Yuk Ketahui Sejarah Tentang Tarian Sufi

Setiap negara pastinya memiliki ciri khasnya masing-masing. Bisa kita lihat dari segi tarian, tentunya setiap negara memiliki ciri khas tariannya yang berbeda dengan negara yang lainnya. Contohnya saja Turki, negara ini memiliki sebuah tarian yang unik yaitu Tarian Sufi. Karena keunikan yang dimiliki oleh tarian ini, membuatnya menjadi terkenal di seluruh dunia.

Tarian berputar-putar asal Turki ini lekat sekali dengan pemikiran sufistik Islam. Nggak hanya itu, ternyata ada banyak filosofi yang terkandung dalam gerakan yang berputar-putar yang jarang orang tau lho. Nah artikel kali ini akan ngebahas tentang Tarian Sufi, berikut ulasannya:

Terciptanya Tarian Sufi

Ada beberapa sumber yang telah menjelaskan tentang terciptanya Tarian sufi, Whirling Dervish pertama kali diciptakan oleh Jalaluddin Rumi (Mevlana Celaleddin Rumi) yang merupakan seorang filsuf sekaligus penyair pada masa itu. Seorang Sufi yang dilahirkan di kota Balkh-Afghanistan, 30 September 1273. Tarian yang dilakukan dengan cara berputar melawan arah jarum jam ini merupakan paduan warna dari tradisi, sejarah, kepercayaan, dan budaya Turki.

Konon, ketika guru spiritual Mawlana Jalaluddin Rumi yang bernama Syamsuddin Tabriz meninggal dunia, ia mengalami kesedihan yang mendalam. Rumi pun menyadari bahwa manusia itu fana, kemudian mengekspresikan kesedihan tersebut dengan berputar-putar.

Kenapa Gerakannya hanya Berputar?

Ada seorang pakar yang bernama Profesor Zaki Saritoprak, ia adalah seorang pakar dan pemerhati pemikiran Jalaluddin Rumi dari Monash University, Australia, ia memiliki pandangan bahwa kondisi dasar semua yang ada di dunia ini adalah berputar. Tidak ada satu benda dan makhluk yang tidak berputar. Keadaan ini dikarenakan perputaran elektron, proton, dan neutron dalam atom yang merupakan partikel terkecil penyusun semua benda atau makhluk. Tarian sufi yang didominasi gerakan berputar-putar mengajak akal untuk menyatu dengan perputaran keseluruhan ciptaan dari tidak ada, ada, kemudian kembali ke tiada.

Ketika Rumi melakukan gerakan berputar, ia tak sekedar berputar lama-lama. Makna dari gerakan berputar itu adalah untuk menemukan tujuan hidup yang hakiki, yaitu mencari Tuhan dan merasakannya dalam berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Seluruh emosi kemanusiaan harus ditanggalkan, dengan begitu penari sufi hanya merasakan kerinduan dan kecintaan yang mendalam pada Tuhan. Tak hanya itu, penari sufi juga membutuhkan fisik yang kuat, karena berputar demikian bisa hingga berjam-jam lamanya, bahkan Rumi bisa melakukannya tiga hari tiga malam.

Berapa Lama Berputarnya

Dalam melakukan tarian sufi, para penari tidak diizinkan untuk berputar, namun penari tidak memiliki patokan waktu tentang “berapa lama ia harus berputar” atau “seberapa cepat putarannya”, tetapi penari dituntut terus berputar hingga ia kehilangan emosi dan menyerahkan diri sepenuhnya pada Yang Maha Kuasa.

Selain menghayati makna filosofis dari tarian ini, penari sufi harus tenang dalam melakukan gerakannya. Seperti yang kita tahu, kita cenderung akan pusing ketika berputar-putar. Padahal kita hanya berputar-putar beberapa kali, sedangkan rata-rata penari sufi melakukannya hingga berjam-jam lamanya. Rahasianya terletak pada posisi kepala yang tidak bergerak dan mata yang fokus, tidak terpejam dan tidak melirik.

Makna Tarian Sufi

  • Tarian ini memiliki banyak makna, jika kita meliaht seorang penari sufi yang meletakkan tangan kanannya menghadap ke atas, hal tersebut memiliki makna bahwa sang penari mendapatkan hidayah dari Allah.
  • Kemudian tangan kiri yang menghadap ke bawah memiliki makna menyebarkan hidayah yang telah diterima. Ini menyimbolkan adanya hubungan yang baik antara makhluk dengan Sang Khalik dan hubungan antara makhluk dengan makhluk lainnya.
  • Garakan kaki para penari sufi juga memiliki beberapa makna tentang kehidupan. Kaki kanan yang digunakan untuk melakukan putaran memiliki makna bahwa seseorang akan melangkah ke arah yang lebih baik.
  • Kaki kanan pun ketika melakukan pergerakan menyimbolkan bahwa ia menginjak-injak segala sifat keduniawian dan memilih untuk melangkah kea rah yang benar yaitu, seusuai putaran yang sebenarnya.
  • Kaki kiri sebagai tumpuan pun memiliki makna bahwa bagaimanapun seseorang bergerak asalkan memiliki tumpuan yang elas maka orang tersebut tidak akan terperosok ke dalam jurang kemaksiatan.
  • Pakaian para penari sufi memiliki beberapa atribut yang sangat khas. Di bagian kepala penari memakai topi maulawi. Selanjutnya, penari pun memakai jubah hitam dan tennur putih.
  • Topi maulawi yang dipakai penari sufi adalah topi yang berbentuk memanjang. Topi ini melambangkan batu nisan. Dengan perlambangan seperti itu maka tarian ini mengingatkan pada kematian, sehingga akan seseorang akan selalu mempersiakan diri pada kematian.
  • Jubah hitam melambangkan alam kubur yang ketika dilepaskan melambangkan kelahiran kembali menuju kebenaran. Sedangkan tennur putih melambangkan kain kafan yang membungkus ego.
  • Penari sufi memakai kuff. Kuff adalah kulit yang dipergunakan Rasullulah pada musim dingin sebagai alas kaki. Digunakannya kuff untuk menghindari menjejak bumi karena energi bumi negatif, penuh keduniawian.

Mayoritas yang Melakukan Tarian adalah Seorang Lelaki, akan tetapi ternyata Wanita juga boleh Ikut Melakukannya

Mungkin selama ini kita melihat bahwa penari sufi adalah seorang laki-laki. Memang pada awalnya tarian ini hanya dikhususkan oleh laki-laki. Namun saat ini di Istanbul, perempuan juga sudah boleh melakukan whirling dervishes bersama. Dikutip melalui CNN, seorang penari sufi perempuan asal Turki beranggapan bahwa ketika kita ingin menemukan Tuhan dan mencari kekhusyukan, maka tidak masalah apakah kita seorang laki-laki atau perempuan. Namun nyatanya, tidak semuanya mengamini hal tersebut. Di Kota Konya, kota yang cenderung lebih konservatif, tarian sufi masih dilarang dilakukan oleh perempuan.

Tarian ini dilekukan oleh para lelaki karena Kalau di Indonesia tarian sufi ini memang umumnya masih dilakukan oleh laki-laki ya, karena tetap membutuhkan fisik yang kuat dan kestabilan emosi yang luar biasa. Buat kalian yang tertarik ingin mempelajari tarian sufi saat ini, komunitasnya sudah banyak loh.

Gimana guys kalian tertarik untuk mencoba tarian ini?