Keren, Inilah Eskalator Yang Memiliki Bentuk Sangat Unik

Gengs! Kalo kalian lagi ada di suatu gedung mewah kaya misalnya mall, hotel atau bandara tentunya kalian sering jumpain yang namanya eskalator, bener nggak? Buat yang belum tahu, eskalator adalah salah satu transportasi vertikal berupa konveyor yang sengaja di rancang untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rail atau rantai yang digerakkan oleh motor gengs. Eskalator sangat membantu manusia untuk menuju ke atas dan sebaliknya dengan lebih mudah.

Namun pernah nggak kalian ngelihat eskalator dengan bentuk yang unik-unik? Misalnya eskalator terpanjang, mungkin? Gak pernah ya? Okeyy deh kali ini mimin bakal ngebahas tentang bentuk eskalator unik yang ada di dunia, dari pada penasaran mending langsung aja lihat kuy!

Sebelum ngelihat bentuk eskalator yang unik, alangkah baiknya jika kita ketahui sejarah eskalator terlebih dahulu:

Sejarah Eskalator

Eskalator sendiri berasal dari kata “skala” yang berarti langkah di sebuah elevator. Munculnya eskalator yang sering Anda temui di gedung besar tentunya tidak lepas dari seseorang yang bernama Jesse W Reno yang dikenal oleh dunia sebagai penemu dari esklator atau tangga berjalan ini.

Eskalator sendiri berupa sarana transportasi orang-orang dengan cara vertikal yang dimana pertama kali didirikan oleh seorang ilmuwan asal Amerika yang bernama Jesse Wilfred Reno. Ketika jaman kuno hingga jaman pertengahan yang sudah memasuki abad ke 13, manusia dan hewan dijadikan sebagai alat penggerak.

Sampailah pada akhirnya di tahun 1892 muncullah Jesse W Reno yang diketahui sebagai penemu eskalator yang mematenkan produknya dengan sebutan inclined elevator. Pria asal Amerika ini telah mencoba menerapkan produknya tersebut di Coney Island, Old Iron Pier dan New York.

Akan tetapi Sebenarnya Reno bukanlah orang pertama yang pernah mematenkan produk eskalator namun pernah ada nama Nathan Ames yang berasal dari Saugus. Sayangnya rancangan milik Ames tidak pernah direalisasikan. Hingga pada akhirnya diambil alih oleh Jesse W Reno.

Seiring berkembangnya jaman, bentuk dan rupa eskalator kini sudah beraneka ragam dengan keunikannya masing-masing. Tak hanya sekedar tangga jalan, ini lah beberapa eskalator unik yang ada di dunia.

Eskalator Terpanjang

Eskalator terpanjang di dunia adalah eskalator yang ada di Pobedy Park Subway Station, Moscow, Rusia. Eskalator yang dibuat dan siresmikan pada tahun 2003 ini memiliki panjang yang berbeda dengan panjang eskalator pada umunya. Panjang eskalator ini mencapai 126,8 m atau sekitar 413 kaki.

Kemudian muncullah sebuah eksperimen yang dilakukan untuk menghitung berapa waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke atas stasiun atau sebaliknya. Seperti yang diunggah oleh seorang warganet, ia hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk bisa melewati eskalator tersebut dengan posisi diam di salah satu anak tangga. Wah lumayan juga ya gengs ?

Eskalator Terpendek

Kalau biasanya eskalator/tangga jalan sering ditemukan di gedung-gedung bertingkat, khususnya mal, yang berfungsi sebagai penghubung antar lantai, ternyata ada juga eskalator yang sangat pendek

Eskalator terpendek di dunia itu terletak di lantai dasar sebuah pusat perbelanjaan yang bernama More di Kawasaki, Jepang. Pada saat itu ada salah seorang pengguna YouTube sangat antusias untuk membuktikan keberadaan eskalator terpendek di dunia itu. Dia sampai merekam perjalananya dalam menggunakan kereta bawah tanah Jepang yang berhenti di stasiun JR Kawasaki.

Kalau yang tadi kita lihat adalah eskalator terpanjang dan sedangkan yang satu ini adalah eskalator terpendek yang ada di dunia. Bahkan panjang eskalator ini adalah 83 cm saja gengs.

Eskalator Bergelombang

Kalau tadi terpanjang dan terpendek, nah kali ini adalah eskalator dengan bentuk yang bergelombang. Keberadaan eskalator yang unik satu ini, lagi-lagi ada di negeri sakura, Jepang. Eskalator yang ada di salah satu mall kota Osaka ini memiliki desain yang cukup unik bahkan aneh. Memiliki desain seperti gelombang, eskalator ini bertujuan mengurangi rasa vertigo pengunjung mall tersebut. Wah boleh juga nih idenya

Eskalator berbentuk Kurva

Satu lagi karya eskalator dengan bentuk yang gak kalah uniknya dari negeri Jepang gengs. Eskalator dengan bentuk semacam ini tentunya jarang kita temui di Indonesia. Eskalator lengkung ini semakin populer di kalangan pemilik tempat hiburan gengs. Banyak hotel dan kasino yang beralih ke eskalator unik satu ini. Salut dah sama penemunya ?

Eskalator yang Sempit

Mungkin kalau banyak yang memasang eskalator agar dapat membuat pengunjung menjadi semakin aman, namun apa jadinya jika ada suatu tempat umum yang memakai eskalaor tersempit didunia ini? Akan tetapi, eskalator sempit ini bisa kamu temukan di pusat perbelanjaan dan stasiun di Amerika Serikat.

Bukan tanpa alasan eskalator yang memiliki lebar pijakan hanya 40 cm ini dirancang, mengingat tingginya obesitas di negeri paman sam tersebut. Dengan adanya ini, pemerintah berharap masyarakatnya bisa hidup lebih sehat lagi. Salah satunya yang ada di stasiun kota Chicago di atas gengs. Maka dari itu, mulai skarang mari kita hidup dengan pola yang lebih sehat lagi ya gengs.

Gimana gengs ada nggak kalian yang pingin nyobaian eskalator unik-unik tersebut? Kalau ada yang mau jangan lupa ajak mimin ya gengs! hehe.