Inilah Hal Yang Paling Sering Dilakukan Menjelang Lebaran

Karena masih dalam nuansa ramadhan dan tentunya seluruh umat islam menantikan hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri bukan begitu? Yah, walaupun hari raya masih hitungan beberapa minggu lagi akan tetapi kita tetap harus mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambutnya.

Nah mimin mau tanyak deh, apa aja sih yang sering kalian persiapkan saat menyambut hari lebaran? Baju baru kah? ketupat? Atau jangan- jangan kalian udah nyiapin THR buat mimin yaaa? Hehe.

Bicara soal baju baru mimin jadi keinget dulu pas masih kecil di bawak emak beli baju raya. Duh mimin jadi plesbek ni gaes. Okeeyy balik ketopik, kali ini mimin mau ngebahas apa aja yang harus di siapkan saat hari lebaran gaes. Kuy baca kebawah biar gak penasaran:

Membayar Zakat

Sebelum hari lebaran tiba, alangkah baiknya kita membayar zakat fitrah terlebih dahulu. Membayar zakat sama saja dengan kamu berbagi kebahagian dengan mereka yang tidak mampu seperti kamu dan inigat gaes ini wajib dibayar sebelum matahari terbit di tanggal 1 syawal. Jauh lebih baik jika kamu membayar zakat fitrah beberapa hari sebelum lebaran agar mereka yang kurang mampu bisa juga menikmati lebaran seperti gaes.

Beli Baju Lebaran

Baju baru alhamdullilah tuk dipakai di hari raya tak punya pun tak apa-apa masih ada baju tetangga *eh baju yang lama maksudnya hehe. Lebaran emang selahlu indentik dengan baju baru ya gaes. Emang sih, nggak ada salahnya juga untuk kalian yang ingin mempercantik diri pada saat lebaran tiba, mungkin kalian bisa membeli beberapa baju baru untuk menyambut lebaran.

Apalagi kalau kamu memakai baju muslim duhh makin cakep-cakep pastinya. Paling penting adalah kamu tetap bisa mengontrol diri ya gaes . Karena lebaran itu pada dasarnya bukan hanya sekedar tentang baju atau penampilan baru, tapi tentang batin yang baru dan suci usai berpuasa sebulan lamanya.

Mempercantik Rumah untuk Menyambut Tamu

Silahturahmi menjadi poin terpenting dari lebaran. Pastinya di momen special itu banyak sanak saudara yang berkunjung ke rumah kamu. Nah sebab itulah merapikan rumah jadi tugas wajib menjelang lebaran. selain penghuninya, rumahmu juga harus terlihat cantik. Pertama, bersihkan rumah. Selanjutnya coba cek beberapa bagian rumahmu, seperti keadaan cat rumah. Bila sudah terlihat kusam atau penuh dengan coretan si kecil segeralah cat ulang rumahmu.

Mengubah tata ruang juga bisa mejadikan rumah terlihat lebih fresh dan tampak baru. Ubahlah lay out sofa, lemari pajangan, lukisan, foto pada ruang tamu, ruang makan, atau ruang keluarga. Bila tradisi berkumpul di keluargamu dengan cara lesehan, jangan lupa siapkan karpet terbaikmu. Sebaiknya karpet di laundry dulu ya, Bu, supaya karpet bersih nggak berdebu, terhindar dari kuman dan wangi pastinya.

Selain itu, jangan lupakan hal-hal kecil seperti lampu kamar mandi, taplak meja, keset, dan lain-lain. Cek kembali bila ada yang perlu diganti. Bebenah rumah ini janganlah kamu kerjakan sendiri, mintalah bantuan semua anggota keluargamu. Kegiatan ini bisa jadi waktu untuk melatih kekompakan dan kedekatan bersama anggota keluarga.

Masak Banyak Makanan di Hari Lebaran

Tradisi Lebaran nggak bisa dilepaskan dengan hidangan khas di hari istimewa ini. Walau kamu sudah paham jenis hidangan wajib Lebaran, tapi terkadang kamu masih bingung juga memilih menu. Buatlah daftar menu yang akan kamu siapkan. Bila kamu memasak sendiri semua hidangan, tipsnya adalah jangan belanja terlalu mepet dengan Hari Raya. Menu makanan yang paling sering kita jumpai saat lebaran ialah ketupat, rendang, opor ayamdan lain sebaginya.

Selain menyicil belanjaan, kamu juga bisa menghindari lonjakan harga yang sering naik saat menjelang Lebaran. Lain hal jika kamu akan memesan hidangan, pastikan memesan jauh-jauh hari dan di tempat yang direkomendasikan ya. Yang paling sering ada saat lebaran adalah kue-kue keringnya. Selain itu yang paling penting adalah perhatikan tanggal pembuatan dan kadaluarsanya. Jangan lupa tambahkan permen atau aneka cokelat untuk keponakan kamu gaes.

Siapin Pecahan Uang Kecil untuk Bagi-Bagi THR

Ini adalah satu tradisi tahunan yang enggak boleh dilewatkan dan biasanya yang ngebagi-bagi THR ini yang udah kerja atau udah pada nikah nih. Jadi guys kalian yang udah pada kerja atau udah nikah jangan lupa buat siapin pecahan uang baru untuk ngasih THR untuk mimin ya gaes. Hehe maksudnya buat keponakan kalian deng. Kalian jangan permasalahkan besar kecilnya uang yang diberikan tapi makna berbaginya itu yang perlu kamu ingat.

Pergi Rekreasi

Setelah bermaaf-maafan dengan sanak saudara alangkah baiknya kalian memanfaatkan waktu libur lebaran kalian dengan sanak saudara, mungkin bisa datang ke tempat wahana liburan, baik yang di dalam kota maupun yang diluar kota bisa kalian kunjungi. Tak hanya itu saja, kalian juga bisa berlibur ke pantai atau pun sekedar jalan-jalan ke mall. Dengan melakukan hal ini bisa jadi lebaran kalian akan menjadi sangat menyenangkan.

Ini adalah beberapa persiapan yang paling sering mimin lakukan pas lebaran gaes, nah kalau persiapan lebaran kalian gimana gaes? Mungkin ada yang mirip dengan mimin gak?