Memahami Input Dan Output Pada Komputer

Ketika belajar mengenai komputer pasti kita akan bertemu dengan istilah input output pada komputer dan perangkat komputer biasanya dilengkapi berbagai komponen yang gunanya untuk menunjang kinerja komputer tersebut. Selain perangkat lunak dan keras, rupanya masih ada banyak sekali bagian komputer yang memiliki fungsi masing-masing tanpa disadari. Tujuan komponen itu yakni untuk menghasilkan kinerja yang sesuai diinginkan dan untuk lebih lengkapnya mengenai input dan output dapat simak ulasan berikut:

Pengertian Input

Input adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki fungsi tertentu untuk memasukan data atau perintah kedalam komponen komputer, perintahnya bisa berupa gambar, teks, video, grafik, suara dan masih banyak lagi dan perangkat input dan output sendiri sering disebut dengan istilah I/O, yang artinya adalah bagian sistem mikroprosesor yang berfungsi menghubungkan dan menyambungkan alat atau perangkat luar dengan komputer.

Macam-macam Dan Fungsi Peralatan Input Komputer :

1. Keyboard

Keyboard merupakan peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah berupa angka, huruf maupun symbol, Keboard disebut juga papan ketik pada komputer. Meski perintah seperti itu biasa diberikan dengan menggunakan mouse, keyboard juga seringkali memiliki shortcut untuk memberikan perintah yang sama.

Keyboard juga digunakan untuk memberikan perintah (command) kepada komputer untuk menjalankan suatu tindakan tertentu. keyboard sendiri terdiri dari susunan huruf A s/d Z dan angka 0 s/d 9 dan ada beberapa symbol seperti titik dua, koma, titik dan lain-lain, juga terdapat tobol sortcut yang memudahkan kita untuk mengoperasikan komputer.

2. Mouse

Perangkat input yang kedua adalah mouse. Mouse merupakan salah satu perangkat yang fungsinya sangat luar biasa, penting dan juga vital, meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil. Saat ini optical mouse merupakan versi mouse yang lebih baru, mouse ini menggunakan cahaya dan sensor optik untuk mendeteksi pergerakan mouse. Terdapat juga wireless mouse, yakni mouse tanpa kabel; mouse ini berkomunikasi dengan komputer melalui gelombang radio (biasanya BlueTooth).

Fungsi Dari Mouse :

  • Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari sebuah mouse :
  • Menggerakan kursor
  • Melakukan seleksi terhadap objek dan juga file
  • Mengeksekusi file dan aplikasi
  • Melakukan pengeditan, seperti rename dan copy paste
  • Membuka menu dan juga properties dari sebuah file atau aplikasi.

3. JoyStick

Joystick juga salah satu perangkat input device yang memiliki bentuk tongkat dan bisa digerakan ke segala arah. Joystick memiliki beberapa fungsi diantaranya untuk bermain games dan juga bisa untuk implementasikan pada suatu kursi roda bermotor.

Fungsi Dari Joystick :

  • Menggerakkan kursor pada game
  • Untuk control terhadap permainan
  • Mendukung penggunaan fitur dalam permainan, karena memilki banyak tombol
  • Sebagai pengganti keyboar dalam bermain game di dalam komputer

4. Scanner

Perangkat device yang satu ini kerjanya serupa dengan mesin foto copy yang berfungsi untuk menduplikat objek atau mencopy suatu grafik, teks atau gambar dalam bentuk digital. Scanner juga memiliki beberapa macam diantaranya : Handy Scanner, Flatbed Scanner dan PSC Scanner.

Fungsi Dari Scanner :

  • Memindai objek berbentuk fisik di dalam sebuah kertas ke dalam komputer
  • Mengubah format dari kertas secara fisik menjadi bentuk digital
  • Memindai kode – kode tertentu, seperti barcode

5. TouchPad

Touchpad adalah perangkat input pada laptop dan beberapa keyboard untuk memindahkan kursor dengan jari Anda. Touchpad dioperasikan dengan menggunakan jari. Saat Anda menggerakkan jari Anda kepada permukaan, kursor mouse bergerak ke arah yang sama.

Seperti kebanyakan mouse komputer, touchpad juga memiliki dua tombol permukaan sentuh yang memungkinkan untuk meng klik kiri atau klik kanan. Touchpad mendeteksi pergerakan menggunakan bidang sentuhan, touchpad biasanya tersedia pada laptop komputer.

Fungsi Dari Touchpad  :

  • Menggantikan fungsi dari sebuah mouse
  • Menggerakkan kursor
  • Melakukan seleksi terhadap objek
  • Melakukan pengeditan terhadap objek
  • Menampilkan menu pada sebuah file
  • Mengeksekusi sebuah file.

Pengertian Output

Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer sudah diterjemahkan oleh teknologi komputer itu sendiri sehingga dapat dipahami penggunanya dengan mudah dan output hasil proses dari komputer digolongkan menjadi 4 bentuk yaitu: huruf, gambar, suara dan video.

Peralatan output akan menghasilkan informasi untuk manusia sehingga bisa dibaca, dilihat, didengar dan dipahami.
Komputer akan memproses informasi dari peralatan input komputer kemudian menampilkan hasil proses dalam bentuk informasi ke pengguna komputer (manusia).

Sama seperti input, output juga membutuhkan perangkat output untuk mengambil data sebelum di proses pada prosesor, perangkat output berguna untuk menampilkan informasi secara langsung ke pengguna. Perangkat output juga menjadi suatu keharusan dalam sistem komputer meskipun beberapa peralatan output komputer tersebut dalam kategori periperal komputer / perangkat tambahan.

1. Printer

Printer salah satu perangkat output device komputer yang dimana fungsinya ini untuk mencetak hasil dari proses atau perintah komputer dalam bentuk kertas. Printer masuk dalam bagian perangkat keluaran karena tugasnya menampilkan data berupa hasil cetakan yang sebelumnya berupa softfile. Data yang di keluarkan oleh printer merupakan data yang di ambil dari perangkat penyimpanan yang telah di olah oleh processor.

Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik, dimana dalam proses pencetakan akan menggunakan tinta untuk menghasilkan bentuk data yang ada, selain itu ada juga yang menggunakan teknologi laser jet.

2. Monitor

Monitor atau sering disebut dengan layar komputer merupakan suatu VDT ( Video Display Terminal ) yang ada di dalam komputer, yang termasuk ke dalam display hardware dan monitor berperan di perangkat output device sebagai alat keluaran data secara grafis pada sebuah CPU atau Central Processing Unit dan monitor sendiri memiliki fungsi yang sangat vital, karena apabila tidak ada monitor, maka kita tidak dapat melihat apa yang diolah di dalam komputer kita.

Monitor komputer untuk saat ini memang sudah mempunyai variant yang sangat bervariasi mulai dari ukuran , merk dan resolusi yang ditawarkan sudah mempunyai kelas yang tinggi, tetapi jenis yang umumnya digunakan oleh para pengguna komputer adalah monitor dengan jenis Flat Panel dan jenis CRT, semua hasil dari tampilan yang akan ditampilkan pada sebuah monitor adalah tergantung dari jenis VGA yang digunakan pengguna komputer itu sendiri.

Adapun Kegunaan monitor, diantaranya

  • Untuk menampilkan display output dari hasi pemrosesan informasi di dalam CPU
  • Agar user menjadi lebih jelas dalam menganalisa output
  • Sebagai media hiburan, terutama monitor dengan resolisi layar yang tinggi

3. Speaker

Speaker termasuk output device yang berfungsi mengeluarkan data berupa suara data suara tersebut di ambil dari olahan processor yang mengolah data digital dengan fotmat tertentu. Data suara speaker umumnya di ambil dari perangkat masukan microfon yang langsung di keluarkan ke speaker ketika di gunakan untuk karaoke.

Namun speaker yang biasanya di gunakan pada perangkat komputer adalah jenis speaker seperti headphone yang langsung di gunakan pada kepala untuk, speaker seperti ini sering di temukan pada komputer yang di sewakan seperti di warnet, mungkin bagi anda yang hobi memainkan game online pasti sering menggunakan perangkat speaker untuk berkomunikasi dengan player yang lainya.

4. Projector

Projector merupakan bagian dari perangkat luar yang berfungsi untuk menampilkan suatu data atau gambar dari laptop atau komputer pada media datar seperti dinding. Projector biasanya ada di ruang meeting, ruang rapat, ruang kelas yang ada di sekolah maupun di perusahaan perusahaan besar.

Di era modern seerti sekarang ini projector semakin canggih dan sangat di butuhkan untuk presentasi.Sedangkan cara kerja dari projektor ini sendiri adalah mengambil sebuah data video yang telah dikirmkan oleh VGA pada komputer yang selanjutnya diterjemahkan menjadi sebuah visual pada perangkat proyektor tersebut.

5. Plotter

Plotter salah satu benda pertama yang mampu mencetak gambar dalam ukuran besar, sebesar gambar engineering dan arsitektur, plotter ini mencetak gambar dengan menggunakan dari pena-pena tinta.seperti layaknya sebuah printer yang mempunyai fungsi untuk melakukan sebuah percetakan berupa hard copy dari desain digital yang sebelumnya sudah dilakukan penyetelan .

Plotter merupakan suatu output komputer Desain ini akan dikirim pada sebuah plotter melalui kartu grafis dan gambar dibuat dengan menggunakan sebuah pena. Dengan kata lainnya , plotter ini pada dasarnya melakukan teknik gambar menggunakan serangkaian garis yang lurus.

Kesimpulan

Maka dapat disimpulkan bahwa input device berfungsi sebagai media atau perantara untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah dan bisa menghasilkan informasi yang diperlukan oleh user. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.

Signal input berbentuk data yang bisa dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input yaitu berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang telah dimasukkan ke dalam sistem komputer. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data, juga bisa memasukkan program ke dalam komputer.

Sedangkan perangkat output adalah perangkat ‘keluaran’ yang artinya mengeluarkan data dari komputer. Seperti monitor mengeluarkan informasi, projector mengeluarkan video atau gambar, printer mengeluarkan data ke media kertas, dan headset mengeluarkan suara. Intinya, output ini adalah perangkat yang dapat menghasilkan sesuatu dari komputer, baik itu suara, informasi atau pun yang lainnya.

Saya rasa cukup sampai disini ulasan kita kali ini yang membahas soal pengertian input dan output beserta contohnya lengkap. Semoga dengan penjelasan diatas bermanfaat untuk kalian semuanya yaa gaess.