Mari Pelajari Tentang Sarahah, Sebelum Kamu Dibilang Ketinggalan Zaman

Mungkin belum semua anak generasi milaneal yang mengetahui tentang apalikasi yang satu ini, yaitu Sarahah. Nah, apa kalian yang baca artikel ini tahu apa itu Sarahah? Emm pasti masih pada mikirkan dan mungkin pun kalian juga pada ngelihat teman kalian upload di Insta Stories merekakan? Cuma malu buat nanya sebenarnya itu apalikasi apa! Nah, kalau kalian malu nanyak ke teman kalian yang udah makai aplikasi ini, mimin akan menjelaskan lebih detail tentang aplikasi ini, jadi nggak cupu and than ketinggalan zaman.

Emang sih zaman sekarang apa-apa selalu di post di insta stories, mau itu kesehariannya, mau itu lagi pamer barang. Bahkan mempromosikan suatu aplikasi yang mereka miliki. Contohnya, banyak anak sekarang yang buat insta stories yang mempromosikan snapchat, line, bahkan pin bbm mereka ke insta stories dan yang akhir-akhir ini sering banget, anak-anak remaja yang membagikan Sarahah mereka ke insta stories nya. Ya paling minta di follow, hahaha.

Aplikasi yang satu ini memang lagi viral dikalangan generasi Milenial dan Z. Untuk kalian yang ingin mengetaui tentang aplikasi terbaru ini, agar nggak dibilang ndeso! Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Aplikasi ini memang nggak cuma populer di Indonesia saja lho, mengutip situs TIME, Rabu, 23 Agustus 2017, Sarahah juga mendadak populer dikalangan remaja Inggris dan Amerika Serikat, juga sejumlah negara lainnya. Hmm, memangnya apa sih Sarahah itu?

Apa Itu Sarahah?

Sarahah adalah sebuah aplikasi yang berasal dari Arab yang memiliki arti kejujuran atau keterbukaan. Sama dengan artinya, aplikasi ini juga dibuat dengan tujuan seperti itu, yakni berkata jujur. Lewat fitur mengirim pesan tanpa nama alias anonim, Sarahah bisa jadi jembatan untuk mengeluarkan unek-unek berupa kritik dan saran kepada orang lain tanpa perlu diketahui identitasnya, tapi bukan untuk ngebully orang ya gaes.

Umumnya kita enggan untuk memberikan kritikan pada teman atau sahabat bahkan saudara kita sendiri, sebab kita tau jika nanti dirinya akan terseinggung. Padahal ada kalanya kamu butuh kritik dan saran yang membangun. Dengan menggunakan aplikasi Sarahah kamu bisa lebih lancar menuangkan semua kritikan terhadap orang terdekatmu.

Fungsi Sarahah pada dasarnya mirip kotak saran yang kerap terpampang di rumah sakit dan fasilitas umum lainnya. Bedanya, Sarahah lebih menyasar individu ketimbang lembaga atau insitusi. Pesan Sarahah yang kamu terima dari anonim (yang kemungkinan besar adalah orang terdekat kamu), tak bisa direspons. Kamu hanya bisa menerima dan merenungkannya.

Pada dasarnya Sarahah ini berfungsi dikehidupan kerja dan pergaulan sehari-hari. Untuk keperluan kerja, kamu bisa menggali potensi lebih jauh dari berbagai masukan yang datang. Untuk pertemanan, kamu bisa mengevaluasi karakter diri dan mengetahui apa yang tak disukai orang lain. Paling penting, Sarahah membiarkan teman dekat kamu berkata sejujurnya meski kejujuran itu pahit.

Aplikasi yang dibuat oleh pria asal Arab Saudi yang bernaman Zain al-Abidin Tawfiq ini ternyata sudah diperkenalkan sejak tahun 2016. Pertama sekali Sarahah lahir sebagai situs web yang ditujukan bagi karyawan perusahaan yang mau menyampaikan isi kepala secara gamblang kepada atasan atau perusahaan.

Sukses dan Berkembang Terus

Sarahah awalnya sukses di negara Timur Tengah dan Afrika Utara, Tawfiq kemudian bikin Sarahah versi bahasa Inggris pada bulan lalu. Sontak, aplikasi ini pun berkembang pesat dikaum milenial. Masih dikutip dari TIME, Tawfiq mengatakan bahwa aplikasi ini diciptakan untuk mengekspresikan kejujuran, tentang perasaan yang melampaui batasan sosial tertentu. Memang ada hambatan seperti usia.

Menurut dia, keberadaan Sarahah bisa mendobrak dinding yang selama ini membatasi hubungan. Jadi lewat aplikasi ini gak ada lagi deh sekat usia dan jabatan, semua bisa jujur dan setara.

Cara Menggunakan Sarahah

Biar nggak kampungan dan ketinggalan zaman, kamu harus ngedowload aplikasih ini, itung-itung kamu bisa introsveksi diri. Pertama-tama kamu tentu perlu mengunduh aplikasinya di toko aplikasi Google Play Store atau Apple App Store. Setelah itu masuk ke aplikasi dan daftarkan diri kamu.

Sarahah akan meminta kamu mengisi username untuk dijadikan tautan profil. Kamu juga wajib menuliskan nama lengkap, e-mail, serta menentukan password. Setelah sepakat dengan ketentuan Sarahah, kamu cukup tekan “Sign Up”. Seketika kamu sudah bisa menjajal aplikasi kotak saran tersebut.

Sarahah memiliki jendela pesan utama dari aplikasi Sarahah memiliki 4 tab yang berbeda di bagian atas. Dari sana, kamu bisa melihat pesan yang  diterima, favorited dan Send ke orang lain. Di bagian bawah, ada empat menu pilihan. Terlepas dari jendela pesan utama, pilihan lainnya adalah Penelusuran, Jelajahi dan Profil. Explore ditandai sebagai fitur baru yang sedang dikembangkan. Kamu bisa memilih pesan-pesan masuk yang kamu sukai ke kategori “Favorit”.

Sementara itu, Search untuk mencari teman kamu yang telah bergabung di Sarahah. Explore untuk sementara belum berfungsi dan dijanjikan bakal hadir pada pembaruan berikutnya. Untuk memancing saran masuk, kamu bisa membagikan profil Sarahah ke teman-teman via WhatsApp, Twitter, Facebook dan membagikannya di insta stories kamu agar teman-teman bisa ngefollow dan memberi masukan kepadamu.

Gimana? Udah pada pahamkan untuk menggunakan Sarahah, jadi kalian udah bisa download dan menunggu saran dan kritikan dari teman-teman kalian.