Mengenal Lebih Dalam Tentang Spam

Segala komunikasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Komunikasi bisa dilakukan tanpa batasan jarak dan waktu. Dengan kebebasan berkomunikasi bisa menjadikan hubungan silaturahmi menjadi semakin dekat dan bertambah baik. Komunikasi bisa dilakukan dengan cara apapun baik secara digital maupun secara langsung. Dengan adanya berbagai komunikasi yang baik akan memberikan berbagai manfaat dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosial.

Dengan adanya komunikasi yang baik bisa menimbulkan berbagai dampak. Dampak yang dimaksudkan adalah dampak positif dan negatif. Dampak positif dari berkomunikasi dengan baik adalah terciptanya hubungan baik antar sesama manusia yang menjalin komunikasi dengan baik, dapat meminimalisir perpecahan atau pertikaian, dapat digunakan untuk media diskusi berbagai hal yang menarik, dan masih banyak lagi dampak positif dari komunikasi yang baik.

Namun, semakin berkembangnya teknologi komunikasi juga dapat mengakibatkan dampak yang negatif. Banyak hal negatif yang bisa dilakukan dengan adanya komunikasi dan didukung oleh teknologi yang canggih seperti saat era modern ini. Salah satunya adalah berkembangnya spam yang tidak bisa dipungkiri lagi. Dengan didukung oleh berbagai teknologi canggih cara pengaksesannya bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah, spam bisa ditemukan dimana saja dan berbagai alat komunikasi apapun. Simak penjelasan dibawah ini mengenai pengertian spam beserta contoh dan istilah-istilah yang berhubungan spam.

Pengertian Spam

Mungkin banyak diantara kita yang bertanya apa itu spam, namun sebagian dari kita pasti ada yang tau apa itu spam atau bahkan pernah melakukan spam. Secara umum, arti spam adalah aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus-menerus dan dengan jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh penerimanya.

Aktivitas spam ini disebut dengan spamming dan pelakunya disebut dengan spammer. Bentuk spam yang sering ditemui secara umum diantaranya adalah spam pada surat elektronik (e-mail), spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam blog, spam iklan baris daring, serta spam pada jejaring sosial.

Pada umumnya pesan yang dikirim oleh spammer berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si penerima. Namun, pengirim spam tetap melakukannya karena memiliki tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima spam. Kegiatan Spamming banyak dilakukan di internet karena adanya anggapan bahwa spam adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu ataupun kepentingan lainnya di internet.

Dari sisi si penerima pesan, tentu saja spam menjadi momok yang sangat mengganggu karena dapat menyita waktu dan menguras sumber daya perangkat elektronik. Spam merugikan, diantaranya yang dirugikan yaitu penyedia jasa internet ISP(Internet Service Provider). Karena hambatan masuk yang rendah, sehingga banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta akan semakin tinggi, Spam sering mengganggu masyarakatdan terkadang isinya menipu penerimanya.

Tujuan Spam

Ada beberapa alasan mengapa para spammer tetap melakukan spamming meskipun dapat merugikan orang lain. Mengacu pada arti spam yang dijelaskan sebelumnya, adapun beberapa tujuan spam adalah sebagai berikut:

  • Promosi atau Komersil

Spam jenis ini biasanya dikirimkan oleh pihak-pihak yang melakukan promosi atau pengiklanan produk atau layanannya. Pesan yang terkandung dalam spam cenderung berbentuk penawaran produk berupa barang, jasa atau layanan. Pelakunya sendiri memang tak terbatas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab saja, pihak operator layanan misalnya operator sesluler pun terkadang mengirimkan pesan-pesan yang kurang bermanfaat dengan frekuansi yang diluar nalar. Bayangkan jika sebuah layanan operator seluler mengirimkan pesan dengan embel-embel pelayanan lebih dari lima kali dalam tempo 24 jam. Dan kesemua pesan yang dikirimkan selalu sama setiap harinya, bukankah itu spam namanya?

  • Spam untuk Tujuan Penipuan

Spam juga sering dijadikan sebagai media untuk penipuan, hal ini marak terjadi baik melalui email, SMS, dan media lainnya. Modus penipuannya pun sangat beragam, misalnya mengambil alih akun online (phising), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya. Salah satu modus penipuan yang sangat jamak terjadi saat ini adalah pencurian akun online (phising). Biasanya pelaku mengirimkan email spam secara random dimana isi pesan menyebutkan bahwa si penerima telah memenangkan hadiah undian.

Di dalam email spam tersebut disisipkan link ke situs tertentu dimana si penerima spam harus login menggunakan akun email. Ketika korban mengetikkan email dan password, setiap ketukan keyboard telah direkam sehingga si penipu mengetahui alamat email dan password email korban.

  • Tujuan Iseng

Spam dengan tujuan iseng sebenarnya merupakan spam yang termasuk kedalam kategori penipuan namun masih dalam ruang lingkup yang luas dan tidak menjurus ke hal-hal tertentu. Dimana si pengirim spam bertindak berdasarkan peluang, jika si penerima pesan spam merespon aktivitas spamming maka si spammer biasanya mengambil manfaat dan kesempatan, misalnya saja minta pulsa atau meminta mengunjungi website pribadi miliknya dengan tujuan tertentu. Pelaku spam jenis ini memang tidak terbatas, kebanyakan dari kalangan individu yang mencari keuntungan sepihak.

Jenis Spam Yang Sering Terjadi

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ada banyak sekali bentuk spam yang terjadi atau kadang kita dapatkan dari para spammer. Sesuai dengan arti spam, adapun beberapa contoh spam adalah sebagai berikut:

  • Spam SMS

Spam jenis ini dikirim melalui pengirim pesan kepada penerima berupa pesan singkat atau SMS. Mungkin ada yang pernah menerima hal semacam ini. Spam jenis ini biasanya berisi tentang tawaran iklan atau jasa aatau apapun melalui telepon genggam.

  • Spam Email

Spam melalui email adalah spam yang paling sering ditemukan saat ini. Bentuk spam email ini adalah mengirimkan surat elektronik komersial secara massal yang tidak diminta oleh si penerima email.

Pengiriman spam email ini bisa dilakukan melalui ‘jaringan zombie’ jaringan virus yang telah menginfeksi komputer pribadi maupun kantor di seluruh dunia. Namun, spam email juga banyak terjadi karena pengguna internet mendaftarkan email mereka pada website tertentu.

  • Spam Facebook

Dalam Email mungkin Spam hanya sebatas penerimaan pesan yang tidak dikehendaki atau pesan yang berisi informasi tidak penting saja. Dalam media sosial seperti Facebook kegiatan Spamming ternyata lebih variatif karena ada banyak fitur Facebook. Sebagai contoh adalah komentar-komentar aneh yang masuk ketika kita menuliskan sebuah postingan.

Komentar tersebut biasanya dihadirkan dengan bantuan v-bot atau komentar otomatis melalui perangkat lunak tambahan. Kemudian yang sedang populer adalah Spamming dalam bentuk menandai foto, padahal tidak ada hubungannya dengan Anda. Atau mungkin penandaan terhadap sebuah kiriman tautan yang lagi-lagi aneh tujuannya. Jika sudah begitu kejadiannya, cara terbaik adalah dengan melaporkannya. Dalam sebuah postingan baik status maupun gambar, Facebook menyediakan menu “Laporkan”. Klik dan pilihlah opsi “ini Spam” atau “Ini foto Spam”. Tunggu sampai Facebook menanggulangi.

  • Spam Komentar di Blog

Sapam juga sering terjadi pada komentar yang ada di blog dan merupakan salah satu momok yang cukup mengganggu pada blogger atau pemilik website. Pasalnya, saat ini komentar spam di blog dilakukan dengan menggunakan software khusus sehingga komentar spam di sebuah blog jumlahnya sangat banyak.

  • Spam Mesin Pencari

Spam mesin pencari disebut juga dengan spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Tujuan spamdexing ini adalah untuk menempatkan halaman-halaman situs spam di mesin pencari dengan pencarian yang relevan sehingga mendapatkan trafik dari mesin pencari.

Cara Mencegah Spam

Bukan rahasia umum lagi jika pada masa sekarang ini hari-hari yang kita lalui pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya internet. Ini sering digunakan untuk mencari berbagi informasi. Akan tetapi, ketika kita sedang asik mencari ataupun melihat sebuah informasi, terkadang ada spam yang mengganggu. Mungkin Anda merasa risih dengan hal ini, akan tetapi tidak perlu khawatir karena dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah yang namanya spam.

  • Jangan ikutkan email utama Anda kedalam sebuah newsgroups, mailing list, newsletter atau chat room. Spammers menggunakan suatu software yang yang berjalan 24 jam (spders atau bot) dan masuk kedalam sebuah mailing list, chat room, yang mencari alamat-amalat email.
  • Jangan pernah membalas ataupun merespon email dari orang yang tidak Anda kenal, ada baiknya untuk menghapus pesan tersebut.
  • Jangan memperlihatkan email utama Anda di blog/website, facebook, twitter anda secara terbuka, nanti bisa jadi sasaran spammer.
  • Jika Anda berbelanja online pastikan bahwa toko online tersebut merupakan toko yang memiliki lisensi keamanan.
  • Jika anda tetep ingin mencantum email anda di situs blog/web, anda bisa mengganti @ dengan [at]. Ini berguna agar terhindar dari program otomatis yang mencari alamat email milik spammer. Contohnya seperti ni : username@email.com –> username[at]email.com

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa spam merupakan hal yang sangat mengganggu. So, jika Anda diantara Anda yang merupakan seorang spammer berhentilah membuat para pengguna internet merasa terganggu dengan spamming yang Anda buat. Dan bagi Anda pengguna internet cobalah tips diatas untuk mencegah spam. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda. See you.