AlphaBay, Pasar Gelap Online Terbesar di Dunia Ini Telah di Tutup

Mungkin kita semua sudah tak asing lagi dengan yang namanya pasar gelap, bukan pasar yang sedang mati lampu ya guys! melainkan pasar ilegal yang menjual barang-barang ilegal juga. Salah satu pasar gelap yang saat ini sedang naik daun adalah AlphaBay. Kira-kira seperti apa ya bentuk pasar gelap ini? Dari pada penasaran yuk kita simak.

Apa itu AlphaBay?

AlphaBay Market adalah pasar gelap yang dioperasikan secara ilegal oleh jaringan Tor. Pasar ini muncul sejak tahun 2014 silam dan kini berhasil naik kepuncak peringkat pasar gelap yang paling terpopuler saat ini. Pasar gelap yang satu ini memiliki pengamanan serta kepercayaan yang sangat baik. Bahkan jika ada yang berani untuk bermain-main dengan member di pasar gelap ini, tentunya akan menerima resiko yang sangat fatal.

Bisa dibilang AlphaBay seperti eBay namun dalam versi jahat. Situs ini dianggap sebagai pasar gelap online terbaik yang ada di dunia. Situs ini hanya memiliki sedikit pengguna namun masalah transaksi, semua dapat dipercaya.

Jual Beli di AlphaBay

Sama dengan online shop pada umumnya, metode jual belinya yang mirip dengan online shop, dimana setelah membeli dan sudah membayar, kemudian barang yang diinginkan bakalan di antar kerumah.

Kepopuleran AlphaBay sebagai pasar gelap

AlphaBay adalah Dark Web yang paling populer saat ini. Pasar yang muncul pada akhir 2014 tersebut berhasil naik ke puncak peringkat pasar gelap paling populer.

AlphaBay mendapat lonjakan pengguna pada Maret 2015, hanya beberapa bulan setelah dibuka. Dalam sebuah wawancara dengan DeepDotWeb, sebuah situs berita Gelap Web, pendiri AlphaBay, alpha02, mengatakan portalnya menerima lebih dari 18.000 pengguna baru hanya dalam tiga hari pertama setelah kematian Evolution.

Hal yang sama terjadi pada akhir Agustus, ketika Agora, pasar gelap populer lainnya yang memutuskan untuk tidak melanjutkan aktifitasnnya dikarenakan alasan keamanan. Menurut SurfWatch Labs, mengatakan bahwa pada bulan Oktober 2015, AlphaBay telah mengumpulkan userbase yang terdiri dari 200.000 pengguna dengan jumlah vendor mencapai 40.000. Bahkan menjadi salah satu Web Pasar Gelap yang paling populer saat ini. Selain itu, antara Januari dan Mei tahun ini, total iklan AlphaBay tumbuh dari 12.500 hingga 20.000 iklan.

Pada saat pasar Nucleus ditutup pada akhir April 2016, AlphaBay sudah menjadi portal yang paling populer di pasar. AlphaBay diatur untuk tetap teratas di mana pengguna dapat membeli apa pun mulai dari obat, senjata, data dump serta hacking tools. Meskipun ada banyak jenis layanan dan produk di AlphaBay.

AlphaBay Ditutup

Otoritas Amerika dan Eropa menutup pasar gelap online terbesar dunia, yaitu AplhaBay dan bahkan operator dari situs ini juga ditangkap. AlphaBay yang kerap dikenal dengan sebutan dark net market, ditutup pada awal Juli bersamaan dengan ditahannya sang pendiri situs tersebut yaitu Alexandre Cazes. Cazes merupakan warga Kanada yang tinggal di Bangkok, yang lahir pada tanggal 19 Oktober 1991. Tak lama setelah dirinya ditahan Cazes lantas bunuh diri di sel penjara di Thailand. Dia baru berusia 25 tahun, duh masih muda banget yaah.

Beralih ke Hansa Market

Setelah beredarnya kabar bahwa otoritas Amerika dan Eropa menutup AlphaBay, para pengguna online justru malah beralih ke kompetitor utama dari AlphaBay yaitu Hansa Market. Memang pasar gelap Hansa Market juga nggak kalah terkenalnya dari AlphaBay. Pasar gelap Hansa Market memiliki sekitar 1.800 vendor yang menjual obat berbahaya sejenis.

Akan tetapi selang beberapa waktu AlphaBay ditutup, tak lama kemudian pada Kamis kemarin, polisi nasional Belanda mengumumkan bahwa mereka sudah mengambil kontrol Hansa Market sejak bulan Juni dan telah mengoperasikannya sejak saat itu juga. Pihak kepolisian Belanda telah memonitor para vendor dan konsumen yang sedang bertransaksi, sehingga bisa menghimpun informasi lengkap atas mereka yang terlibat dalam 50.000 transaksi ilegal yang terjadi di dalam Hansa Market tersebut.

Dalam penangkapan ini terdapat dua orang dikabarkan ditahan di Jerman pada bulan Juni lalu, dengan tuduhan menjalankan Hansa Market.

Biasanya Saat pasar gelap online ini ditutup, para pengguna mereka biasanya dengan cepat beralih ke pasar gelap baru lainnya. Namun, karena adanya berita mengenai kerjasama kepolisian dunia menyebabkan komunitas pasar gelap panik. “JANGAN MEMBUAT PESANAN BARU DI DNM MANAPUN SEKARANG,” demikian pesan yang beredar di jejaring sosial Reddit pada Kamis lalu. DNM merupakan kependekan dari dark net market.

Informasi ini hanya sekedar untuk pengetahuan aja ya guys! So, kalian jangan sesekali penasaran dan mencoba untuk masuk kedalamnya, Karena sangat berbahaya dan kamu bisa menyesal!