Dari Penyanyi Gerobak Keliling Kini Via Vallen Mampu Kalahkan Ayu Ting-Ting

Sebagai musik asli Indonesia, dangdut kini menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat di Indonesia. Bahkan kini dangdut sudah bisa naik derajat dan bukan lagi musik kampung. Pasalnya dangdut kini sudah bisa dinikmati oleh kaula muda dan musik dangdut juga sudah Go Internasional. Dengan begitu musik yang tadinya kampungan, kini menjelma menjadi musik yang berkelas.

Hal tersebut juga terbukti dari penyanyi-penyanyi dangdut yang populer saat ini. Kini biduan dangdut tidak identik lagi dengan dandanan yang demek alias tebal dan busana norak dengan payet-payet blink-blink. Namun saat ini penyanyi dandut tanah air sudah berpenampilan modis dan bahkan sudah bisa mengimbangi penyanyi festival. Dan salah satu penyanyi dangdut Indonesia yang berpenampilan tidak norak adalah Ayu Ting-Ting.

Bahkan bisa dibilang bahwa kemunculan Ayu menjadi roll model berpakaian para pedangdut yang tadinya norak kini menjadi berkelas. Sehingga dari kemunculan Ayu Ting-Ting ke industri dangdut banyak diikuti oleh pedangdut lainnya. Misalnya seperti Zaskia Gotik, Siti Badriah, Cita Citata dan kini ada pendatang baru yang tidak kalah dari pedangdut sebelumnya. Yakni Via Vallen.

Mungkin namanya belum semelambung Ayu Ting-Ting, namun kini ia sedang merayap menghampiri kepopuleran Ayu. Single Via Vallen yang berjudul “Sayang” membuat dirinya menjadi perbincangan para netizen, pasalnya single yang dimiliki olehnya menggunakan bahasa Jawa, sehingga membuat dirinya berbeda dari pedangdut lainya. Memiliki wajh canti, penampilan yang modis, namun melantunkan lagu dengan logat dan bahasa Jawa yang pasih. Hmm bisa dibilang itulah yang menjdi nilai jual dari Via Vallen. Di sebut-sebut akan melengserkan eksistensi daru Ayu Ting-Ting, ternyata beginilah sosok wanita yang selalu menggunakan bahasa daerah ini.

Latar Belakang Via Vallen

Wanita yang memiliki nama asli Maulidia Oktavia ini sudah menyanyi sejak duduk dibangku SMA. Wanita yang lahir di Surabaya, 1 Oktober 1990 ini juga kerap sekali disama-samakan dengan Isyana Sarasvati, mungkin karena paras mereka yang hampir mirip. Sebagai penyanyi dangdut Via sudah menekuni industri dangdut sejak dirinya sudah duduk dibangku SMP. Dari yang hanya sekedar hobi bernyanyi kini karir yang dimilikinya sudah melambung tinggi.

Alih-alih populer dari ajang pencarian bakat, tapi ternyata Via hanyalah seorang penyanyi dangdut yang merangkak dari nol. Pasalnya sebelum mendapatkan ketenaran seperti saat ini, Via adalah seorang penyanyi gerobak keliling. Sejak kelas 5 SD ia selalu diajak oleh ayahnya untuk bernyanyi keliling kampung. Tak hanya itu biduan yang digadang-gadang memiliki wajah mirip Isyana Sarasvati ini ternyata pernah digiring petugas saat sedang mengamen dilampu merah. Dan pada saat itu penghasilan yang bisa diraup oleh Via sekitar 25 ribu.

Meski kini Via dikenal sebagai sorang penyanyi dangdut yang populer, tapi jauh sebelum itu ternyata Via dahulu lebih tertarik pada musik pop. Namun karena sang ayah adalah musisi dangdut, perlahan Via pun terikut arus kuat dari sang ayah.

Suksesan Menjadi Penyanyi Dangdut

Namanya melambung bagaikan  roket, kini Via sudah tak lagi harus keliling kampung untuk bernyanyi. Dan kini perjalanan menyedihkan yang ia lalui dahulu sekarang terbalas dengan ketenaran yang ia dapatkan saat ini. Kini Via bisa dibilang adalah penyanyi dangdut yang memiliki eksistensi yang tidak bisa dipungkiri lagi. Bahkan kini sebagai penyanyi pendatang baru dikanca industri musik dangdut, namanya sudah tidak bisa dipandang sebelah mata.

Digadang-gadang menjadi penyanyi dangdut yang dapat melengserkan posisi Ayu Ting-Ting. Dan bahkan Via sudah memiliki fans club yang sudah terbentuk dari tahun 2010 silam, tepatnya 24 September 2010. Dan namanya kian melambung karena single pertamanya yakni “Selingkuh” pada tahun 2015 .

Lain dari penyanyi dangdut yang kebanyakan sensasi atau pemberitaan miring, namun nama Via Valle sebagai pendatang baru sama sekali jauh dari sensasi dan pemberitaan miring. Senagai penyanyi dangdut, model busana yang kerap dikenakan oleh Via juga tergolong sangat sopan sehingga dirinya tidak pernah menuai sensasi.

Dan selama berkarir di duni entertaiment, Via sudah menetaskan beberapa Album dan single dan banyak diantaranya yang menjadi hits.

Single

  • Selingkuh (2015)
  • Secawan Madu (2016)
  • Sakit Sakit Hatiku (2016)
  • Sayang (2017)
  • Baper (2017)
  • 5 Centi (2017)
  • Lepas Tanpa Kata (2017)
  • Makan Di Luar (2017)
  • Peternak Luka (2017)
  • Jejakmu (2017)
  • Kimcil Kepolen (2016)
  • Oaoe (2017)
  • Tokyo Nganjuk (2017)
  • Kuburan Mantan (2017)
  • Lungset (2016)

Album

  • The Names (2016)
  • The best Via Vallen – The Rosta (2016)
  • The best Via Vallen samudra record (2017)
  • VIP (2016)
  • Sera best Via Vallen (2015)

Menggeser Nama Ayu Ting-Ting

Sebagai penyanyi dangdut yang saat ini memiliki banyak penggemar, membuat nama Via dimasukkan kedalam nominasi sebagai penyanyi dangdut paling ngetop 2017. Bahkan sebagai penyanyi dangdut baru, Via mampu mengalahkan Ayu Ting-Ting yang disebut-sebut sebagai penyanyi dangdut paling hits saat ini.

Jauh dari kata sensasidan penuh dengan prestasi, pedangdut cantik ini berhasil memboyong penghargaan sebagai ‘Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017’. Dari kemenangan yang diraihnya, membuat para netizen nyinyir dan menyinggung Ayu atas kemenangan yang didapatkan oleh Via. Sontak saja kemenangan yang didapat oleh Via membuat para netizen kian membanding-bandingkan namanya dengan janda cantik beranak satu tersebut.

Tak hanya dibandingkan dengan Ayu saja, bahkan Via juga dituding sebagai plagiat dari Ayu Ting-Ting. Mulai dari fahion yang dikenakan olehnya yang dibilang mengikuti Ayu, namun Via hanya menanggapinya dengan santai. Bahkan banyaknya tudingan seperti itu. Dan dirinya lebih memilih untuk fokus ke karir.

Itulah sepenggal perjalanan dari sipedangdut tanpa sensasi, Via Vallen. Semoga dari pengalaman yang dilalui oleh Via dapat mengajarkan kita bahwa sukses itu tidak ada yang instan. Jika ada itupun tak akan bertahan lama 🙂