Astaga! Ternyata Lipstick Matte Sangat Berbahaya

Selain sebagai alat make-up, nampaknya lipstik juga masuk dalam daftar sebagai sahabat dekat para wanita di seluruh dunia. Para wanita akan merasa belum sempurna apabila bagaian bibir mereka belum terhias oleh lipstik bahkan benda ini termasuk salah satu benda yang sangat wajib untuk di bawa para wanita. Sebab, pewarna yang satu ini dapat menyulap wajah kamu yang pucat atau kusam menjadi tampak lebih segar dan cantik.

Seiring dengan perkembangan jaman dan fashion, lipstik juga semakin beraneka ragam dan hal itu membuat para ahli kosmetik harus terus memutar otak untuk berinovasi dalam mengembangkan sebuah lipstik yang  sesuai dengan keinginan pasar. Salah satu yang masih menjadi hits ialah lipstik matte.

Lipstik mate hadir untuk menjawab semua keinginan para wanita yang menginginkan sebuah lipstik tahan lama untuk riasan wajah mereka. Namun, tahukah kamu bahwa dalam jangka panjang lipstik matte boleh dikatakan tidak aman bagi kesehatan penggunanya, karena dibalik pigmen warna yang intens dan terkesan glamor, lipstik matte juga punya kekurangan. Umumnya lipstik matte tidak banyak memiliki kandungan pelembap sehingga membuat bibir yang kering menjadi tampak lebih kering lagi dan belum lagi efek garis-garis bibir yang tampak jelas sehingga membuat bibir terlihat pecah-pecah.

Seperti yang dikatakan oleh Aldo Akira, seorang ahli makeup artist yang pernah mengatakan bahwa lipstik matte apabila digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Sebab menurut penuturan Aldo, sama seperti bagian kulit yang lainnya, bibir juga butuh untuk bernapas sehingga penggunaan lipstik matte akan menyulitkan permukaan bibir untuk beregenerasi. Itulah yang dapat membuat bibir menjadi lebih kering. Aldo juga menyarankan agar selalu membersihkan makeup setelah selesai dari sebuah acara dan jangan membawanya tidur.

Sebaiknya jika kamu termasuk orang yang memiliki bibir sangat kering sebaiknya jangan gunakan lipstik ini dulu deh. Namun jika Anda ingin tetap menggunakan lipstik matte tapi tetap ingin juga menjaga kesehatan dan kecantikan bibir, kamu dapat mencoba cara ini :

  1. Sebelum memakai lipstik matte alangkah baiknya jika kamu mengoleskan permukaan bibir kamu dulu dengan pelembab lalu membersihkannya dengan handuk yang sebelumnya telah direndam dengan air hangat.
  2. Kemudian jangan lupa sapukan lipbam untuk menjaga kelembaban bibir agar lebih tahan lama.

Saat ini, lipstik atau pewarna bibir lainnya yang sedang marak memiliki kandungan yang sangat berbahaya seperti 8 bahan metal tambahan, yaitu alumunium, cobalt dan nickel. Jika penggunaan bahan terasebut digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan dapat membahayakan kesehatan bibir.

Hasil penelitian FDA, mengatakan bahwa kandungan alumunium dan titanium dianggap aman apabila terkandung di dalam kosmetik. Sementara bahan metal lainnya juga dianggap wajar apabila terkandung di dalam produk kosmetik yang mungkin saja terbawa pada saat terjadinya pengisian kedalam kemasan.

Bahkan bahan metal seperti chromium, cadmium dan mangan sendiri biasanya justru secara alami ada dalam kandungan makanan yang biasa kita makan sehari-hari. Hanya saja jumlahnya memang tidak besar. Selain bahan tersebut, ada lagi kandungan yang bisa membahayakan kesehatan bibir Anda. Bahan tersebut adalah minyak, malam (waxes), pengawet yang berupa senyawa yang larut dalam minyak misalnya propil paraben atau fenoksietanol, vitamin A, E, B, dan C, pewarna, lead, parifin dan senyawa lain.

Lipstik bisa menyebabkan kerusakan pada gigi yang disebabkan oleh zat parifin. Lipstik juga bisa menyebabkan penyakit kanker karena mengandung zat berbahaya yaitu BHA (Butylated Hydroxyanisole), pewarna sintesis dari aluminium dan minyak ter (minyak batu bara), dan lead.

Namun jangan khawatir leadies, saya punya caranya agar kamu dapat membedakan lipstik yang mimiliki bahan lead. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk membuktikan bahwa lipstik Anda mengandung lead atau tidak:

  • Goreskan lipstik beberapa kali ke tangan.
  • Gunakan cincin emas minimal 18 karat lalu sapukan ke goresan lipstik tersebut.
  • Kalau warna lipstik berganti menjadi kehitam-hitaman atau kusam, maka dapat dipastikan bahwa lipstik tersebut mengandung bahan logam lead yang sangat tinggi.

Mudah kan leadies? Sekarang kamu sudah dapat membedakan lipstik yang sehat untuk kamu gunakan dengan lipstik yang sangat berbahaya untuk digunakan. Jangan sampai tertipu dan salah pilih untuk lipstik yang akan kamu gunakan yaa.