Inilah Tips Ampuh Memilih Asuransi Kendaraan Dengan Tepat

Asuransi, mungkin yang ada dibenak kita adalah asuransi jiwa. Yaps benar sekali, bisa dibilang setiap orang yang hidup tentunya harus memiliki asuransi jiwa. Akan tetapi masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya asuransi jiwa bagi kehidupan mereka. Asuransi tak hanya sekedar asuransi jiwa saja, bahkan ada banyak jenis asuransi antara lain seperti: Asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan.

Nah artikel kali ini kita akan ngebahas salah satu asuransi, yaitu asuransi kendaraan, mungkin bukan hal yang baru bagi anda ketika mendengar asuransi kendaraan, maka sebelum lebih jauh ngebahas tentang asuransi kendaraaan. Ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu asuransi.

Apa Itu Asuransi?

Asuransi merupakan suatu bentuk manajemen potensi risiko dari hal-hal yang tak terduga seperti kerugian, kematian, kehilangan, kesehatan dan lain sebagainya. Sehingga apabila terjadi kejadian tersebut anda bisa mendapatkan kompensasi, keringanan-keringanan, tanggungan moneter sesuai dengan jenis asuransi tersebut.

Asuransi memungkinkan individu, bisnis dan entitas lain untuk melindungi diri terhadap potensi kerugian yang signifikan dan kesulitan keuangan pada tingkat yang cukup terjangkau. Kita mengatakan “signifikan” karena jika potensi kerugian kecil, maka tidak masuk akal membayar premi untuk melindungi terhadap kerugian.

Sebagai contoh kerugian keuangan yang signifikan Jika Anda adalah pencari nafkah utama di rumah Anda, hilangnya pendapatan keluarga Anda akan mengalami akibat kehidupan, pendidikan dan kesulitan-kesulitan lain yang mungkin berhubungan dengan mereka. Akan sangat sulit bagi keluarga Anda untuk mengganti penghasilan Anda, sehingga premi bulanan memastikan bahwa jika Anda mati, penghasilan Anda akan digantikan oleh uang pertanggungan. Prinsip yang sama berlaku untuk banyak bentuk lain dari asuransi. Jika potensi kerugian akan memiliki efek yang merugikan.
Gimana? Sekarang udah tau dong apa itu asuransi. Nah selanjutnya kita bakalan ngebahas asuransi kendaran nih, berikut pemaparannya.

Asuransi kendaraan berupa mobil dan motor semakin berkembang di kalangan masyarakat yang di mana fungsinya memang sangat penting sebagai perlindungan terhadap aset yang bernilai tinggi. Asuransi kendaraan memberikan manfaat yang besar dengan menjamin segala bentuk risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan yang anda miliki di waktu yang tidak terduga. Jika anda ingin menggunakan jasa asuransi kendaraan, maka ada baiknya jika mempelajarinya terlebih dahulu.

1. Anda harus mempertimbangkan kondisi kendaraan dengan menyesuaikan kebutuhan sebelum menentukan layanan asuransi yang tepat, antara lain seperti:

  • Kondisi mesin kendaraan
  • Kondisi body kendaraan
  • Usia pakai kendaraan

Seperti apa kondisi sebuah kendaraan sebelumnya juga harus diketahui secara pasti, di mana hal ini akan menjadi pertimbangan pihak asuransi dalam memutuskan layak atau tidaknya Anda untuk membeli polis asuransi sebagai perlindungan kendaraan tersebut. Nah maka ada 2 jenis asuransi kendaraan yang bisa menjadi pilihan anda antara lain sebagai berikut:

A) Asuransi All Risk atau Comprehensive. Jenis asuransi ini akan menjamin segala bentuk risiko yang mungkin akan terjadi pada kendaraan Anda yang diakibatkan oleh kecelakaan kecil hingga kecelakaan besar. Meskipun demikian, Anda harus ingat bahwa selalu ada pengecualian pada peraturan polis asuransi yang harus dipahami dari awal agar tidak terjebak dalam kesalahan yang pada akhirnya berujung pada kerugian.

B) Asuransi Total Loss Only (TLO). Jenis asuransi yang satu ini hanya bisa menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75% saja, artinya apapun bentuk kerusakan kecil yang disebabkan oleh kecelakaan, kerusuhan, kejahatan dan sebagainya tidak akan dijamin oleh polis asuransi.

2. Mengetahui Keunggulan Produk Asuransi yang ditawarkan Berbagai jenis asuransi kendaraan memiliki penawaran berupa bentuk perlindungan dengan keunggulan dan manfaat yang berbeda. Beragamnya fitur layanan sehingga Anda harus paham dengan baik asuransi kendaraan manakah yang paling tepat untuk kendaraan jika dilihat dari bentuk perlindungan terbaiknya.

3. Melakukan sebuah survei membuat perbandingan dengan hanya memperoleh satu sumber saja, agar mendapatkan produk layanan asuransi yang tepat dan terbaik, tentu bukan lah hal yang efektif. Oleh karena itu anda perlu melakukan survei ke berbagai perusahaan asuransi agar bisa membuat perbandingan dan dari situlah dapat dilihat mana yang terbaik.

Bisa melakukan survei dengan mendatangi sebuah kantor perusahaan jika memiliki banyak waktu, bisa juga hanya dengan mendapatkan sumber informasi melalui internet mengenai berbagai fitur dari produk asuransi yang ditawarkan.

4. Mempertimbangkan Kemampuan Finansial Besarnya premi yang harus dibayarkan tentu sebanding dengan bentuk perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi. Jadi, semakin besar premi yang dipilih maka semakin maksimal bentuk perlindungan yang diberikan kepada Anda terhadap segala bentuk risiko yang menimpa kendaraan Anda. Namun, pertimbangkanlah dengan baik apakah kondisi keuangan saat ini maupun di masa depan, apakah cukup untuk memenuhi tanggungan premi asuransi tersebut?

5. Perlu juga dilakukan pertimbangan rekomendasi dari dealer Kendaraan Ketika membeli mobil di sebuah dealer, biasanya mereka juga memberikan rekomendasi terkait produk asuransi yang telah dipercaya oleh pihak dealer itu sendiri. Bukanlah sebuah keharusan untuk mengikuti apapun yang telah disampaikan oleh pihak dealer. Karena keputusan tetaplah ada di tangan Anda tentang apa yang sebaiknya dilakukan untuk memberikan perlindungan atas kendaraan yang dimiliki.

Itulah beberapa yang harus anda ketahui ketika ingin memilih asuransi untuk kendaraan anda. Namun jika anda kurang paham mengenai asuransi ada baiknya anda mempertimbangkan rekomendasi dari dealer kendaraan yang anda miliki mengenai asuransinya.