Nggak Cuma Pantai, Indonesia Juga Punya Tebing Yang Keren Loh

Indonesia memang terkenal sebagai negara maritim, dimana kita dikelilingi oleh banyak pulau, oleh sebab itu juga tak jarang jika banyak orang Indonesia yang menghabiskan waktu akhir pekannya ke Pantai.

Mungkin jika nggak kepantai paling nongkrong ke mall atau nggak ke taman bermain. Tapi tau kah kalian jika ada banyak tempat wisata yang nggak kalah indahnya dari pantai dan nggak kalah kerennya dari mall dan juga nggak kalah serunya dari taman hiburan.

Yaitu tebing dengan pemandangan yang indah,  bahkan sangkin indahnya kamu lupa kalau ini di Indonesia. Mungkin karena letaknya yang sulit dijangkau, tebing-tebing di Indonesia masih dibilang ‘hidden trasure’. Nah, biar kamu sadar betapa kerennya tebing di tanah air, berikut ini deretannya. Awas jatuh cinta lho ya!

Tebing Bukit Kelam

Gunung Kelam adalah gunung yang terletak di Kalimantan Barat. Gunung ini memiliki tanaman endemik kantong semar dari spesies Nepenthes clipeata. Gunung Kelam membentang dari barat ke timur dengan ketinggian 1.002 mdpl yang merupakan sebongkah batu raksasa (monolit). Tempat ini terletak 20 km dari kota Sintang dan sekitar 395 km dari Pontianak ibukota Kalimantan Barat. Kawasan Gunung Kelam berada di wilayah Kecamatan Kelam Permai kab. Sintang Kalimantan Barat. Tepatnya di Hutan wisata Bukit Kelam. Bukit Kelam berada di antara dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.

Masyarakat di Kalimantan menyebut Gunung Kelam sebagai Bukit Kelam karena secara umum masyarakat setempat menyebut gunung sebagai “bukit raya”. Untuk pendakian mencapai puncak dibutuhkan waktu 4-5 jam untuk naik dan 3-4 jam untuk turu.

Tebing Bukit Kelam adalah sebongkah batu raksasa. Bongkahan batu raksasa ini diapit dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Cobalah naik ke bongkahan batu ini, kamu akan merasakan sensasi berada di tengah dua sungai besar.

Tebing Koja kandang Godzilla

Tangerang memang bukanlah wilayah yang identik dengan wisata. Alih-alih wisata, Tangerang justru terkenal dengan banyaknya pabrik dan industri di sana. Praktis polusi dan macet sangat lekat dengan Tangerang. Bahkan orang-orang pun pikniknya ya cuma ke Mall aja.

Namun siapa sangka jika kota yang sering disebut sebagai kota industri ini justru malah menyimpan keindahan yang nggak di duga lho guys. Dan salah satunya adalah Tebing Koja kandang Godzilla.

Tebing Koja berada di Desa Cisuka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Tebing Koja yang sering disebut Kandang Godzilla ini terasa seperti di pedesaan yang begitu asri. Tebing-tebing yang memukau berpadu dengan kolam di bawahnya seolah mengajak kita ke tempat antah berantah. Beruntung, ada persawahan yang seakan menyadarkan kita bahwa tempat ini masih di Jawa. Kombinasi inilah yang membuat Tebing Koja jadi destinasi wisata dengan panorama yang juara!

Tebing-tebing di tempat ini berwarna kecoklatan dikelilingi hijaunya sawah. Belum lagi kolam di tempat ini masih sangat alami dan menyegarkan. Sampai di tempat ini, kamu bakalan linglung saking kerennya.

Tebing Masigit

Tebing Masigit di Bandung Barat, tepatnya di Tebing Masigit, Citatah, Padalarang. Di sini kamu bisa pacu adrenalinmu dengan menikmati sensasi ngambang di udara. Untuk menikmati spot ini, kamu harus menunggu antrian panjang saking populernya.

Tebing Karst Maros

Tebing ini memiliki sensasi keindahan karst terbesar ketiga di dunia, Tebing Karst Maros juga menyajikan keindahan panorama pedesaan yang sangat indah dan juga tenang, nah cocok banget buat kamu yang memang ingin menenangkan diri dari segenap aktivitasmu.

Bertempat di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Sulawesi Selatan, kawasan tebing ini merupakan karst terbesar ketiga di dunia yang bahkan menjadi incaran turis asing.

Tebing Kapur Pantai Melasti

Tebing ini menyuguhkan keindahan perpaduan lereng-lereng curam penuh belokan dan turunan. Terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Badung Bali, destinasi ini menjadi spot menarik untuk menghasilkan foto keren. Setelah menaklukkan tebing, kamu bisa menikmati indahnya Pantai Melasti yang berada di Desa Ungasan.

Taman Tebing Breksi

Tebing yang kini menjadi destinasi paling hits di Jogjakarta ini, memang benar-benar memiliki keindahan yang tiada taranya. Bahkan banyak yang bilang bahwa tebing ini merupakan karya seni sungguhan tingkat tinggi dalam megahnya tebing.

Tebing ini dipercantik dengan ukiran para seniman kreatif, hasilnya pun membuat tebing semakin elok. Kamu yang malas trekking bisa datang menikmati tebing indah ini tanpa bersusah-susah. Tempat ini pun kerap ramai sebab sering dipakai sebagai tempat pagelaran acara-acara besar.

Tebing Cukang Taneuh

Tebing yang memiliki nuansa alami yang dapat menyegarkan mata, tebing ini juga bisa menjadi salah satu daftar destinasimu. Tebing yang mengapi Cukang Taneuh memiliki panorama yang berbeda dari tebing lainnya. Gundukan batu raksasa dilapisi hijau dedaunan dan lumut dijamin membuatmu merinding saking kerennya.

Tebing Bukit Kapur Sekapuk

Tebing ini mirip sekali dengan peradaban ala Yunani kuno yang membuatmu terbelalak, namun tebing yang indah ini bukanlah tempat wisata, melainkan bekas lokasi penambangan. Terdiri dari lekukan, lubang dan lorong kapur yang indah ditumbuhi rumput liar membentuk landscape menakjubkan. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang menyebut tempat ini tak ubahnya peradaban kuno ala Yunani.

Brown Canyon Semarang

Tebing yang disebut-sebut memiliki kesamaan dengan Grand Canyon yang ada di utara Arizona, kemegahan tebing yang menakjubkan, membuat tempat ini selalu rami dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari dalam daerah maupun luar daerah. Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu pohon-pohon di puncaknya, tempat ini menjadi panorama alam eksotik yang sayang untuk dilewatkan. Sayangnya, tempat ini belum menjadi daerah wisata resmi. Karena itu, belum ada petunjuk yang mengarahkan ke lokasi yang berada di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang.

Bukit Kapur Arosbaya

Bukit yang berada di Madura ini memang menjadi tempat yang instagrammable banget, bahkan banyak di incaran pecandu foto baik dari dalam sampai luar negeri. Spot tebing bergerigi menjadi unsur paling menarik karena merupakan perwujudan seni yang tinggi. Jika ingin mencapai ke tebing ini, kamu hanya perlu ke daerah Plalangan Madura.

Beberapa tebing ini dapat membuka mata dan pikiran kita bahwa, Indonesia nggak cuma memiliki keindahan bawah laut doang, bahkan tebing-tebing di Indonesia juga memiliki keindahan yang nggak ada dua nya deh! so, kalian nggak bakalan nyesel deh untuk datang kesini.