Jangan Bawa Tongsis Jika Berkunjung Ke Tempat Wisata Ini

Membawa kamera pada saat berpergian ke sebuah tempat wisata tentu sudah menjadi kewajiban bagi setiap treveler. Selain untuk mengabadikan moment, kamera juga sering dibuat untuk ajang narsis. Nggak puas hanya ngandalin kamera doang untuk selfie, kini banyak orang yang mengabadikan moment selfie mereka menggunakan tongsis. Dengan adanya tongsis juga dapat memudahkan pengambilan gambar saat selfie, bahkan view yang kita inginkan juga dapat terlihat jelas jika selfie menggunakan tongsis. Oleh karena itulah banyak orang yang juga menggunakan tongsis untuk ajang narsis.

Namun keberadaan tongsis sendiri sering mengganggu traveler lainnya dan tak jarang juga berakhir dengan pertikaian. Oleh karena itulah ada beberapa tempat wisata di dunia yang melarang penggunaan tongsis tersebut, kira-kira tempat wisata mana saja ya? Apa tempat wisata di Indonesia juga dilarang? Dari pada kelamaan yuk kita simak sama-sama:

Apa Itu Tongsis

Tongsis atau tongkat narsis sangat populer di Asia, terutama Indonesia dalam beberapa tahun ini. Namun, sejatinya tongsis sudah ada sejak tiga puluh tahun silam dan pria ini penemunya. Hiroshi Ueda, pria asal Jepang diketahui sebagai orang pertama yang mematenkan tongsis di tahun 1983. Hiroshi ketika itu bekerja sebagai insinyur di perusahaan kamera Minolta

Ide penemuan tongsis itu bermula saat Hiroshi dan keluarganya kesulitan melakukan foto bersama ketika berlibur di Eropa. Bahkan, saat berada di Paris, kameranya dicuri seorang anak kecil yang dimintai tolong Hiroshi untuk memotret dirinya dan keluarganya.

Setelah pulang ke Jepang, Hiroshi menciptakan tongkat besi yang bisa diperpanjang dengan sebuah kamera film di ujungnya. Hiroshi juga menambahkan sebuah kaca di ujung tongsis untuk memudahkan si pengguna melihat objek bidikan.

Sayangnya, tongsis Hiroshi gagal laku di pasaran. Paten dari tongsis tersebut juga habis dan tidak diperbaruhi di tahun 2003 lalu. Oleh sebab itu, meskipun setelah 30 tahun ditemukan tongsis sangat populer, Hiroshi tidak menerima sedikitpun royalti dari penemuannya.

Tempat Wisata Yang Melarang Penggunaan Tongsis

  • Colosseum, Italia

Adanya larangan untuk menggunakan tongsis di tempat wisata di dunia, mungkin tempat inilah yang menjadi tempat pertama yang mengeluarkan larangan bagi setiap wisatawan untuk tidak menggunakan tongsis saat berkunjung ke bangunan bersejarah ini.

Penyebab keluarnya larangan penggunaan tongsis di Colosseum, karena adanya kasus vandalisme yang dilakukan traveler Amerika pada bulan Mei 2015. Pada saat itu Colosseum menerima kunjungan dari rombongan tur yang berasal dari Amerika. Namun dari banyaknya rombongan itu, ada dua gadis yang terlihat memisahkan diri mereka dari rombongan dan ternyata mereka mengukir inisial nama mereka pada dinding Colosseum.

Yang kemudian mereka abadikan dengan berfoto selfie. Untung saja aksi perusakan ini diketahui pihak keamanan, mereka lantas dituntut atas kasus perusakan bangunan bersejarah hingga harus berhadapan dengan hakim di pengadilan. Sejak saat itu pengelola bangunan melarang setiap pengunjung menggunakan tongsis.

  • Disneyland, Amerika Serikat

Salah satu lokasi yang menjadi tempat selfie terfavorit kedua setelah Menara Eiffel adalah Disney World di Florida. Namun sayangnya, kini para pengunjung yang datang kesana tidak bisa lagi berselfie seenaknya apalagi dengan bantuan tongsis.

Karena pada June 27, 2015 pihak Walt Disney telah membuat sebuah aturan baru untuk melarang pengunjung menggunakan tongsis di sejumlah taman rekreasinya. Bahkan tak hanya di Disney World Florida saja yang di buat aturan larangan penggunaan tongsis.

Pihak manajemen juga menerapkan larangan penggunaan tongsis di Disney World atau Disneyland yang berada di Orlando, Florida, Hong Kong, Tokyo, Paris, DisneyWorld park, Disney Quest, Disney Sea dan seluruh Disney water park. Hal ini bermula pada kasus wisatawan yang ketahuan membawa tongsis dan menggunakannya saat naik roller coaster di Disney California Adventure, Amerika Serikat. Hal tersebut dianggap dapat mengganggu wisatawan lain dan mengancam keselamatan.

  • Universal Studio Jepang

Sama halnya dengan Disneyland, peraturan ini juga berlaku di Universal Studio Jepang. Taman bermain tersebut telah mengeluarkan pengumuman untuk menjauhi penggunaan selfie stick karena mengganggu orang lain dan membahayakan pengunjung yang datang. Meski demikian, Universal Studio di Hollywood dan Orlando tidak membuat peraturan yang jelas tentang penggunaan tongsis.

  • Museum Albertina, Austria

Hampir semua museum yang menyimpan benda bersejarah di kawasan ini melarang pengunjung membawa tongsis termasuk Museum Albertina di Austria. Jika ingin mengunjungi museum ini sebaiknya anda membaca aturan berkunjungnya terlebih dahulu. Jangankan menggunakan tongsis, untuk berfoto saja mesti mendapatkan ijin terlebih dahulu.

Hal tersebut sudah jelas terpampang pada situs resmi museum ini. Bahkan di museum ini tidak di perkenankan untuk melakukan pengambilan foto dalam bentuk apapun. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke dalam gedung juga harus melalui pos pemeriksaan yang ketat. Selain itu hal-hal seperti merokok dan mengangkat telepon di dalam museum juga tidak diperbolehkan, hal ini demi menjaga kenyamanan pengunjung lain dan menjaga benda-benda bersejarah di dalam museum.

  • Suncorp Stadium, Australia

Suncorp Stadium di Queensland juga membuat pernyataan resmi yang melarang penggunaan tongsis bagi para pengunjung di area tersebut. Sedangkan Perth Arena, National Gallery of Victoria di Melbourne dan National Portrait Gallery di Canberra juga mengeluarkan pernyataan yang sama.

Itulah beberapa tempat yang melarang keras penggunaan tongsis. Ternyata Indonesia nggak termasuk ya guys, so kita masih bisa selfie pake tongsis di Indonsesia