8 Bisnis Yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Anak

Mungkin untuk para wanita yang sudah berumah tangga, pasti memiliki banyak waktu senggang setelah selesai mengurus suami dan anak. Daripada bengong mending jalani beberapa bisnis yang cukup menguntungkan dan bahkan bisa kamu lakukan dengan anak kamu lho!

Mau tau kira-kira bisnis apa saja yang bisa dilakukan dengan anak? Yuk kita simak sama-sama di artikel ini:

Apa itu Bisnis?

Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).

Berikut berbagai bisnis yang bisa kamu jalani bersama anak:

1. Jadi Guru Les atau Tutor

Nggak perlu yang berat-berat dan ngeluarin modal besar deh, cobain salah satu bisnis yang bisa kamu lakukan dengan anak kamu yang sudah besar, misalnya anak kamu yang SMA. Kamu bisa melakukan bisnis dengan menjadi guru tutor anak-anak TK bersama anak kamu.

2. Terima Pesanan Kue

Suka memasak? Bisa membuat kue-kue lucu yang enak? Yuk, coba untuk membuat dan menerima pesanan kue tersebut bersama anakmu. Mungkin saat di awal, yang pesan tidak terlalu banyak. Jika kuemu enak, lama-lama bisnis kecilmu bisa menjadi besar.

3. Jual Barang-barang Tak Terpakai

Suntuk dan gerah melihat isi rumah yang sudah terlalu banyak barang itu? Coba deh, sekarang pilah barang-barang yang masih bisa digunakan dan mana yang sudah tidak digunakan lagi. Kemudian, cobalah buka sebuah tempat dagang kecil di depan rumah. Lalu, jual barang-barang yang sudah tidak kamu pakai tersebut. Pastikan barangnya masih layak pakai, ya! Kamu bisa mengajak anakmu untuk menjaga tempat tersebut bersama.

4. Bikin Kerajinan Tangan

Kalau kamu dan anakmu sama-sama suka membuat kerajinan tangan, maka bisa mencoba untuk terima pesanan kecil-kecilan. Mulai dengan menawarkan jasa tersebut ke tetangga terdekat. Terutama yang hendak mengadakan acara, misalnya ulang tahun ataupun perkawinan. Dari situ, kamu bisa membangun portofolio dan membesarkan usahamu.

5. Jualan Makanan dan Minuman

Kalau yang satu ini sudah pasti laris manis di pasaran, apalagi di kalangan anak-anak. pasalnya, anak-anak sangat suka dengan namanya snack dan ice cream, jus, atau es teh. Ketiga minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas.

Jika memiliki halaman pekarangan rumah yang luas, Anda bersama anak bisa bersama-sama membuka bisnis yang satu ini. Namun alangkah baiknya jika bisnis ini dijalankan di tempat yang ramai dikunjungi anak-anak, misalnya taman bermain.

Anak-anak bersama dengan orang tuanya akan dengan senang hati membeli dagangan Anda apalagi jika anak selalu berada di sisi Anda.

Untuk waktu berjualan sangatlah fleksibel. Paling baik di sore hari karena cuaca tidak lagi terasa panas. Jadi Anda dan anak bisa berjualan sekalian having fun di taman bermain. Bukan hanya berjualan saja, bahkan Anda dan anak juga bisa bermain setelah barang dagangan laku terjual.

6. Menyewakan Buku

Apakah Anda termasuk orang tua yang suka membaca buku? Kalau “iya” berarti Anda memiliki banyak koleksi buku di rumah. Begitu juga dengan anak, pasti hobi membaca buku akan turun kepadanya. Manfaatkan semua koleksi buku yang dimiliki sebagai wadah untuk kreativitas anak.

Bagaimana caranya? Anda bisa menyuruh anak untuk mulai menyewakan berbagai macam buku yang dimilikinya kepada teman-teman di sekolahnya, bisa juga kepada temannya bermain di kawasan komplek rumah.

Uang yang dihasilkan dengan cara ini terbilang lumayan. Setidaknya anak sudah bisa menghasilkan uang sendiri dan tidak perlu lagi meminta kepada Anda, bahkan usaha ini juga dapat membuat daya tarik anak-anak terhadap buku semakin meningkat, sehingga anakmu tidak tergantung oleh gadget atau menjadi maniak smartphone dan mereka akan lebih memilih untuk membaca buku.

7. Merawat Hewan Peliharaan

Kamu bisa ajari anak agar menyayangi hewan dengan cara menyediakan jasa untuk merawat hewan peliharaan. Tentu saja, kamu wajib menjaga kebersihan agar anak dan kamu pun terhindar dari segala macam penyakit yang dapat tertular dari hewan.

8. Event Organizer atau Birthday Planner

Jika anakmu masih bersekolah, pasti akan ada saja event seperti perayaan ulang tahun. Nah, tentunya kamu bisa mencoba menjadi seorang event planner berdua dengan anak. Buah hatimu bisa saja menekuk topi, membungkus aneka hadiah, sedangkan kamu yang mengatur keseluruhan acara, bisnis ini juga dapat mengembangkan daya kreatifitas dan imajinasi anakmu.

Selamat mencoba yaa, semoga berhasil ?