Anda Insom? Cobain Cara Jitu Ini Yang Bikin Kamu Cepat Tidur

Mungkin semua orang pernah ngalami yang namanya insomnia, bukan lupa ingatan ya guys, tapi kondisi di mana kita nggak bisa tidur padahal esok harinya kita sudah dihadapi dengan seabrek aktivitas di pagi harinya. Siapapun pastinya tak menginginkan keedaan seperti ini.

Tapi buat kalian yang sering di terpa insomnia sehingga susah tidur padahal besok harus bangun pagi lagi, nah jangan khawatir. Kini sudah ada cara yang mudah, yang telah di uji oleh para ahli untuk membuat anda dapat tertidur hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Tapi sebelum mimin kasih tau cara nya, sebaiknya jika kita mengetahui apa itu insomnia sebenarnya:

Apa Itu Insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

Jadi kamu yang sering diserang yang namanya insomnia, wajib nih nyobain cara berikut ini. Bukan dengan obat pabrik yang menggunakan bahan kimia yang menyebabkan ketergantungan ya guys!

Justru cara yang mau mimin kasih ke kamu para insomnia, cara yang alami lho. Cara alami ini disebut juga metode 4-7-8. Praktiknya sesederhana kedengarannya. Berikut ini langkah-langkahnya, seperti dikutip dari msn.com.

  • Menghembuskan Nafas Perlahan

Hal yang paling utama yang harus kamu lakukan adalah, duduk pada posisi yang paling nyaman di tempat tidur kamu. Kemudian, tarik napas melalui hidung selama empat detik, tahan napas selama tujuh detik, lalu hembuskan perlahan-lahan melalui mulut selama delapan detik.

Tenaga medis Harvard University, dokter Andrew Weil, mengangkat latihan ini dari meditasi yoga yang telah dipraktikkan selama berabad-abad. Metode ini diyakini mampu mencapai keadaan relaksasi yang sempurna, menangkal stres dan kecemasan. Dengan sengaja memperlambat pernapasan, irama jantung akan melambat, membuat seluruh tubuh menjadi rileks. Dengan kata lain, ini adalah obat penenang alami untuk tubuh dan pikiran.

Metode ini adalah metode terbaik yang pernah saya temukan untuk kembali tertidur jika Anda terbangun di tengah malam. Jik kamu melakukanhal ini selama periode minggu, bulan, bahakan bertahun maka sudah di pastikan akan dapat menghasilkan perubahan yang Anda inginkan.

Jadi bisa dibilang ini juga bisa menjadi terapi kamu agar tidak menjadi insomnia lagi dan kamu juga sudah bisa tertidur ketika sedang mengantuk. Nggak perlu lagi deh, bengong-bengong ngitungin jumlah kambing kayak Mr. Bean.

Namun ada lagi cara yang nggak kalah ampuhnya, berikut ini adalah cara mengatasi insom secara hukum islam. Justru bagi kita umat muslim ini sangatlah berguna karena di dalam cara ini, nggak cuma bisa ngilangin insom doang tapi kita juga plus dapat pahala dari Allah SWT. Berikut ini adalah cara islamnya:

Berdzikir, cara ini merupakan cara yang ampuh untuk membuat anda tertidur lelap. Kata atau dzikir yang akan digunakan sebaiknya berupa kata yang memiliki makna yang dalam bagi subjek. Dalam literatur Islam banyak sekali kata yang dapat digunakan untuk dzikir misalnya Yaa Allah, ahad.. ahad.., alhamdulillah, atau menggunakan asmaul husna.

Arti dizkir sendiri adalah ingat, jadi perbuatan dzikir lebih pada makna dari pada verbalisasinya. Sehingga diharapkan dalam relaksasi dzikir ini dapat membawa subjek pada alam trasendental. Setelah sikap transenden sudah terbentuk langkah selanjutnya adalah membangkitkan sikap pasif yang merupakan sikap dalam relaksasi yaitu dengan menimbulkan sikap pasrah.

Pasrah dapat dideskripsikan sebagai sebuah sikap penyerahan total kepada objek trasenden yaitu Allah SWT. Dengan sikap ini apapun yang terjadi dalam diri diterima tanpa reserve, sehingga sangat efektif untuk menimbukan sikap pasif.

Munculnya gangguan insomnia yang banyak disebabkan oleh konflik internal yang akhirnya menimbulkan stress dapat diredakan dengan sikap penerimaan diri, tidak menentang dan pasif total. Pada kondisi ini saraf simpatetik yang membuat tegang dapat diturunkan fungsi-fungsinya dan menaikkan saraf parasimpatetik.

Tahap-tahap Relaksasi Dzikir

  1. Ambil posisi tidur telentang yang paling nyaman,
  2. Pejamkan mata dengan pelan tidak perlu dipaksakan sehingga tidak ada ketegangan otot sekitar mata
  3. Lemaskan semua otot. Mulailah dengan kaki, kemudian betis, paha dan perut. Gerakkan bahu beberapa kali sehingga tercapai kondisi yang lebih relaks
  4. Perhatikan pernapasan. Bernapaslah dengan lambat dan wajar, dan ucapkan dalam hati frase atau kata yang digunakan sebagai contoh anda menggunakan frase yaa Allah. Pada saat mengambil nafas sertai dengan mengucapkan kata yaa dalam hati, setelah selesai keluarkan nafas dengan mengucapkan Allah dalam hati. Sambil terus melakukan no 4, lemaskan seluruh tubuh disertai dengan sikap pasrah kepada Allah. Sikap ini mengambarkan sikap pasif yang diperlukan dalam relaksasi, dari sikap pasif akan muncul efek relaksasi ketenangan.

Jika insom kamu semakin akut, ada baiknya jika kamu langsung konsultasi ke dokter atau KTP.