Air Terjun Ajaib Yang Langsung Jatuh Ke Laut

Liburan, itu adalah hal yang paling disukai sama semua orang. Bohong banget kan kalo kalian gak suka liburan, apalagi buat para workaholic. Tentunya liburan itu menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu. Pas banget nih, karen aku mau ngasih info untuk kalian yang lagi ingin liburan. Bagi kalian yang ingin liburan, gak perlu jauh-jauh sampek keluar negeri lho karena di Indonesia juga banyak kok tempat liburan yang gak kalah keren dan bagus dari tempat-tempat yang ada di luar negeri.

Nah, salah satu tempat liburan yang bisa kalian cobain adalah Air Terjun Mursalah. Yapss, mungkin agak asing ditelinga kaliankan guys, tapi jangan khawatir guys karena tempat ini dapat membuat mata kalian akan terpana karena pesonanya. Ibarat cewek, air terjun yang satu ini adalah cewek sexy yang buat kalian para cowok gak kedip ngelihatnya.

Air terjun ini memang bukan air terjun tertinggi atau air terjun terindah di dunia, akan tetapi air terjun ini punya pesona dan keunikan nya sendiri. Kalo gak caya, nih aku jelasin ya..

Air terjun yang langsung jatuh ke laut

Air Terjun Mursalah adalah salah satu air terjun di Indonesia yang terjunan airnya langsung jatuh ke laut. Air terjun ini berada di Pulau Mursala, terletak diantara Pulau Sumatera dan Pulau Nias. Jika kita ingin berangkat ke Pulau Nias dari pelabuhan Sibolga secara otomatis kita pasti melawati pulau ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 35 m dari permukaan laut yang mengalir pada batuan granit kemerah-merahan di tebing pulau dan langsung jatuh ke Samudera Hindia.

Seperti yang udah aku bilang tadi guys, kalo air terjun ini memiliki keunikannya sendiri. Mungkin kebanyakan air terjun yang kalian datangin atau yang kalian ketahui hanyalah air yang jatuh langsung ke sungai atau ke danau dan ini sangat berbeda dengan air terjun Mursalah. Air terjun dengan ketinggian 35 meter ini malah jatuh langsung ke laut. Kebayang dong betapa indahnya air terjun yang ada dilaut?

Luas yang dimiliki oleh Pulau Mursala sekitar 8.000 ha dan jika kalian ingin datang kesana, kalian dapat menempuhnya selama 1 jam menggunakan kapal cepat dari Sibolga. Pulau yang dihuni sekitar 60-an KK dan dikelilingi oleh belasan pulau-pulau kecil yang kebanyakan tidak berpenghuni. Air terjun Pulau Mursala terkenal sebagai salah satu dari sedikit air terjun di dunia yang langsung terjun ke laut. Beberapa di antaranya adalah Kilt Rock Waterfall di Skotlandia, Falls Sounds Milford di Fjords Selandia Baru dan Jeongbang di Pulau Jeju, Korea Selatan.

Legenda Dibalik Air Terjun Mursalah

Selain menyimpan keindahan, air terjun Mursalah juga memiliki legenda yang cukup populer di telinga masyarakat sekitarnya, menurut cerita dari warga setempat ternyata air terjun ini adalah tempat bermain seorang putri cantik yang bernama Putri Runduk. Menurut cerita, Putri Runduk ini adalah permaisuri Raja Jayadana yang memerintah Kota Kerajaan Barus Raya, sebuah kerajaan Islam di wilayah Sumatera Utara pada abad ke-7 M dan memiliki paras cantik sehingga termasyur sampai ke luar kerajaan.

Dikarenakan negerinya yang sudah porak poranda akibat di serang oleh Raja Sanjaya dari Mataram, yang kemudian direbut oleh Raja Janggi dari Sudan, Putri ini akhirnya melarikan diri ke Pulau Mursala karena tidak mau dinikahi oleh Raja Sanjaya, dimana suaminya terbunuh dalam penyerangan tersebut. Dikisahkan pula bahwa sang Putri menceburkan diri ke laut saat dikejar oleh Raja Janggi dan kemudian hilang.

Tips untuk pergi kesana

Jika kalian tertarik untuk datang ketempat ini, baik teman-teman yang berasal dari luar Sibolga atau dari luar Sumatera. Berikut ini tips untuk kalian:

  • Terbang ke Bandara Pinangsori (Sibolga) dari daerah asal kalian (kebanyakan transit terlebih dahulu di Kualanamu, Medan) atau perjalanan via darat dari Medan ke Sibolga selama kurang lebih 10 jam. Tersedia pula direct flight dari Jakarta langsung ke Sibolga setiap harinya.
  • Pilihlah penginapan di Pantai Pandan agar mudah ketika akan berangkat pagi-pagi dari Pantai Bosur atau Pantai Kalangan. Rate hotel di daerah Pandan dimulai dari harga Rp. 100.000- per malam.
  • Silahkan pilih jenis kapal yang akan disewa menuju Pulau Mursala. Kapal kayu biasa (sering disebut kapal Dolphin) dihargai sekitar Rp 1.500.000- untuk satu hari sedangkan harga sewa speed boat dimulai dari Rp. 2.500.000, kapasitas penumpang maksimal adalah 20 orang.
  • Rute yang biasa adalah Pandan – Pulau Mursala – Pulau Putri – Pandan. Berangkatlah pagi hari sekitar pukul 08.00 atau 09.00 agar tiba lagi di Pandan pukul 17.00.
  • Bawalah perbekalan yang cukup karena tidak ada warung yang menjajakan makanan selama perjalanan.
  • Bertingkah laku sopan selama perjalanan. Usahakan untuk tidak bercanda sampai kelewatan batas.
  • Karena nggak ada sinyal, jadi silahkan nikmati liburanmu seutuhnya 😀

Gimana guys kalian tertarik untuk datang kesini?