Ternyata Ini Alasan Mengapa Tangan Pramugari Disembunyikan Ke Belakang

Untuk kalian yang sering naik pesawat, pasti kalian sering memperhatikan para pramugari yang menyambut kalian saat baru masuk kedalam pesawat. Dengan senyuman ramah dan sapaan yang hangat membuat kita merasa nyaman saat berada di pesawat. Nah, jika kalian memperhatikan gerak-gerik pramugari ataupun pramugara yang ada di pesawat. Kira-kira apasih yang mereka sering lakukan dan bahkan semua awak kabin yang ada di pesawat melakukannya, ada yang tau?

Sembunyikan tangan dibelakang, jika kalian ada yang menjawab seperti ini, itu benar sekali. Pasalnya bisa kita perhatikan hal itu terjadi untuk semua pramugari maupun pramugara dan bahkan dari pesawat yang berbeda sekalipun. Hal tersebut sengaja dilakukan agar membuat para penumpang menjadi lebih nyaman. Selain itu juga para awak kabin memang bekerja dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Oleh sebab itu segala sesuatu yang mereka lakukan harus sesuai standart yang berlaku.

Walau sudah sering terlihat akan tetapi masih banyak orang yang menerka dan menanyakan kenapa posisi tangan pramugara sering menyembunyikan tangannya. Nah, untuk kalian yang masih sering menanykan hal tersebut, berikut pemaparannya.

Apa Itu Pramugari?

Mungkin bagi kebanyakan wanita, menjadi pramugari itu adalah suatu cita-cita. Pasalnya tak ada satupun yang kurang dalam diri wanita yang menjadi pramugari menurut para wanita. Mulai dari memiliki wajah cantik, public speaking yang hebat sampai body yang bagus, semua itu adalah milik pramugari.

Kepramugaraan memiliki 2 tipe yakni sebutan untuk wanita pramugari dan untuk para pria adalah pramugara. Tugas keduannya merupakan sama-sama staf/karyawan perusahaan pengangkutan umum (baik udara, darat dan laut) yang bertugas melayani penumpang. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Baik pramugari maupun pramugara sama-sama memiliki tugas serupa, mereka bertugas untuk menyediakan makanan, minuman dan menjaga keselamatan para penumpang. Bisa dibilang resiko menjadi pramugari sangatlah berat.

Bahkan jika keadaan pesawat darurat, mereka harus tetap tenang dan tidak boleh melakukan hal-hal yang membuat penumpang juga ikut panik. Mereka harus setenang mungkin dan menjelas kan kepada penumpang kondisi yang sedang dialami pesat.

Suka Duka Menjadi Pramugari

Banyak wanita yang memiliki cita-cita menjadi pramugari, pasalnya mereka melihat banyaknya keuntungan yang didapat menjadi pramugari dari mulai bisa keliling dunia terus di gaji pula. Namun mereka tidak mengetahui apa yang dialami pramugari sebenarnya. Tak hanya selalu hal yang menyenangkan yang di dapat oleh pramugari, ternyata mereka juga kerap merasakan hal yang tidak nyaman dihati mereka. Berikut adalah suka dukanya.

Sukanya menjadi pramugari

  • Dapat jalan-jalan gratis, bahkan bisa keliling dunia.
  • Dapat bertemu dengan banyak orang.
  • Memiliki pengalaman yang langkah dan bahkan nggak semua orang mendapatkannya, misalnya harus bisa mengoperasikan emergency equipment.
  • Dapat pengetahuan untuk mengatasi penumpang yang tiba-tiba  sakit di pesawat, misalnya sakit jantung, ashma, dll.
  • Diberi pengetahuan cara memadamkan api.
  • Dibekali bagaimana cara mengevakuasi penumpang dan apa saja yang harus kita lakukan pada saat pesawat mengalami. keadaan emergency yang dimana ratusan orang bergantung nyawa sama kita.
  • Dibekali cara mengatasi hiject atau teroris dan cara menjinakkan bom.
  • Pramugari bisa jadi 3 hal profesi di dalam satu seragam, yaitu Dokter, Polisi dan juga Pemadam kebakaran.

Dukanya jadi pramugari

  • Harus selalu tersenyum dan tetap melayani penumpang  meski mendapat makian, cacian dari penumpang.
  • Bekerja yang mengharuskan terbang keluar negeri, tentunya membuat para pramugari merasakn kangen pada keluarga dan orang terdekatnya. Namun harus ditahan, namanya juga kerja.
  • Bersiap untuk tidak menikmati hari raya, dan hari-hari libur besar lainnya.
  • Harus selalu siap untuk mendapatkan jadwal terbang, kapanpun, dimanapun, jam berapapun, bahkan tengah malam sekalipun.
  • Siap mental dengan kenyataan bahwa, segala sesuatu para pramugari harus tetap mengutamakan penumpang, bahkan lebih penting menyelamatkan nyawa penumpang ketimbang diri sendiri, dan itu sudah menjadi konsekuennya.
  • Dalam kondisi apapu, baik lagi ada masalah keluarga, percintaan dan bahkan masalah pribadi yang berat sekalipun, kamu tidak boleh menunjukan kepada penumpang, so para pramugari harus tetap senyum.
  • Pastinya akan mendapatkan godaan atau perbuatan yang tak senonoh dari penumpang yang tidak bertanggung jawab. Namun harus tetap bersikap ramah dan berusaha menghindar sehalus mungkin. Walau perasaan sudah dongkol dan rasanya ingin menampar mukanya.

Kenapa pramugari selalu menyembunyikan tangannya kebelakang?

Mungkin bagi kamu yang selalu memperhatikan bagaimana cara pramugari menyambut tamu saat hendak masuk kedalam pesawat, pasti kamu akan melihat pemandangan dimana salah satu pramugari akan menyembunyikan tangan ke belakang, semabari memberikan senyuman yang ramah, yang membuat penumpang nyaman.

Nah, ternyata walaupun mereka memberikan senyuman, akan tetapi sebenarnya para awak kabin tersebut sedang melakukan sesuatu. Nah kira-kira apa yang mereka lakukan?

Seperti yang dilansir dari laman Express, Senin (11/9/2017), ternyata mereka menyembunyikan tangan mereka kebelakang. Karena mereka memegang alat penghitung khusus, alat tersebut sangat mirip dengan alat hitung yang digunakan oleh tukang pukul untuk menghitung tamu yang masuk kedalam klub. Dengan menggunakan alat tersebut, pramugari dapat memastikan jumlah penumpang yang naik pesawat sesuai dengan jumlah tiket yang dipindai. Terutama dilakukan pada saat penerbangan sangat sibuk.

Mungkin sebelumnya anda tak pernah membayangkan hal ini, ternyata para pramugari sudah dibekali dengan pelatihan khusus agar dapat memastikan keaman penerbangan dengan berbagai cara. Mereka dilati bagaimana cara membantu untuk orang yang melahirkan di atas pesawat. Mereka juga tahu apa yang harus mereka lakukan jika terjadi kebakaran di atas pesawat atau saat pesawat tak berfungsi dengan baik.

Banyak yang tidak mengetahui hal tersebut, pasalnya hal seperti itu tidak dipamerkan hingga mereka menghadapi situasi darurat. Hal ini tentu saja agar para penumpang dapat terbang dengan perasaan yang nyaman. Akan tetapi sudah begitu banyaknya resiko yang harus dihadapi oleh pramugari, ternyata masih ada juga penumpang yang tak menghargainya. Banyak prilaku tak terpuji yang dilakukan oleh para penumpang yakni, membuka baju, membuka celana, menonton fil porno, hingga meletakkan kaki pada sandaran kursi orang lain.

Jadi guys untuk kalian yang naik pesawat, please jangan norak dengan melakukan hal-hal menjijikan tersebut ya. Kalian juga harus menghargai bahwa tugas seorang pramugari. Bukan karna tugasnya melayani tamu dengan baik tanpa hatrus memberikan keluhan, lalu kalian seenak-enaknya bersikap kepada mereka.