Jangan Khawatir, Ini Cara Agar Jok Motormu Tak Mudah Rusak

Bagi kalian guys yang selalu menggunakan motor sebagai alat transportasi sehari-hari, baik untuk kerja maupun kesekolah. Tentunya merawat motor agar tetap awet dan nyaman dipakai adalah hal yang saat diutamakan, bahkan kalian harus selalu mengeceknya baik kondisi dalam maupun kondisi luar pada motor kalian. Nah yang gak kalah penting adalah memerhatikan jok dari motor tungganganmu. Agar tetap aman dan nyaman digunakan dan gak gampang rusak. Setidaknya kalian harus melakukan perawatan yang cukup rutin untuk jok motormu.

Nah berikut ini mimin mau kasih tahu agar jok motor kalian nggak cepat rusak guys, berikut ulasannya:

1. Metakkan benda dengan permukaan tajam di atas jok

Seperti yang kita ketahui bahwa jok motor pada umumnya terbuat dari kulit kain dan busa, oleh karena itu guys meletakkan benda dengan permukaannya yang tajam merupakan hal yang sangat rentan membuat kondisi jok kamu cepat rusak. Nah jadi sekarang kalian harus hindari untuk meletakkan benda dengan permukaan yang tajam seperti pisau dan benda lainnya yang memiliki sudut yang tajam ke atas jokmu.

Jika kamu membiarkan jok motormu terkena benda yang tajam, bisa jadi jok motormu akan meninggalkan bekas atau bolongan yang akan membuat jok motormu menjadi tak indah lagi untuk dipandang. Bahkan jok motor yang bolong dapat mengganggu kenyamananmu untuk berkendara.

2. Kalau jok sudah bolong gara-gara benda tajam, usahakan jauhkan bagian tersebut dari air

Nah guys, kalau ternyata jok motor kalian sudah bolong atau sobek akibat benda tajam “yang gak sengaja kalian bawa”, usahain deh agar kalian menghindari bagian yang bolong tersebut dari air pada saat kalian mencuci motor. Sebab, bagian yang bolong tersebut akan rentan menghisap air lebih banyak.

Apabila, air masuk kedalam jok motor kamu yang sudah bolong itu, maka akan mengakibatkan resiko kerusakan pada jok motormu dan jok motormu juga akan bakal lebih cepat kempes dan membuat tak nyaman lagi saat digunakan selama berkendara. Kalau jok motormu sudah bolong semestinya sih kamu harus menggantinya dengan jok yang baru yah guys 🙂

3. Jangan parkir motor di tempat yang langsung terpapar panas dan hujan

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa hubungannya parkir motor dengan jok motor agar gak gampang rusak? Nah kenyataannya guys, yang harus kalian ketahui adalah bahwa parkir motor dibawah paparan sinar matahari atau hujan itu bisa bikin jok motormu lebih cepat rusak lho guys.

Panasnya matahari dan air hujan memang sangat rentan bikin motormu menjadi cepat lebih rusak, jok motor akan rentan sekali kempes jika kamu terus-terusan memarkirkan motormu di tempat panas dan terkena hujan serta bakal bikin kamu jadi nggak nyaman untuk berkendara.

Oleh karena itu, sekarang kamu harus usahakan agar memarkirkan motormu di tempat yang teduh yah guys, agar jok motormu nggak cepat kempes dan rusak.

4. Jangan salah pakai produk perawatan

Banyak orang yang masih salah kaprah dan nggak sadar kalau tak semua jenis produk perawatan motor itu cocok untuk merawat merawat jok motor. Ternyata ada beberapa jenis produk perawatan motor yang memang sangat gak di anjurkan untuk dipakai merawat jok motor. Semir ban misalnya.

Banyak orang yang ingin membuat semuanya menjadi praktis, misalnya dengan memakai semir ban untuk merawat jok motor karena mereka pikir semir ban bisa bikin jok motor cantik dan mengkilat. Tapi, pada kenyataannya memakai semir ban untuk jok motor agar kinclong, itu salah besar lho guys. Hal tersebut malah dapat membuat lapisan jok motormu menjadi lebih tipis dan akan mudah sobek, itu dikarnakan produk semir ban yang sangat keras untuk dipakai merawat jok motor.

Sekarang kalian gak susah kok buat jok kalian kinclong guys, karena sudah banyak produk yang dibuat khusus untuk pengilap jok motor lho guys dan sudah banyak dijual dipasaran. Jadi sekarang udah mudah kok 🙂

5. Jangan cuci motor sembarangan

Nyuci motor pasti hal yang wajar dan bahkan sering dilakukan para pengguna motor, apalagi saat motor mereka terkena kotoran atau lumpur. Tapi guys tahu kah kalian jika mencuci motor dengan metode yang sembarangan bisa buat jok motor kalian menjadi cepat rusak lho.

Jadi, mencuci motor dengan proses steam itu ternyata bisa bikin jok motor cepat rusak. Terlebih jika steam yang dipakai berkekuatan tinggi. Steam tinggi yang dipakai untuk mencuci motor kabarnya dapat meningkatkan risiko penipisan lapisan jok motor. Sehingga, kalau gak hati-hati bisa jadi jok motormu jadi cepat robek gara-gara proses ini.

Tentunya kalian gak inginkan jok motor kalian jadi cepat rusak? Kalau begitu jangan lakukan hal-hal yang merugikanmu ini ya guys! Semoga bermanfaat hehe 🙂