7 Negara Dengan Fenomena Aurora Terindah di Dunia

Tuhan memang telah menciptakan dunia serta isi dan keajaiban di dalamnya yang bahkan tidak bisa membuat kita banyak berkata-kata. Bahkan ciptaan Tuhan sama sekali hampir tanpa celah. Salah satu keindahan ciptaan Tuhan yang nggak bisa kita pungkiri keindahannya adalah pelangi, warna-warni yang ada di langit ini memang benar-benar warna ajaib yang bisa kita lihat dilangit dan biasanya kemunculannya setelah habis hujan, namun itupun tak semua hujan selalu diakhiri dengan kemunculan pelangi.

Namun ada satu lagi karya Tuhan yang nggak kalah indah dari pelangi lho guys, yaitu Aurora. Tentu sudah pada tau dong! Fenomena yang bisa kita lihat hanya di malam hari ini, memang benar-benar karya Tuhan paling bagus deh! Berikut ini mimin akan ngerangkum beberapa tempat yang bisa menjadi favorit kamu untuk ngelihat yang namanya Aurora.

Aurora

Aurora adalah fenomena alam yang hanya muncul di langit belahan bumi utara. Saking uniknya, aurora yang indah sering disebut-sebut mulai dari mitologi Yunani sampai dongeng Indian. Di dunia ini, ada 5 tempat terbaik untuk melihat Aurora.

Cahaya utara ini juga dikenal sebagai “Aurora Borealis” atau fajar utara (Dawn of the North). Secara ilmiah, aurora terjadi saat medan magnet bumi bertabrakan dengan udara yang mengalir dari matahari. Gesekan itu menyebabkan perpindahan energi yang menghasilkan belahan bumi utara bersinar, tepatnya di sekitar kutub. Aurora memiliki kombinasi warna kuning, pink, merah, biru, ungu, hijau.

Inilah tempat yang terbaik untuk melihat aurora menurut sharingtravelexperiences.com:

1. Alaska

Di Amerika Utara, salah satu tempat terbaik untuk menikmati cahaya indah ini adalah Alaska. Terletak 32 km dari Fairbanks, pegunungan Alaska menawarkan tempat yang indah dan memanjakan untuk menangkap Aurora Borealis.

Di sana terdapat beberapa penginapan dan losmen yang menawarkan jasa dan perlengkapan untuk melihat aurora. Anda bisa menaiki kereta salju yang ditarik oleh sekumpulan anjing husky atau berendam di kolam air panas sambil menonton aurora yang menari di langit malam.

Universitas Fairbanks Alaska menyediakan alat pemantauan Aurora Borealis dan kunjungan museum. Kunjungan ini merupakan salah satu cara untuk bisa mempelajari fakta dan mitos yang terjadi mengenai cahaya tersebut secara lebih dalam.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Alaska adalah bulan Maret, dimana langit biasanya cerah pada saat itu, selain itu pada Agustus hingga pertengahan April juga merupakan waktu terbaik.

2. Islandia

Berlokasi di barat laut Eropa, Islandia memiliki banyak geyser, air terjun besar dan gunung berapi aktif. Banyak objek menarik yang bisa kamu abadikan, dipadukan dengan langit aurora yang menawan. Islandia menawarkan pemandangan aurora yang spektakuler. Bertempat di dekat Kota Reykjavik, daerah ini menyediakan beberapa tur yang membawa Anda menjauh dari kota.

Tur ini akan mengajak Anda menikmati alam perawan yang belum tersentuh polusi. Tempat ini tepat untuk menikmati cahaya aurora dengan intim. Malam-malam cerah di Islandia terjadi di bulan September sampai Maret. Pada saat itulah Anda harus menjadwalkan perjalanan anda. Siapkan fisikmu dengan baik, karena suhunya tidak selalu bersahabat.

3. Kanada

Kanada jadi satu dari tempat terbaik untuk menikmati cahaya ajaib dari utara tersebut. Ontario menawarkan tur khusus yang tidak terlupakan. Menjauh dari hingar bingar ibu kota, Anda akan diajak tenggelam dalam cahaya mistik di langit utara. Perjalananan selama sejam dengan mobil salju di daerah Danau Superior juga termasuk dalam daftar kegiatan tur di Ontario.

Yukon yang terdapat di paling barat Kanada merupakan tempat yang juga menyajikan pemandangan aurora, tepatnya di sekitar Danau Laberge. Anda bisa menyewa kabin kayu yang terletak di dekat danau. Kabin ini menawarkan pemandangan Aurora Borealis tanpa batas.

Agustus hingga akhir April adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini. Anda bisa memancing, menaiki kereta salju, ski, naik mobil salju dan berperahu dengan bingkai aurora di atas kepala Anda.

4. Norwegia

Norwegia menjadi tempat terbaik diantara tempat lainnya untuk melihat cahaya utara. Ada beberapa kota di Norwegia yang menawarkan pemandangan aurora, namun yang terbaik adalah Tromso.

Tromso menyajikan festival yang ditujukan untuk menghormati dewa fajar. Pada saat fajar pertama menyentuh tanah Tromso, festival cahaya utara dimulai. Festival ini dirayakan di seluruh wilayah Tromso dan diisi dengan musik, makanan dan cemilan.

Tromso terletak di 571 km dari lingkaran Artik. Aurora Borealis bisa dilihat sekitar pukul 18.00 sore sampai pukul 1.00 malam setiap dua kali sehari. Cuaca memiliki peran penting dalam pertunjukan aurora, jadi sering-seringlah melihat perkiraan cuaca.

Januari adalah bulan terbaik untuk berkunjung. Ingat, udara Tromso benar-benar dingin, pastikan Anda membawa persediaan baju dingin yang cukup.

5. Greenland

Terdapat dua waktu terbaik untuk ke sini. Pertengahan Agustus sampai akhir April, kamu bisa melihatnya di selatan, sedangkan akhir Agustus sampai pertengahan April di Nuuk. Walaupun harus menempuh perjalanan yang sangat jauh, kamu tak akan menyesal.

6. Australia

Kalau kamu ke sini, tempat terbaik untuk melihat aurora berada di Tasmania atau New Zealand. Kamu bisa melihat aurora sepanjang tahun, tapi waktu paling bagus adalah saat equinoxes. Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi yang rutin, dua kali setahun. Biasanya terjadi antara 19-21 Maret dan 22-23 September tiap tahunnya.

7. Georgia

Georgia merupakan negara paling selatan yang selalu tertutup laut es tiap tahunnya. Kamu bisa singgah ke sini menggunakan kapal pesiar. Tempat terbaik untuk melihat langit aurora di sekitar Kepulauan Sandwich Selatan, Georgia Selatan. Kamu bisa menyaksikannya antara Maret dan September.

Fabiayyialairobbikumatukadzibban (nikmat tuhan yang mana lagi yang engkau dustakan). Indah benar ya guys, kira-kira negara mana nih yang menjadi pilihan mu untuk melihat aurora?