Ingin Punya Otak Encer? Coba Makan Ini

Memiliki otak encer dan mengerti dengan semua pelajaran adalah idaman para semua orang, khususnya para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah. Namun banyak yang menyangka bahwa orang yang memiliki otak encer alias pinter itu cuma karena ia belajar terus-terusan.

Ternyata anggapan itu salah, memang ketika kita ingin pintar, ya harus belajar akan tetapi juga harus diimbangin dengan asupan gizi yang baik. Karena tak jarang juga seseorang bisa memiliki otak cerdas akibat dari asupan gizi yang ia terima, jadi buat kalian yang ingin memiliki otak yang encer, bisa nih cobain makanan yang bakalan membantu proses kerja otak kamu menjadi lebih berfungsi alias encer.

Berikut ini adalah jenis makanan yang berguna bagi perkembangan otak seseorang:

Telur

Mungkin semua orang pasti pernah memakan telur dan bahkan telur juga sudah memang menjadi menu makanan sehari-hari yang biasa kamu makan. Telur yang bisa dimasak dengan bermacam-macam cara agar rasanya semakin enak ini, kita juga sering melihat telur yang menjadi bahan campuran makanan agar terasa lebih enak, misalnya saja telur bisa di buat sebagai tambahan untuk adonan kue dan telur juga bisa langsung di makan mentah untuk poding seseorang yang telah bekerja keras atau yang sedang lelah. Tak hanya itu saja, ternyata telur juga diketahui mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan otak, terutama perkembangan fungsi memori atau daya ingat.

Kacang-kacangan

Kacang almond dan kenari juga mengandung vitamin E ekstra, vitamin B kompleks dan asam lemak omega 3 yang berperan sebagai nutrisi yang mampu menyehatkan otak. Biasanya sih kamu yang suka ngemil sudah sering makan ini ya? Hehehe. Mengkonsumsi segenggam almond setiap hari menyediakan asupan protein yang cukup tinggi sehingga akan mencegah Anda dari rasa lapar yang berlebihan. Ditambah lagi, Anda akan mendapatkan semua vitamin penting yang dibutuhkan tubuh Anda.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan konsumsi tepat untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Minyak zaitun sudah mulai banyak digunakan di berbagai makanan seperti salad, cumi tumis, ikan tuna kaleng dan lainnya.

Sarden

Asam lemak omega-3 adalah kunci penting bagi kesehatan otak dan sistem saraf sehinga sarden merupakan makanan yang kaya akan nutrisi tersebut. Buat kamu khusunya yang tidak suka mengkonsumsi ikan yang banyak tulangnya, sarden merupakan makanan bergizi yang cocok untuk kamu nih!

Salmon

Ikan berlemak ini adalah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berfungsi bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Cukup digoreng dan ditambahkan sedikit bumbu, ikan salmon ini makanan sehat yang enyaaaak!

Bayam

Bayam memang seringkali disebut sebagai sayuran ajaib. Selain mudah dalam mengolahnya, bayam dengan harganya yang tidak terbilang mahal ternyata punya segudang manfaat lho! Salah satunya, Bayam memiliki antioksidan yang memperlambat penuaan otak dan sistem saraf.

Buah Beri

Buah-buahan jenis beri seperti strawberry, raspberry, blueberry dan sebagainya mengandung banyak nutrisi yang penting untuk perkembangan otak. Keluarga buah berry ini dikenal kemampuannya dalam memerangi radikal bebas makanya termasuk dalam makanan yang mampu memaksimalkan kemampuan kognitif otak. Wah, wajib dicari nih!

Gandum Murni

Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

Susu dan Yogurt

Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

Daging Sapi tanpa Lemak

Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolaH. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

Itu adalah makanan yang dapat membuat otak kamu jadi encer dan jangan lupa untuk belajar juga ya guys! Bukan berarti dengan makanan ini kamu jadi malas-malasan untuk belajar.