Bahaya Penggunaan Soflens Dan Cara Memilih Soflens Yang Aman

Buat kalian para anak muda khususnya wanita, siapa yang gak kenal dengan soflens, kalo gak tau pasti kalian udah ketinggalan jaman banget. Apalagi untuk anak gaul yang suka nongkrong, pastinya gak asing dengan benda yang satu inikan ? Sekilas benda ini memang banyak membuat anak muda tertarik untuk memakainya. Tahukah kamu kalo soflens juga punya dampak yang negatif jika kita menggunakannya setiap hari apalagi jika dibawak tidur, semua itu dapat mengakibatkan kebutaan lho guys. Ihh serem..

Kontak lensa atau softlens adalah sejenis lensa pengganti kacamata minus atau plus, sedangkan untuk di dunia fashion penggunaan kontak lens atau softlens biasanya untuk merubah warna lensa mata sesuai dengan yang kita inginkan, contohnya ingin memiliki warna mata biru seperti orang Eropa, kamu bisa menggunakan softlens. Namun tahukan kamu bahaya softlens bagi mata jika keseringan dipakai ? Berikut efek samping memakai kontak lensa bagi kesehatan mata.

Mata akan merah atau iritasi 

Ini merupakan bahaya yang sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang kurang benar dan terlalu lama dipakai. Oleh karena itu, agar tidak mengalami iritasi sebaiknya jaga softlens tidak terkena debu dan pakai dengan cara yang benar. Bagaimana? Yang paling pertama dan paling utama yang harus diingat adalah tanganmu harus steril ketika memakai softlens. Pastikan juga untuk tidak memakainya terlalu lama. Tetes mata khusus softlens bisa secara rutin kamu gunakan untuk memberikan efek lega ketika memakainya.

Hypoxia

Ini merupakan keadaan dimana ukuran lensa dapat terlalu besar atau kecil sehingga tidak nyaman saat digunakan. Hal tersebut dapat saja terjadi karena salah saat memilih softlens. Saat kita memilih kontak lensa alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu kadar air mata yang sesuai dengan lensa Yang akan dipakai. Apabila memiliki kadar air yang lumayan banyak maka gunakan lensa yang memiliki kadar air yang sedikit.

Noda Kornea

Bahaya ini dapat terjadi karena saat memakai soflens yang ketat pada mata, sehingga dapat menimbulkan efek alergi dan kekurangan oksigen. selain itu juga akan menimbulkan noda pada kornea mata dan mata akan merasa sensitive terhadap cahaya.

Edema

Ini merupakan penyakit yang terjadi pada mata yang mengakibatkan mata menjadi merah dan berair pada saat melepas soflens. Hal ini disebabkan karena mata mengalami kekurangan oksigen dan kelelahan, sehingga mengakibatkan pandangan kabur. Sebaiknya saat kondisi seperti ini berhentilah menggunkan softlens mulai dari sekarang. Istirahatkan mata agar mendapatkan oksigen dan akan lebih fresh.

Blepharitis

Bahaya yang satu ini terjadi apabila ketidakcocokkan dengan soflens yang digunakan sehingga mengakibatkan gangguan pada mata, seperti inflamasi pada kelopak mata. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit blepharitis ini adalah kornea serasa terbakar, muncul kerak di kelopak mata dan pembuluh darah disekitar bola mata akan tampak lebih jelas. Untuk pengobatan, dapat dilakukan dengan cara mengkompres mata menggunakan air hangat dan konsumsi asupan nutrisi yang banyak menandung zeaxanthin dan anthocyanin seperti buah bluberry.

Sebaiknya hal yang harus kalian lakukan sebelum memakai atau membeli soflens, kalian harus memperhatikan:

  1. Warna soflens
  2. Tingkat kandungan air serta ketipisan soflens
  3. Diameter soflens
  4. Cocokan dengan minus mata
  5. Perhatikan kadaluarsanya
  6. Kualitas soflens

Itulah yang harus kalian perhatikan apabila kalian ingin menggunakan soflens dan saya sarankan sebaiknya Anda jangan etrlalu sering menggunakannya. Terimakasih, semoga ini bermanfaat 🙂