Mengetahui Olimpiade Lebih Dalam, Ajang Olahraga Dunia Paling Bergengsi

Apa kalian menyukai bidang olahraga? Atau hanya sekedar melakukan olahraga sebagai kebutuhan sehari-hari saja? Biasa orang yang sangat mencintai bidang olahraga pasti akan menjadi atlet. Atlet olahraga pasti pada tahu ajang-ajang olahraga bergengsi apa saja yang ada di dunia ini.

Nah, jika disuruh sebutin satu persatu ajang olahraga bergengsi, kira-kira kamu tahunya ada berapa guys? Jawabnya dalam hati aja ya, hehe. Sebenarnya ada banyak sekali ajang olahraga yang bergengsi dan beberapa diantaranya adalah Olimpiade, Asian Games, All-Africa Games, Pan American Games dan Commonwealth Games. Yang paling besar dan bergengsi adalah Olimpiade.

Sejarah Olimpiade

Ajang olahraga olimpiade merupakan ajang internasional yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali dan mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin. Selain itu ada ribuan atlet yang ikut berkompetisi didalamnya. Ajang bergengsi ini melibatkan lebih dari 200 negara di dunia dan Indonesia salah satunya lho.

Olimpiade berasal dan hanya berlangsung di Yunani kuno yang disebut dengan Olimpiade kuno, namun pada tahun 393 M, Olimpiade kuno dihentikan oleh Romawi, Theodosius. Pada tahun 1896, seorang bangsawan yang berasal dari Perancis bernama Pierre Frèdy Baron de Coubertin menghidupkan kembali Olimpiade yang telah lama mati dan dikenal dengan Olimpiade modren.

Dari sejak itulah Olimpiade berlangsung setiap empat tahun sekali hingga saat ini. Namun sempat dihentikan pada masa perang Dunia II. Pada mulanya Olimpiade musim dingin dan musim panas diadakan pada tahun yang sama, yakni di tahun 1924. Tapi pada saat tahun 1994 Olimpiade musim dingin diadakan setiap empat tahun sekali, dengan selang waktu dua tahun dari penyelenggaraan Olimpiade musim panas.

Dalam sejarah Olimpiade, penyelenggaraan Olimpide juga mengalami banyak perubahan sejak dilakukannya evolusi oleh IOC selama abab 20 dan 21. Beberapa penyesuaian dilakukan termasuk penciptaan Olimpiade musim dingin untuk olahraga es dan salju, Paralimpiade untuk atlet dengan kekurangan fisik dan Olimpiade remaja untuk para atlet remaja. Tak hanya itu, dalam perkembangan Olimpiade juga banyak menghadapi berbagai tantangan, seperti pemboikotan, penggunaan obat-obatan, penyuapan dan terorisme.

Olimpiade juga merupakan kesempatan besar bagi kota dan negara tuan rumah untuk menampilkan diri kepada dunia. Di Indonesia, Olimpiade yang sering dikenal dan secara rutin diikuti adalah Olimpiade musim panas. Pertama kalinya Indonesia ikut pada Olimpiade Helsinki 1952 di Finlandia dan mulai dari situlah Indonesia tak pernah absen berpartisipasi pada tahun-tahun berikutnya, kecuali pada tahun 1964 dan 1980.

Cabang Olahraga Yang Dimainkan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Olimpiade adalah ajang olahraga paling tersebsar dan juga diikuti oleh kurang lebih 200 negara di dunia. Tentu saja cabang olahrga yang diperlombakan si Olimpiade tidak sedikit. Dan cabang olahraga yang di mainkan pun memiliki dua tipe yakni cabang olahrga khusus Olimpiade musim panas dan cabang olahraga Olimpiade musim dingin.

Terhitung ada 24 cabang olahraga yang ada dalam Olimpiade musim panas dan 15 cabang olahraga yang ada didalam Olimpiade musim dingin, 30 disiplin dan hampir 400 pertandingan. Contohnya saja seperti gulat, yakni cabang olahraga dari Olimpiade musim panas yang terdiri dari dua disiplin: Greco-Roman dan Freestyle. Masing-masing disiplin diperlombakan ke dalam empat belas pertandingan untuk pria dan empat pertandingan untuk wanita, masing-masing mewakili kelas berat yang berbeda.

Olimpiade musim panas:

  1. Atletik
  2. Angkat besi
  3. Akuatik
  4. Anggar
  5. Basket
  6. Bersepeda
  7. Berlayar
  8. Bola tangan
  9. Berkuda
  10. Bola voli
  11. Bola tangan
  12. Bulu tangkis
  13. Dayung kano
  14. Dayung rowing
  15. Gulat
  16. Hoki lapangan
  17. Judo
  18. Menembak
  19. Panahan
  20. Pentatlon
  21. Sepakbola
  22. Senam
  23. Tinju
  24. Taekwondo

Olimpiade musim dingin:

  1. Ice Hokey
  2. Speed Skating
  3. Short Track Speed Skating
  4. Figure Skating
  5. Curling
  6. Biathlon
  7. Cross Country
  8. Sky Jumping
  9. Nordic Combined
  10. Alpine Skiing
  11. Freestyle skiing
  12. Snowboarding
  13. Bobsleigh
  14. Skeleton
  15. Luge

Negara – negara yang pernah menjadi tuan rumah

Ajang olahraga Internasional yang paling bergengsi yang di ikuti oleh 200 negara didunia, selalu memilih negara yang berbeda tiap tahun pelaksaanannya. Selama dilaksanakan dari tahun 1896 hingga tahun 2016 kemarin, berikut ini adalah negara yang pernah mejadi tuan rumah Olimpiade Modren:

Olimpiade musim panas

Olimpiade musim dingin

Hingga 2024 dan 2028 nanti, ada dua negara yang sudah mengajukan diri agar bisa menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar ini, yakni Los Angels, Amerika dan Perancis, Paris. Namun Los angels menyerahkan hak penyelenggaraan oleh pesaingnya dan akhirnya Perancis lah yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 dan Los Angels menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2028 nanti.

Cukup lama bagi Paris untuk menjadi tuan rumah Olimpiade, bahkan untuk menjadi tuan rumah pada Olimpiade 2024 nanti Paris sudah mengajukan diri sejak tahun 2015, busyet lama banget ya. Hal tersebut dilakukan Paris, sebab mereka belajar dari pengalaman buruk sebelumnya pada saat mereka mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1992, 2008 dan 2012. Dari tiga tahun tersebut mereka mengajukan diri pada saat-saat terakhir, sehingga tidak pernah terpilih.

Pada tahun 2012 mereka dikalahkan oleh London karena buruknya kampanye lobi yang dilakukan. Dan yang menjadi kunci keberhasilan Paris bisa menjadi tuan rumah Olimpiade adalah Walikota Paris, Anne Hidalgo. Beliau menekankan bahwa pihaknya tak berminat menjadi tuan rumah untuk 2028. Sebelum ini juga Paris sudah pernah menjadi tuan rumah Olimpiade dua kali, yakni pada tahun  1900 dan 1924.

Itulah beberapa sejarah singkat mengenai Olimpiade dan beberapa hal yang mungkin belum kalian ketahui, dari sekian banyak tuan rumah, kok Indonesia nggak pernah jadi tuan rumah ya? Hmmm, semoga aja deh ditahun-tahun berikutnya Indonesia bisa jadi tuan rumah Olimpiade. Kan lumayan negara kita bisa jadi terkenal, hehe.