Mudah Didapat, 4 Bahan Ini Bisa Bantu Kamu Hilangkan Plak Pada Gigi

Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting terutama dalam hal menjaga kesehatan mulut. Karena dengan menjaga kesehatan mulut kita dapat menunjang kepercayaan diri. Nah, cobadeh misalnya mulutmu mengeluarkan bau dan di gigimu terdapat plak, hiii pasti jorok banget dan kamu juga nggak bakal percaya diri untuk ngobrol dengan banyak orang kan?

Nah, jika gigi kamu sudah ada karangnya jangan dibiarin karena ketika dibiarkan karang yang ada di gigimu akan menjadi tempat bersarangnya bakteri di mulut dan hal tersebut juga bisa mengakibatkan gigi kamu berlubang lho! hii seremkan.

Karang gigi atau plak adalah lapisan yang berwarna kekuningan dan keras yang menempel di gigi dan timbulnya plak atau karang gigi disebabkan oleh akumulasi bakteri dalam mulut kamu. Cara mengatasi hal ini tentu memerlukan konsultasi kepada dokter, namun ternyata ada lho cara alami yang bisa kamu lakukan, berikut hal yang harus dilakukan:

Baking soda

Baking soda adalah bahan yang paling populer digunakan untuk menghilakan plak. Cara menggunakannya juga nggak rumit kok! Kamu hanya perlu menuangkan sedikit baking soda dan campurkan sedikit garam ke dalam wadah kecil, basahi sikat gigi kamu dengan menggunakan air hangat kemudian celupkan dengan campuran baking soda tadi. Lalu gosok gigi kamu dengan lembut.

Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka kamu juga harus membuat obat kumur-kumurnya sendiri. Dengan cara mencampurkan:

  1. Satu setengah baking soda
  2. Air
  3. 10 tetes minyak esensial lemon
  4. Empat sendok teh gliseri nabati
  5. Satu teh gel lidah buaya

Kemudian campurkan semua bahan lalu simpan dalam botol dan kamu dapat gunakan sekali atau dua kali dalam sehari.

Stroberi dan tomat

Kedua buah ini terpercaya menyimpan banyak sekali kandungan vitamin C yang juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Untuk menggunakan kedua buah-buahan ini, kamu hanya perlu menggosokan buah-buahan tersebut langsung ke gigi dan kemudian kamu dapat diamkan selama 5 menit. Dengan mendiamkan selama 5 menit, dapat melunakkan penumpukan plak yang ada di gigi.

Nah, setelah didiamkan selama beberapa menit, kemudian kamu bisa bilas mulut dengan baking soda lalu dicampur dengan air hangat agar menghilangkan karang-karang tersebut. Nggak cuma dengan stroberi dan tomat saja, kamu juga bisa lakukan dengan buah lainnya seperti paprika, buah, lemon, pepaya, jeruk dan kapur dengan cara yang sama.

Keju

Makanan yang berasal dari olahan susu ini juga bisa menghilangkan plak lho! Kamu bisa gunakan keju Swiss atau Cheddar. Penggunaan keju ini sendiri dapat membatu memproduksi air liur yang mengandung alkali sehingga dapat membantu menetralkan asam plak. Selain itu dapat membantu menciptakan lapisan pelindung di sekitar gigi, makanan ini juga bisa mencegah bakteri membentuk plak. Selain itu juga, keju mengandung kalsium dan fosfor yang dapat membatu memineralisasi mulut.

Sebuah studi ditahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of European Academy of Pediatric Dentistry menunjukan bahwa keju tanpa tambahan gula (sukrosa) dapat mencegah karang gigi dengan meningkatkan kalsium dan fosfor sehingga mencegah pembentukan plak gigi.

Mothernature.com menjelaskan bahwa sebuah komponen dalam keju bertindak sebagai agen buffering. Pusat perawatan mahasiswa di Universitas Chicago juga menunjukkan makan kacang mentah untuk efek yang sama dapat menetralkan asam di mulut dan gigi re-mineralizing.

Nah, selain menggunakan bahan-bahan tersebut, kamu juga harus melakukan beberapa hal ini agar dapat menjaga kesehatan mulut:

  • Sikat secara rutin, minimal 2 kali sehari dan dalam waktu 2 menit. Kamu juga harus menggunakan sikat yang bulunya lembut dan cukup kecil untuk muat ke dalam mulut. Pastikan kamu juga menyikat permukaan yang sulit dijangkau, misalnya dibelakang gigi dan pada geraham belakang juga.
  • Jika perlu kamu juga bisa menggunakan sikat gigi elektronik yang memang sudah dirancang khusus untuk dapat menyingkirkan plak. Penggunaan sikat gigi elketronik juga lebih bagus dari pada model-model manual. Tidak peduli jenis yang digunakan, pastikan sikat gigi yang dipilih sudah memiliki meterai persetujuan Amerika gigi Association (ADA). Ini telah mengalami ketat kontrol kualitas dan keamanan tes.
  • Pilih kontrol pasta gigi dengan fluoride karena fluorida dapat membantu memperbaiki kerusakan enamel. Beberapa produk memiliki suatu zat yang disebut triclosan yang dapat bertempur dengan bakteri dalam plak.
  • Makan makanan pedas juga akan membantu menjaga mulut bersih. Ketika kamu makan makanan pedas yang merangsang kelenjar ludah, air liur membersihkan mulut Anda secara alami.
  • Menggosok kulit jeruk pada gigi sebelum tidur dan tidak bilas juga dapat membantu gigi melawan bakteri.
  • Berhenti merokok, tembakau produk mengandung tar yang menempel pada gigi yang mengakibatkan penumpukan plak.

Namun jika plak di gigi kamu sudah tumbuh dan semakin parah, maka sebaiknya langsung konsultasi ke dokter gigi. Kamu juga wajib mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali untuk menyingkirkan setiap plak yang sudah membandel di gigimu. Selamat mencoba ya guys!