Undangan Saluran BBM Meneror Para Pengguna Aplikasi BBM

Indonesia mendadak menjadi riuh karena berhembusnya kabar tentang Undangan Saluran BBM palsu yang menyerang para pengguna aplikasi BBM saat ini. Wah, kali ini kabar tentang apa lagi ya?

Saat ini para pengguna BBM tengah dibuat khawatir dan cemas dengan informasi mengenai Undangan Saluran BBM yang diterima banyak pengguna aplikasi BlackBerry Messenger sejak hari Jumat kemarin.

Berikut ini adalah contoh undangan saluran BBM palsu tersebut:

Ternyata, di dapat kabar bahwa Undangan Saluran BBM ini menyimpan potensi bahaya yang cukup besar bagi mereka yang menerima undangan saluran tersebut.

Sejak kemarin, para pengguna aplikasi BBM (Blackberry Messenger) merasa sangat terganggu dan mengeluh karena banyaknya Undangan Saluran BBM yang mencurigakan masuk ke pesan BBM mereka.

Penyebar undangan saluran BBM palsu ini diperkirakan dilakukan oleh hacker yang tidak bertanggungjawab, yang memiliki maksud atau tujuan tertentu, yang pastinya dilakukan untuk menjalankan tujuan dan kepentingan pribadinya.

Keluhan para pengguna aplikasi BBM tersebut ditumpahkan di dalam akun media sosial mereka masing-masing. Di akun media sosial tersebut, sebagian menuliskan pesan kepada pengguna aplikasi BBM lainnya untuk berhati-hati agar tidak tertipu dan menerima undangan saluran yang mencurigakan itu.

Menurut beberapa orang, undangan saluran BBM tersebut terbebas dari penggunaan kuota, sehingga siapa saja yang menggunakan aplikasi BBM bisa menerima undangan tersebut.

Dan ternyata, didapat kabar bahwa Undangan Saluran BBM yang sedang ramai menjadi perbincangan saat ini, menyimpan sesuatu yang berbahaya. Hal ini disampaikan oleh Direktur Vaksincom Alfons Tanujaya.

Beliau mengatakan bahwa Undangan Saluran BBM ini tidak akan mencuri data pengguna, asalkan yang dikirimkan hanya berupa informasi. Tapi lain lagi jika yang terkirim adalah virus.

Jika yang dikirim adalah virus, ada kemungkinan besar jika data pribadi anda akan dicuri dan digunakan oleh seseorang untuk melakukakan berbagai kejahatan dengan menggunakan data pribadi anda tersebut.

Alfons juga mengatakan bahwa penyebaran spam Saluran BBM ini dinilainya cukup berhasil. Penyebar undangan saluran ini sepertinya telah menyiapkan rencananya secara matang, sehingga setiap jamnya jumlah pengguna yang mengikuti Saluran BBM ini terus bertambah.

Tidak hanya dari kalangan remaja, tapi mereka yang dari kalangan dewasa, ternyata juga banyak terjebak dengan undangan saluran BBM palsu yang tersebar sejak kemarin ini.

Banyaknya orang yang menyetujui undangan saluran palsu ini, kemungkinan besar disebabkan karena kebanyakan dari mereka mungkin masih sangat minim pengetahuannya mengenai tindakan-tindakan kriminal yang dilakukan oleh para penjahat technologi.

Jika tujuan dari undangan palsu ini adalah untuk mencuri data pengguna aplikasi BBM dan menggunakannya untuk alasan kejahatan, seperti: menyebarkan berita hoax, berita perpecahan SARA dan kejahatan lainnya, maka hal ini bisa dikatakan sangat berbahaya.

Untuk menjaga keamanan data pribadi anda, sebaiknya anda harus lebih berhati-hati ketika menerima undangan yang aneh seperti ini dan memilih untuk mengabaikannya.

Tapi jika anda sudah terlajur menerima undangan ini, anda hanya perlu menghapus aplikasi BBM lama anda, kemudian meng-upgrade ulang aplikasi BBM baru, demi menjaga keamanan data anda.