Smile Mirror, Cermin Canggih Yang Bisa Mengenali Gejala Kanker Kulit

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang hampir menguasai seluruh manusia saat ini. Khususnya lagi buat wanita, bahkan nyawa mereka menjadi taruhannya. Kanker adalah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan tidak normal sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker.

Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Banyak jenis kanker yang bisa merenggut bahkan membuat sejumlah orang menjadi resah karena keberadaannya. Misalnya saja seperti kanker payudara, rahim dan bahkan kulit.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah kulit atau bahkan terkena kanker kulit, tak usah lagi khawatir karena kini Berk Ilhan kembali menghadirkan inovasi barunya, yaitu sebuah cermin dengan nama Smile Mirror hadir dengan kelebihan bisa mengenali berbagai masalah kulit dalam waktu singkat. Seperti apa kecanggihan yang dimiliki Smile Mirror?

Cermin Pendeteksi Masalah Kulit

Smille Mirror ialah merupakan terobosan teknologi terkini untuk memberikan semangat kepada pasien penderita kanker. Cermin bekerja mengungkapkan refleksi pasien, saat mereka tersenyum. Berk Ilhan, pencipta Smile Mirror merancang produk dan pengalamannya di Brooklyn. Awalnya Ilhan mengembangkan tesis yang disebut Uplift. Sebuah konsep protofolio produk yang dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker secara emosional dan sosial.

Smille Mirror, memiliki kamera built-in dan permukaan kaca yang buram dilengkapi dengan facial recognition software. Ilhan menghabiskan waktu di rumah sakit kanker untuk menginterview pasien, dokter dan perawat. Nah, disini Ilhan ingin menyumbangkan Smille Mirrors ke rumah sakit yang banyak menderita kanker.

Saat uji coba ke pasien. Ilhan merasakan betapa sulitnya mengajak pasien kanker tersenyum. “Hari pertama diagnosis, sulit bagi pasien melihat ke cermin dan ia mengetahui bahwa dirinya menderita kanker,” ucap Ilhan. Ekspresi wajah seseorang mempengaruhi perasaan orang tersebut. “Jika kita melenturkan otot wajah kita untuk tersenyum, otak berfikir bahwa sesuatu yang baik terjadi, dan kebahagiaan adalah hasilnya,” jelas Ilhan.

Sayangnya niat baik Ilhan tidak sejalan dengan masyarakat. IFLScience menceritakan sebuah tajuk,”Smile Mirror untuk pasien kanker hanya bekerja saat tersenyum. Semua orang menganggapnya sebagai ide yang mengerikan.” Dan banyak sekali analisa terkait pasien kanker yang berlawanan dengan arah tujuan penciptaan Smile Mirror.

Smile Mirror diklaim bisa menunjukkan masalah pada kulit wajah. Saat berkaca, cermin ini akan otomatis mengambil foto wajah Anda. Setelah foto diambil, cermin akan menunjukkan masalah kulit yang dialami, seperti kerutan, kemerahan, pori-pori yang membesar bahkan kerusakan akibat sinar matahari di bawah kulit yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Cara Lain Untuk Mengetahui Gejala Kanker Kulit

Dibanding dengan kanker ganas yang lain, penyebaran dari kanker kulit lebih lambat karena itu kanker kulit seringkali diabaikan. Namun melanoma adalah jenis yang paling mematikan dari kanker kulit, salah satu onset berbahayanya, salah diagnosis, prognosis buruk, jika tidak terdeteksi dini, akibat yang akan timbul tidak dapat dibayangkan.

Bagaimana cara mendeteksi dini kanker kulit? Berikut dibawah ini adalah beberapa cara yang sederhana agar anda dapat melakukan pemeriksaan kanker kulit di rumah sendiri.

Pertama-tama carilah cahaya yang terang di kamar Anda, lalu siapkan kaca ukuran seluruh badan, lepaskan semua pakaian Anda dan mulailah langkah pemeriksaan, perhatikan warna kulit, periksa keberadaan tahi lalat berbentuk yang tidak normal, jerawat dan gejala tumor lainnya.

  • Menghadaplah ke kaca, lepaskan semua pakaian, mulailah dari kedua bahu, lalu kuku jari, telapak tangan, jari-jari, ruas-ruas jari, bahu depan, bawah ketiak dan bahu belakang. Setelah itu angkat kedua bahu, siku dengan teliti setelah itu periksalah bagian lengan dan sendi. Jika di atas kuku ada warna tidak normal harap diwaspadai, ini kemungkinan adalah tanda dari gejala kanker kulit.
  • Periksa bagian depan tubuh: wajah, leher, dada, perut dan daerah kemaluan dan kaki.
    Periksa tubuh bagian samping: angkatlah tangan, periksa terlebih dulu bagian kiri tubuh, lalu dilanjutkan dengan bagian kanan tubuh.
  • Punggung menghadapa ke cermin, ambilah crmin kecil dan pegang di tangan, periksa belakang leher, punggung belakang bahu dan pinggir kedua bahu. Jika tidak nyaman, dapat meminta bantuan suami/istri atau teman untuk memeriksa Anda.
  • Mintalah bantuan orang menggunakan sisir untuk membelah rambut anda, untuk mempermudah memeriksa apakah ada tanda-tanda ketidaknormalan pada kulit kepala Anda.
  • Duduklah dan periksalah kaki, tumit dan jari. Lalu ambilah cermin letakkan di tengah-tengah kaki dan bergeraklah untuk memeriksa bagian belakang paha dan kaki, apakah ada gejala-gejala kanker kulit. Sekali menemukan ketidak-normalan, sesegera mungkin memeriksakan diri ke rumah sakit.

Pada saat proses pemeriksaan, jika mendapati adanya tahi lalat yang tidak simetris, sisi-sisinya tidak beraturan dan warnanya juga tidak seperti biasanya, besarnya lebih dari 4cm, maka perlu diperhatikan untuk memeriksa terus perubahan dari tahi lalat tersebut dan sesegera mungkin memeriksakan diri. Jika telah muncul pertumbuhan tahi lalat yang mencurigakan, infeksi, gatal-gatal, dan lain-lain, maka perlu diperhatikan untuk segera lakukan perawatan medis dengan tepat waktu dan lakukan pemeriksaan yang relevan.

Bagaimana dengan teknologi terbaru tersebut? Memudahkan Anda bangetkan? Dengan adanya cermin tersebut, Anda tak perlu lagi bersusah payah untuk mengetahui apakah Anda mengidap kanker atau nggak. Semoga bermanfaat.