Lembah Anai, Air Terjun Yang Terletak Di Tepi Jalan Kota Padang

Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan yang luar biasa, setiap daerah yang ada di negara inipun juga memiliki ciri khas tempat wisatanya masing-masing. Salah satu kota yang memiliki tempat wisata yang Indah dan unik adalah kota Padang.

Dari sekian banyak kota-kota yang memiliki keindahan tempat wisata, namun kali ini mimin akan ngebahas salah satu tempat wisata yang terdapat di negri malin kundang ini. Tempat wisatanya adalah Air Terjun Lembah Anai, dari pada penasaran mending kita lihat yuk gimana bentuk Air Terjun ini dan apa bedanya dengan air terjun yang ada di kota-kota lainnya.

Lembah Anai adalah salah satu air terjun yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Orang Padang biasa memanggilnya dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun ini berketinggian sekitar 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai,

Ada 3 air terjun di lokasi ini, salah satu di antaranya terletak di pinggir jalan yang sering dikenal dengan Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Wisatawan yang ingin menyaksikan dua air terjun tersebut dapat menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai.

Tak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat aliran sungai besar berbatu yg mengalir air yang jernih. Di atas sungai tersebut melintas jembatan rel kereta api peninggalan Belanda.

Air Terjun Lembah Anai merupakan objek wisata alam yang patut disinggahi oleh para pengendara bila melintasi Jalan Padang-Bukittinggi. Suasana alamnya sejuk, airnya dingin dan berada persis di tepi jalan membuat objek wisata ini cocok dijadikan tempat melepas penat bagi para pengendara yang telah menghabiskan banyak waktu di perjalanan.

Lokasinya

Terletak tepat di pinggir jalan raya trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Tinggi, tepatnya di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat.

Aksesnya

Berjarak 60 km dari kota Padang. Untuk mencapai lokasi ini perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum (bus), mobil sewaan, atau mobil pribadi. Jika menggunakan angkutan umum, perjalanan dimulai dari Bandar Udara Ketaping Padang menuju Kawasan Cagar Alam Lembah Anai dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan ongkos sekitar Rp 20.000-25.000 per orang. Selain angkutan umum, kereta api wisata juga dapat menjadi alternatif perjalanan. Namun, kereta api hanya beroperasi setiap hari Minggu dengan tiket pulang-pergi Rp 25.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 15.000 untuk kelas ekonomi.

Jika ingin berada di dekat air terjun, harus berjalan lagi dan mendaki beberapa buah anak tangga serta melewati beberapa buah gazebo yang digunakan untuk beristirahat

Tiket masuknya juga relatif murah hanya Rp. 1500,00 per orang.

Fasilitas dan Akomodasi

Disekitar Lembah Anai terdapat berbagai fasilitas seperti warung yang terdapat di sepanjang jalan yang menyajikan aneka makanan dan minuman, untuk dimakan di tempat atau di bawa pulang sebagai buah tangan khas sumbar. Juga terdapat lahan parkir yang luas serta fasilitas kamar mandi sebagai tempat mengganti pakaian dan membilas badan setelah mandi di bawah guyuran air terjun. Selain itu juga tersedia areal untuk berkemah bagi yang ingin melakukan kegiatan camping.

Sudah pasti sangat nyaman karena tempat ini berada di dekat jalan raya, jadi gampang diakses juga kok! Di seberang air terjun ini terdapat rel kereta api tua yang kini tidak lagi difungsikan. Di sekitar lokasi juga banyak dijumpai monyet liar. Jika beruntung, pengunjung dapat menyaksikan sinar cahaya matahari yang menembus gumpalan kabut, sehingga menambah indah panorama di sekitar air terjun.

Menurut soerang pedagang makanan ringan di sekitar lokasi air terjun, Ramli, Air Terjun Lembah Anai merupakan satu dari tujuh air terjun yang ada di Cagar Alam Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai lebih terkenal karena mudah diakses, sedangkan enam air terjun lainnya terletak di dalam kawasan hutan cagar alam. Butuh waktu sekitar dua jam untuk menuju beberapa air terjun lainnya. Namun demikian, keindahan air terjun-air terjun tersebut juga tidak kalah dibanding Air Terjun Lembah Anai.

Air Terjun Lembah Anai memiliki keistimewaan tersendiri. Katanya, air terjun ini tak pernah kering meski di musim kemarau.

Karena lokasinya yang berada di tepi jalan membuat mayoritas pengunjung yang datang kesini adalah pengendara yang sedang melintas, jadi kebanyakan dari luar kota. Jadi gimana gaes, kalian gak pingin coba buat nikmati keindaha Air Terjun ini?