Desa Terbersih di Asia Ternyata Ada di Negara Ini Lho

Kebersihan sebagian dari iman, mungkin ungkapan ini sering kita dengar. Bahkan slogan-slogan ini sering tercantum di sekolah, di kampus dan tempat-tempat umum lainnya. Oleh sebab itu kegiatan bersih-bersih harus selalu diterapkan. Selain menciptakan lingkungan menjadi lebih sehat, bersihnya suatu lingkungan juga dapat menggambarkan bahwa orang-orang yang berada dilingkungan tersebut rajin dan pembersih.

Maka dari itu, menjaga kebersihan setiap tempat, lingkungan, desa, kota bahkan suatu negara adalah tugas orang-orang yang berada di daerah tersebut. Contohnya saja salah satu negara yang sangat menjujung tinggi kebersihan adalah Singapura. Bahkan pemerintahnya memberikan sanksi keras jika ada warganya yang membuang sampah sembarangan, bahkan tidak menyiram toilet saja akan di kenakan denda yang sangat tinggi. Hmm pantes aja bersih negaranya.

Jika Singapura menjadi salah satu negara yang terbersih, ternyata ada juga lho desa yang terbersih di Asia. Desa tersebut terdapat di India dan namanya desa Mawlynnong. Namun jika melihat negara nya sangat bertolak belakang sekali dari desa ini. Sebab di India kita bisa melihat banyak sampah yang berserakan, seperti pembungkus untuk kotoran sapi yang banyak berserakan terutama di Delhi.

Desa Mawlynnong

Desa ini terletak di India timur dan telah dinobatkan sebagai desa terbersih se-Asia. Desa ini memiliki 600 orang penduduk yang dijuluki ‘taman milik Tuhan’ dan ‘desa terbersih di Asia’ sejak tahun 2003. Bisa dibilang bersihnya lingkungan desa ini disebabkan bersih-bersih merupakan ritual yang dijalankan dengan sangat serius oleh setiap orang – dari balita mungil hingga nenek-nenek yang sudah ompong. Pada tahun 2005, pemerintah India mengakui desa tersebut sebagai desa terbersih di India. Kemudian setelah semakin banyak berbenah, barulah pada tahun 2016 desa ini mendapat gelar sebagai “Desa Terbersih di Asia.

Bahkan anak-anak yang tinggal di tempat ini memiliki tanggung jawab untuk menyapu kotoran dan dedaunan yang berjatuhan di sepanjang jalan sebelum pergi ke sekolah. Daun yang sudah dikumpulkan kemudian dikubur dalam kompos pit. Anak-anak juga ditugaskan untuk membuang sampah yang sudah terkumpul dalam tempat sampah berbentuk keranjang bambu. Sampah yang dibuang dipisahkan berdasarkan jenisnya.

Dan yang lebih menariknya lagi, ternayata penduduk di desa ini dilarang untuk merokok, agar dapat menjaga kesegaran udara yang ada di desa tersebut. Bahkan khusus untuk sampah-sampah plastik, warga setempat diperintahkan untuk mendaur ulang dan dijadikan sebagai sesuatu yang bermanfaat.

Banyaknya warga yang memiliki inisiatif untuk membersihkan lingkungan mereka berawal dari datangnya wabah kolera yang melanda desa tersebut sejak 130 tahun yang lalu. Saat itu semua penduduk langsung berkomitmen agar selalu menjaga kebersihan desa yang akan ditempati oleh generasi ke generasi mereka.

Atas predikat yang didapatkan oleh desa ini, banyak media yang telah mengangkat keunikan dari desa tersebut, kini membuat desa ini menjadi semakin terkenal baik dalam maupun manca negara. Sehingga India menjadikan desa ini permata yang ada di India. Pasalnya banyak wisatawan yang berbondong-bondong ingin menyaksikan sebersih apa sih desa ini.

Semua wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini akan dipersilahkan dengan senang hati. Tapi mereka harus mematuhi sejumlah peraturan yang ada di lingkungan tersebut. Bahkan jika kalian ingin mengunjungi tempat ini. Maka kalian akan menerima sambutan dari warga setempat. Kalian nggak perlu khawatir akan kesulitan berbahasa di negara ini. Sebab para penduduknya rata-rata mampu menggunakan bahasa Inggris, so kalian nggak perlu acha acha.

Bahkan bisa dibilang bahwa seluruh warga yang ada di desa ini sangat melihat peluang yang cukup besar untuk menjadikan desa mereka menjadi tempat wisata. Mereka bahkan memberikan pagar-pagar bambu di pekarangan rumah mereka dan kemudian ditanami bunga-bunga. Hingga menambah kecantikan dan keindahan dari desa ini.

Bahkan banyak warga daerah desa ini yang menggunakan sinar matahari untuk melakukan serangkaian aktibitas mereka. Para wanitalah yang memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan di desa ini tetap terjaga. Kebersihan di setiap rumah dikomandoi oleh ibu di rumah masing-masing. Mereka bekerja sama dengan seluruh perangkat rumah agar seluruh benda berada pada tempatnya dan terlihat bersih.

Bahkan ditiap-tiap rumah juga memiliki toilet untuk mendukung program sanitasi dari pemerintah. Anak-anak pun mengikuti aturan kebersihan dengan baik.

Jika di India desa Mawlynnong menjadi desa terbersih, ternyata di Indonseia ada juga lho desa terbersih dan bahkan menjadi tempat wisata. Nah, desa tersebut adalah desa penglipuran yang berada di Bali. Bahkan desa ini nggak cuma dinilai terbersih di Indonesia saja, bahkan desa ini juga masuk kedalam deretan desa terbersih di dunia lho guys.

So, kita juga harus bangga ternyata di Indonesia juga memiliki desa yang bersih. Semoga saja nggak cuma ada di Bali aja ya guys!