mengembalikan tenaga yang hilang, Meningkatkan efektivitas dalam bekerja, Meningkatkan kebugaran tubuh, Membuang toxin dalam tubuh, Melancarkan metabolisme.

Kapsul Tidur

Hal ini lah yang melatarbelakangi sebuah perusahaan start up Xiangshui Space, untuk menciptakan layanan kapsul tidur ini. Kapsul yang mereka ciptakan ini tanpa staf penjaga. Pengguna hanya perlu scan barcode untuk dapat menikmatinya.

Seperti yang sudah dilansir dari Shanghaiist, Jumat 14 Juli 2017, Xiangshui Space telah merilis bisnis ini di Beijing, lalu mereka mengembangkan sayapnya di Shanghai dan Chengdu.

Mengandalkan Smartphone

Perusahaan yang menciptakan kapsul tidur ini mengandalkan smartphone untuk menjalankan bisnis layanannya sehingga meminimalisir penggunaan tenaga manusia. Pengguna yang ingin menikmati layanan ini harus mengunduh aplikasi di ponsel mereka dan mengisi semacam saldo di sana. Saldo tersebut nantinya akan digunakan untuk membayar tagihannya.

Sesampainya di kapsul, mereka hanya perlu scan barcode yang tersedia di aplikasinya. Secara otomatis saldo akan terpotong dan kapsul pun akan terbuka dengan sendirinya. Pengguna dibebankan tarif dua ribu rupiah untuk tidur di sana. Memang terlihat murah ya, tapi jangan tertipu dulu. Uang Rp2.000 tersebut hanya berlaku 5 menit saja lho.

Nah jika kamu tidur siang lebih lama, otomatis harga yang kamu bayar nggak Rp2.000 lagi dong! dan pastinya harga tersebut akan semakin mahal. Belum lagi aturannya juga berbeda jika kamu tidur di jam-jam sibuk antara jam 11-2 siang, karena dengan satu yuan kamu cuma bisa tidur selama tiga menit. Tapi meskipun kamu punya uang lebih untuk tidur di sana, perusahaan menetapkan tarif maksimal untuk menikmati layanan ini lho, yaitu sebesar 58 yuan atau sekitar 115 ribu rupiah. Jadi kamu tak bisa tidur lebih dari empat jam. Solusi ini dilakukan untuk meminimalisir orang-orang yang ingin bermalam di sana.

Tapi dengan tarif itu kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang nyaman untuk mendukung waktu istirahatmu, Manajer Operasional Xiangshui Space, Han Yue, mengatakan kapsul ini dilengkapi oleh kasur, penyumbat telinga dan lampu ultraviolet. Tentunya juga kamar itu dilengkapi oleh colokan sehingga pengguna bisa mengisi daya ponsel ketika tidur, duhh nyaman banget ya pastinya ya.

Ke depannya, perusahaan ini tak hanya mengembangkan sayapnya di Beijing saja, melainkan perusahaan akan melebarkan ke beberapa kota besar lain seperti Qindao, Nanjing dan Shenzhen.

Manajer dari perusahaan yang menyediakan kapsul tidur ini mengatakan bahwa “ Sangat sulit orang professional untuk mencari waktu tidur siang mereka walau hanya sebentar,” ujan Han.

Dia mengatakan konsep hotel kapsul ini tidak jauh berbeda dengan hotel kapsul Jepang di Tiongkok. Dia berdalih bahwa sasaran perusahaan adalah orang-orang yang ingin tidur siang, bukan orang yang ingin menginap semalaman. Han juga menambahkan bahwa bisnisnya ini mengandalkan smartphone sehingga mereka tidak memerlukan staf manusia.

Meskipun ini terlihat mustahil orang bisa mencuri kapsul ini, itu bukan berarti tak ada masalah yang harus dihadapi oleh Xiangshui Space. Perusahaan ini masih punya beberapa masalah untuk dipecahkan, misalnya memperkecil orang-orang yang menggunakan kamar ini untuk bermalam. Solusinya, mereka yang ingin membatasi penggunaan kapsul dengan biaya 58 yuan (Rp114.214). Tapi, solusi ini kurang efektif. Buktinya, masih banyak orang yang menggunakannya untuk tidur sebelum jam kantor dimulai.

Nah, gimana jadinya ya jika kapsul tidur ini ada di Indonesia? Wahh yang ada bisa-bisa banyak pekerja yang bolos buat ngantor demi bocipi ( bobok ciang cambil celpi di sini, hehe.