Hyperloop Gandeng Indonesia Untuk Menciptakan Transport Super Cepat

Transportasi darat yang memiliki kecepatan supercepat seperti pesawat kayanya sebentar lagi bakal segara hadir dan menjadi kenyataan nih. Bagaimana tidak, buktinya saja sekarang Hyperloop Transportation Technologies (HTT) menggandeng perusahaan lokal untuk mewujudkan keinginannya yaitu menciptakan sebuah transportasi darat yang memiliki kecepatan setara dengan pesawat. Hal itu benar-benar sulit kita percayai, tapi mau nggak mau itulah kebenaran yang sebenarnya.

Hyperloop Transportation Technologies (HTT) merupakan salah satu perusahaan transportasi pendiri Tesla, Elon Musk, menggandeng perusahaan lokal Tanah Air dalam mewujudkan transportasi super cepat untuk masa depan. Mereka telah berinvestasi dan akan membangun PT Hyperloop Transtek Indonesia dengan beberapa mitra lokal untuk membawa Hyperloop ke Indonesia, sebagai negara pertama di Asia yang memiliki transportasi futuristis dan berbasis tube serta sebagai transportasi tercepat di dunia.

Kerja sama tersebut mengeluarkan investasi sebesar US$2,5 juta atau sekitar Rp33,4 miliar untuk menjalankan studi kelayakan membangun sistem teknologi Hyperloop di Indonesia. Studi akan menganalisis tiga rute potensial yakni relasi Jakarta ke Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, bandara utama di Jawa dan bandara utama di Sumatera.

Teknologi sistem Hyperloop memiliki konsep layaknya sebuah kereta dan saat ini sebuah perusahaan tengah mengerjakan sebuah prototipe yang bergantung pada teknologi Passive Magnetic Levitation. Kereta akan mengambang di dalam pipa yang memiliki sedikit ruang udara sehingga memungkinkan transportasi untuk berlaju dengan cepat, layaknya seperti pesawat. Varian teknologi tersebut saat ini sama seperti teknologi Maglev Tech yang ada pada moda tranportasi kereta massal di Jepang, China dan Eropa. Meskipun begitu, perbedaan dari kereta cepat yang ada di beberapa negara tersebut ialah dengan adanya teknologi Hyperloop yang diklaim memiliki ongkos yang lebih murah dan lebih aman.

Dari video yang diperlihatkan, teknologi Hyperloop tersebut bekerja layaknya sebuah kereta berbentuk tabung yang berjalan pada sebuah terowongan. Dalam terowongan tersebut tabung Hyperloop menghantarkan energi dari sistem magnetis yang ada pada rel di bawahnya. Dengan bantuan sistem magnetis tersebut, maka kereta tabung tersebut seolah-olah mengambang saat berjalan. Sumber inspirasi dari teknologi tersebut berasal dari sebuah jurnal seorang ilmuwan bernama Dr Richard Post yang menamainya The Inductract pada 2000.

Sebuah ujicoba pun sudah dilakukan pada jalur rel yang digerakkan kumparan medan elektromagnet dan terlihat bahwa mereka mampu mencapai kecepatan hampir 100 km/jam dalam tempo sedetik. Transportasi supercepat yang bergerak dalam tabung yang mencapai kecepatan sekitar 1.000 km/jam itu mula-mulanya dicemooh dan diragukan. Penggagasnya sekaligus pendiri perusahaan Hyperloop di Los Angeles, Elon Musk, yang juga pendiri Tesla Motors dan Space X, menantang para mahasiswa teknik dan ilmuwan NASA untuk berlomba mewujudkan visinya.

Dalam beberapa waktu dekat ini, Hyperloop juga akan kembali membangun trek ujicoba di jalur pipa sepanjang 8 kilometer. Transport itu akan bergerak disepanjang jalur dengan kecepatan yang tak terduga. Meskipun banyaknya berbagai kritik tetapi pembuatan transport yang memiliki kecepatan setara dengan pesawat terbang itu pun tetap terus dikembangkan.

Mengapa tertarik dengan Indonesia? Soal alasan HTT tertarik mengaplikasikan sistem dan teknologi Hyperloop kepada Indonesia dikarenakan mereka menganggap bahwa Indonesia mempunyai kelebihan khusus yang harus segera dikembangkan. “Tidak ada kondisi geografis sempurna bagi Hyperloop. Tapi ada kondisi ekonomi yang pas untuk itu. Indonesia punya kepadatan tetapi karena kurangnya infrastruktur sehingga membutuhkan sebuah solusi. Jadi ini kombinasi ketiganya,” ujar dia.

Bos HTT itu menjelaskan bahwa Indonesia bisa langsung meloncat ke teknologi Hyperloop tanpa menemui kendala besar secara adopsi teknologi. Sebab, kata dia, Indonesia tidak mewarisi teknologi sistem kereta api modern seperti Jepang dan Eropa.

Keren banget bukan guys? Yaa, jelas donk. Secara gitu kan perusahaannya aja merupakan salah satu perusahaan terbaik yang telah berhasil menciptakan beberapa transport canggih.