Menakjubkan, Ternyata Belgia Punya Hutan Yang Berwarna Biru

Ada yang pernah jalan-jalan ke hutan? Hmm, mungkin kalau anak pramuka pasti pada sering dong ke hutan apalagi untuk kemping. Nah, jika biasanya kamu pergi ke hutan, apa aja sih yang bisa dilihat disana? Tentunya isi hutan pasti pohon-pohon yang hijau dan tanaman-tanaman liar lainnya. Namun apa jadinya ada hutan cantik yang ditumbuhi oleh bunga berwarna biru. Eitss ini beneran ada lho guys, bukan di film ataupun dicerita dongeng saja. Hutan tersebut adalah Hallerbos. Seperti apa tampak dan penjelasan dari hutan cantik ini, yuk simak bersama.

Hutan Biru

Mungkin jika melihat hutan baik digambar, secara langsung maupun di televisi, tentu yang akan kita lihat adalah hutan dengan pemandangan hijau, dimana hutan akan dipenuhi oleh ratusan pepohonan yang menambah kesejukan hutan tersebut. Namun hal tersebut justru berbeda dengan hutan Halle ini. Sebab, hutan ini memiliki warna cantik yakni biru.

Dari mana datangnya warna biru itu? Nah, ternyata warna biru yang terdapat di hutan ini berasal dari bunga bluebell yang sedang bermekaran. Bunga yang tumbuh rata di tanah hutan Hallerbos ini jika dilihat seperti lantai yang berwana biru.

Hutan biru ini terletak di Halle, yakni antara Flanders dan Wallonia. Letaknya memang tak jauh dari ibukota negara Belgia, Brussels. Jika kamu ingin mengunjungi hutan ini, sebaiknya datanglah di bulan April hingga Mei karena disaat musim semi inilah bunga bluebell dapat mekar sehingga memberkan efek hutan dengan pemandangan biru.

Dulu warna biru di Hallerbos Forest pernah menghilang saat perang dunia pertama karena serangan tentara Jerman. Kemudian setelah perang usai, pada sekitar tahun 1930 dan 1950-an dilakukan revitalisasi dan reboisasi untuk mengembalikan keindahan hutan biru ini. Untungnya karena bunga bluebells adalah tumbuhan liar endemik dari ratusan tahun yang lalu, proses revitalisasi hutan ini berjalan lancar.

Bunga ini bernama latin Hyacinthoides non-scripta dan terdapat di beberapa negara di Eropa, seperti Inggris, Belanda dan Belgia. Bunga ini tingginya hanya mencapai 10-30 cmsaja. Hallerbos pun disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk melihat bunga bluebell. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan bunga Bluebell yang sangat indah. Hutan Hallerbos adalah taman alam yang memiliki luas sekitar 569 hektar yang dimiliki oleh Negara Bagian Belgia.

Hutan yang memiliki luas sekitar 1.300 hektar ini ternyata setiap sudutnya telah ditumbuhi oleh bluebell, banyak traveler yang berjalan-jalan di jalan setapak di dalam hutannya dan berfoto-foto di sana. Perpaduan warna hijau dari pepohonan dan warna biru dari bunga bluebell memang sangat elok dipandang. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu bisa menggunkan kendaraan pribadi.

Misalnya, jika akhir Maret sangat hangat, maka bluebells bisa muncul di awal bulan April. Untungnya, situs resmi Hallerbos Forest akan selalu memposting update tentang jadwal kapan bunga tersebut akan mekar. Terutama saat pendekatan pembungaan berlangsung. Mengawasi ini mungkin adalah cara terbaik untuk memastikan kamu mengunjungi tempat yang indah ini pada waktu yang tepat.

Selain diselimuti oleh bunga yang indah, pada musim semi di hutan ini juga diramaikan oleh berbagai jenis burung. Terdapat juga tupai merah di antara pohon pinus, elang, rubah, kelinci liar, burung hantu dan sigung yang juga menjadikan hutan ini sebagai tempat tinggal, ada juga kecebong di kolam dalam hutan. Indah dan ramai sekali isi hutan Hallerbos, bagaikan kisah di negeri dongeng!

Banyaknya orang yang berkunjung ke hutan ini dan hal itu diperbolehkan saja. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan sesekali merusak keindahannya hanya karna keegoisan. Sayangnya tidak semua orang mematuhi peraturan sederhana dan masuk akal ini. Tahun ini, pejabat yang bertanggung jawab atas Hutan Hallerbos mengumumkan bahwa wisatawan telah menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada karpet bluebell ini.

Akibat dari perbuatan tidak bertanggung jawab pengunjung, kini banyak tambalan bunga yang rusak, akibat dari diinjak-injak oleh para penunjung. Banyak pengunjung yang menginjak-injak bunga bluebell ini, karena hendak ingin mengambil foto dengan kamera smartphone mereka dan kamera digitalnya. Kini pemerintah setempat telah memberikan sebuah tulisan di hutan tersebut, bahwa jika ingin  mengambil gambar tetaplah di garis tentang pengambilan gambar di alam: Jangan menghancurkan alam, “tulis mereka.

Tak hanya itu saja, pemerintah setempat juga sudah menyediakan jalan khusus untuk para pengunjung, sehingga mereka tidak semena-mena untuk menginjak bunga-bunga indah tersebut. Mereka juga bisa menggunakan jalan tersebut dengan melihat-lihat pemandangan hutan menggunakan sepeda ataupun kuda.

Gimana sangat menakjubkan bukan? Hutan ini tampak indah dan tampak seperti sebuah hutan yang dilapisi karpet biru.