Jawatan Benculuk, Wonderland Versi Banyuwangi

Jika kalian pernah nonton film Lord of The Ring dan The Hobbit, pastinya kalian suka takjub dong dengan pemandangan alam yang ada di dalam film itu kan? Ternyata tempat indah itu ada di Selandia Baru guys! dan bahkan katanya ada banyak fil yang ngantri buat syuting di tempat itu lho! wajar aja deh karena keindahan yang di milikinya.

Tapi guys yang harus kalian tahu, ternyata Indonesia juga punya lho tempat yang serupa seperti itu. Dan tempatnya ada di Banyuwangi lho! jika kamu kesana, bakalan serasa ada di dalam hutan mistis dalam karya-karya fiksi. Dijamin nagih banget deh di sana. Daripada penasaran yuk kita simak ulasan berikut.

Jawatan Benculuk Banyuwangi merupakan sebuah bangunan tua yang dulunya digunakan untuk pengelolaan Transportasi Kereta Api. Namun, saat ini wisata Jawatan sudah beralih fungsi sebagai tempat wisata. Jawatan Benculuk selain difungsikan sebagai tempat wisata juga difungsikan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang berkualitas yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.

Berasa Masuk dalam Dunia “Middle Earth”

Bagi kalian yang suka sekali dengan film atau buku fantasi, pasti tidak akan asing lagi dengan pemandangan yang satu ini. Ya dilihat sekilas saja foto hutan yang satu ini sangat mirip dengan Fangorn yang ada di film Lord of The Rings. Bentuk batang dan daun yang unik seolah mengingatkan kita pada film yang fenomenal itu.

Bahkan ada juga yang menyebutnya mirip dengan dunia fantasi di dalam film dan cerita Alice in Wonderland. Jadi bukan hal yang aneh kalau salah satu spot di Banyuwangi ini jadi viral di dunia maya. Ternyata di Indonesia ada juga tempat sefantastis ini ya.

Terdapat banyak Jenis Pohon Disana

Tampak seperti dunia fantasi, tentu di Jawatan Benculuk ini memiliki banyak jenis tanaman, yang membuatnya seperti hutan mistis dalam karya-karya fiksi. Berikut ini adalah tanaman yang dapat ditemukan di Jawatan Benculuk antara lain:

  1. Pohon Jati, Pohon jati yang ditanam di Area Jawatan Benculuk adalah saksi sekaligus bukti dari usia tempat wisata ini. Di lokasi wisata, terdapat beberapa jenis pohon jati dengan ukuran yang sangat besar. Dan usia dari pohon pohon ini mencapai puluhan tahun.
  2. Tumbuhan Wesah, Rasa dari buah tanaman Wesah mirip dengan Lengkuas. Tanaman ini juga memiliki khasiat menyembuhkan penyakit lambung.
  3. Jamur Kepong, Jamur jenis ini juga tumbuh di area Jawatan Benculuk. Namun sayang populasi dari tanaman ini sudah mulai jarang karena sudah banyak di cabut oleh beberapa pegawai perhutani. Namun, jika beruntung, Jamur ini masih dapat ditemukan di beberapa tempat di Jawatan.
  4. Tumbuhan Santinet, adalah tanaman yang banyak ditemukan di hutan hutan. Tanaman ini menghasilkan buah berwarna kemerahan.
  5. Salak liar/Salak alas, Buah ini tidak seperti tanaman atau buah salak pada umumnya, melainkan buah yang dihasilkannya sangat masam dan tidak enak untuk dimakan.
  6. Kelengkeng, Selain diambil buahnya, pohon kelengkeng di Jawatan juga berfungsi sebagai penangkal banjir. Pohon kelengkeng dapat menyerap air dengan volume yang sangat besar.

Untuk jenis fauna yang paling banyak di jumpai di Jawatan Benculuk adalah Kalong/Lowo. Kalong merupakan jenis kelelawar dengan makanan utamanya adalah biji-bijiian dan juga serangga. Hewan ini lebih menyukai hidup ditempat tempat sepi yang jauh dari jangkauan tangan manusia. Persinggahan utamanya adalah Goa-goa, dan bahkan tidak sedikit dari hewan

Udara Sejuk dan Fasilitas Menarik

Tak hanya seperti dunia fantasi, ternyata udaranya yang sejuk juga bikin kamu betah buat di sana. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak keluarga yang sengaja membawa anggotanya di sana untuk menghabiskan weekendnya. Dari hanya sekedar foto-foto bersama hingga piknik ria sering dilakukan saat weekend tiba. Meskipun demikian Jawatan Benculuk yang sekarang sangat berbeda dengan yang dulu.

Kalau dulu mungkin orang datang hanya untuk foto di satu sport, kini sudah banyak fasilitas baru dari Perhutani yang membuat titik lain tidak kalah menarik.

Fasilitas yang tersedia antara lain;

  • Musholla
  • Toilet
  • Wifi gratis
  • Lapangan Bola
  • Lapangan Tenis
  • Lapangan Voli
  • Lapangan Karate
  • Sejumlah Minimarket
  • Warung kopi
  • Kantin
  • Dan Sungai yang bebas untuk di pancin
  • Ayunan
  • Hingga payung-payung yang juga baru didirikan. Jadi banyak opsi jika berkunjung di sana.

Menjadi Tempat Wisata Instagramable

Kini nama Jawatan Benculuk sudah menjadi viral di dunia maya, akhirnya banyak orang yang datang ke tempat itu. Pemandangan menarik pohon-pohon trembesi yang berjajar rapi di pinggir jalan, membuat Jawatan Benculuk jadi sebuah spot favorit untuk mengambil foto. Banyak anak muda yang mencoba untuk juga tidak ketinggalan ngehits dengan foto di tempat itu

Juga Ada Wahana Ekstrem Disana

Tidak hanya jadi obyek tempat narsis dengan kawan-kawanmu, disana kalian juga bisa mencoba wahana ekstrem. Ya di dekat Jawatan Benculuk ada wahana arum jeram yang bakal bisa menguji seberapa besar keberanian kamu. Wisata arum jeram dan tubing di sebuah sungai dekat dengan Jawatan Benculuk ini juga menjadi salah satu yang diminati oleh para wisatawan.

Asal kalian tahu, arus di sana lumayan deras loh, jadi yang sering takut bermain di sungai sebaiknya sangat tidak dianjurkan main di sana. Sebaliknya, bagi mereka yang suka adrenalin malah jadi kesempatan emas tuh. Masalah harga, terjangkau kok buat para pengunjung, rekomen banget.

Lokasinya

Jawatan terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Cluring, Desa Benculuk. Lokasi Jawatan juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Banyuwangi. Perjalanan dari Banyuwangi Kota menuju tempat ini memakan waktu kurang lebih 30 menit. Akses menuju lokasi wisata juga tidak sulit, karena tempat ini berada tidak jauh dari jalan raya, tepatnya 50 km dari jalan raya.

Keren ya guys, jadi kamu gak perlu keluar negeri buat mencari pemandangan yang kece seperti itu, di Indonesia juga ada kok! So jangan mau ketinggalan hits ya guys.