“Nintendo Switch”, Memberikan Sensasi Berbeda Saat Bermain Game

Bagi para Gamer, Game yang mereka mainkan adalah hidup bagi mereka. Seorang Gamer sejati, akan lebih memilih untuk bermain Game daripada harus berkencan dengan pasangannya. Itulah sebabnya kenapa sebagian besar Gamer, adalah single alias jomblo. Mereka tidak punya banyak waktu untuk pasangan, tapi punya cukup waktu untuk bermain Game. Bisa bayangkan kalau anda adalah pacar dari pecinta fanatik Game? Pastinya anda akan cukup makan hati. Tapi jika anda adalah orang yang juga memiliki hobi yang sama yaitu bermain game, mungkin anda bisa cocok.

Sesuai dengan janjinya, Nintendo yang merupakan Perusahaan Game terbesar dari Jepang, akan memuaskan para pecinta game di seluruh dunia, dengan memperlihatkan tampilan perdana dari “Nintendo Switch,” yang merupakan konsol terbaru mereka. Konsol ini adalah konsol “hybrid” yang bisa dimainkan di rumah atau dibawa kemana saja. Nintendo juga memastikan, bahwa konsul terbaru ini berbeda dengan produk konsol dan hanheld yang diproduksi sebelumnya. Nintendo Switch ini region-free, sehingga tidak ada batasan game-game mana saja yang bisa dan tidak bisa dimainkan karena masalah region.

Konsol utama Nintendo Switch adalah kotak dengan layar seperti di atas. Konsol utama ini merupakan otak yang akan menangani semua game, yang Anda suntikkan di dalamnya. Tak sekedar otak, layarnya juga sudah didukung dengan layar sentuh, beresolusi 1280×720 dengan Nvidia Tegra sebagai basisnya.

Nintendo Switch ini dilengkapi dengan kontroler unik yang diberi nama Joy-Con. Joy-Con inilah yang telah dikupas secara tuntas di dalam sebuah event livestream, pada tanggal 13 Januari 2017 kemarin. Produsen game raksasa asal Jepang ini mengupas tuntas mengenai kontroler Joy-Con yang telah mereka ciptakan dan akan segera merilisnya. Pada event penting tersebut, Yoshiaki Koizumi selaku Nintendo Switch General Producer, mengatakan bahwa kontroler menjadi aspek penting di dalam video game. Beliau mengatakan bahwa Joy-Con ini akan hadir full set dengan grip.

Kontroler ini bisa dipakai dalam beberapa mode, seperti: handheld mode, tabletop mode, dan tv mode. Meskipun kontroler ini dibuat sepasang, tapi Joy-Con bisa dimainkan secara terpisah. Joy-Con ini dilengkapi dengan IR Motion Camera, sehingga bisa berfungsi sebagai motion sensor yang mampu mendeteksi pergerakan tangan. Sensor gerak ini semakin sempurna karena di dalamnya dibenamkan sensor accelerometer dan gyroscope.

Berikut ini adalah bentuk dari beberapa mode tersebut:

1. TV Mode


Konsul di sini memiliki fungsi yang sama seperti konsol konvensional. Anda hanya perlu meletakkan Nintendo Switch ke dalam docking yang diperkuat dengan port HDMI untuk gaming layar besar.

2. TableTop Mode

Anda bisa mengubah fungsi Nintendo Switch sebagai layar televisi. Kontroler Joy-Con yang bisa dipisah menjadi dua kontroler akan membantu anda untuk memainkan game multiplayer dimana saja.

3. Handheld Mode

Seperti namanya, mode ini menjadikan Nintendo Switch sebagai sebuah handheld. Anda hanya tinggal menghubungkan Joy-Con dengan Nintendo Switch dan bisa langsung membawanya kemanapun yang Anda inginkan.

Tidak hanya bersifat fleksibel, masing-masing kontroler tersebut juga dibekali dengan teknologi HD Rumble, di mana fitur ini bisa menyampaikan berbagai jenis getaran yang dihasilkan dari game. Dengan adanya joy-con ini, para gamer di dunia bisa menikmati permainan game dengan sensasi yang berbeda. Tidak hanya menciptakan Joy-Con, Nintendo juga berencana merilis beberapa Game terbaru yang pastinya sangat seru untuk anda mainkan dengan menggunakan switch nintendo.

Beberapa permainan tersebut, antara lain:

1. Game Arms


Arms, adalah salah satu game yang memanfaatkan keunikan Switch dengan maksimal, dengan menggunakan kekuatan motion sensor Joy-Con ke batas optimal. Dengan menggenggam Joy-Con pada masing-masing tangan, akan membuat anda terlibat dalam tinju futuristik yang mengharuskan Anda untuk melemparkan pukulan secara fisik. Beragam gesture unik bisa anda gunakan sebagai gerakan pertahanan dan penyerangan.

2. Xenoblade Chronicles 2

3. SPLATOON 2

4. SUPER MARIO ODYSSEY

5. Project Octopath Traveler

Tidak hanya lima game di atas, masih banyak game lainnya yang akan dirilis oleh Nintendo di tahun 2017 ini. Dan kabar baik lainnya adalah, Nintendo Switch ini akan dirilis pada tanggal 3 Maret 2017 mendatang. Siapkan mentalmu untuk memulai permainan Game baru dengan Nintendo Switch ini.