Keren, Morgan’s Wonderland Menjadi Water Park Pertama Khusus Disabel

Liburan adalah hal yang paling disukai oleh semua orang, nggak cuma anak-anak, orang dewasapun juga butuh liburan. Salah satu tujuan liburan musim panas tentunya banyak yang akan memilih untuk pergi bermain ke water park atau kolam renang dan hal itu bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Bukan hanya orang normal saja yang menyukai liburan di wahana air, anak dengan berkebutuhan khusus juga ingin menikmati serunya bermain air di water park.

Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus (Heward) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Yang termasuk kedalam ABK antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan. istilah lain bagi anak berkebutuhan khusus adalah anak luar biasa dan anak cacat.

Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi tunanetra yang memerlukan modifikasi teks bacaan menjadi tulisan Braille dan tunarungu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

Bahkan saat ini sudah ada yang telah menciptakan wahana air khusus anak di Disable, taman bermain tersebut adalah water park:

Water Park (atau Waterpark), adalah satu bentuk wahana rekreasi yang berbasis air dengan memanfaatkan pola aplikasi Engineered Water Pleasure. Secara leksikal, waterpark dapat dimaknai sebagai “sebuah taman rekreasi air atau sebuah taman hiburan yang memiliki area bermain air, seperti seluncuran air (water slide), bantalan air (splash pad), spraygrounds (area main air sembur), kolam arus / sungai malas (Lazy River), atau mandi rekreasi lainnya, berenang, dan lingkungan barefooting. Saat ini bahkan dilengkapi dengan beberapa jenis lingkungan surfing atau bodyboarding buatan seperti kolam gelombang / kolam ombak (Wave Pool) atau Flowrider (wikipedia.org). Namun yang menarik perhatian ada satu waterpark yang sengaja di buat untuk anak berkebutuhan khusus, yaitu.

Water Park Khusus Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

Bukan berarti jika ABK tidak bisa melakukan apa yang dilakukan oleh anak yang normal. Nah berikut ini ada satu water park pertama yang memang di buat khusus  diperuntukan bagi anak berkebutuhan khusus. Yaitu Sebuah taman air bernama Morgan’s Inspiration Island yang sengajadibangun untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Taman bermain yang berlokasi di San Antonio, Texas, Amerika Serikat ini punya banyak fasilitas yang menarik untuk orang-orang berkebutuhan khusus yang ingin menikmati musim panas. Sang pendiri, Gordon Hartman mengatakan, ini adalah taman air pertama di dunia yang dibangun spesial untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Ia memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman luar biasa dan menyenangkan di tempat yang aman, nyaman dan lingkungan yang tidak terlalu ramai kepada anak berkebutuhan khusus. Bahkan untuk menciptakan lingkungan bermain yang nyaman bagi mereka yang berkebutuhan khusus, Hartman bekerja sama dengan seorang dokter, orang tua, guru, terapis hingga pengasuh untuk membuat Morgan’s Wonderland ramah bagi berbagai disable.

Di tempat bermain ini anak-anak akan diberi gelang yang dapat dilacak, sehingga memungkinkan para orang tua untuk menemukan anak-anak mereka. Tak hanya itu saja fasilitas kursi roda anti air juga disediakan dan dapat disewa kepada keluarga secara gratis.

Bahkan taman ini punya fasilitas untuk mengubah suhu air agar bisa memfasilitasi pengunjung yang peka terhadap air dingin. Setiap bagian taman dapat diakses menggunakan kursi roda bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Mereka yang berkebutuhan khusus bisa masuk ke area taman secara gratis.

Morgan’s Wonderland berjanji untuk memberi setiap individu dengan kebutuhan khusus kegiatan yang membantu secara fisik dan kognitif. Ini adalah tempat bermain tanpa hambatan.

Hartman membuka Morgan’s Wonderland pada tahun 2010, terinspirasi oleh putrinya, Morgan, 22, yang memiliki tantangan kognitif dan fisik. Taman seluas 25 acre ini mencakup lebih dari dua lusin perlengkapan yang dapat diakses dengan kursi roda mulai dari wahana hingga taman bermain dan kebun. Biaya pembuatan konstruksi untuk taman air empat hektar ini diperkirakan mencapai $12 juta.

 

Sejak dibuka, Morgan’s Wonderland telah menarik lebih dari 500.000 pengunjung dari seluruh Amerika Serikat dan hingga di seluruh dunia.

Semoga aja di Indonesia juga ada ya guys, taman bermain yang khusus untuk anak berkebutuhan khusus, jadi mereka bisa bermain tanpa harus merasa terganggu dan mereka bakal nyaman.