Merinding! Inilah Beberapa Hal Seputar Kuntilanak Yang Perlu Diketahui

Suka nonton film horor? Pasti banyak dong yang suka, yaaa walupun nontonnya sambil tutup mata. Nah, jika ditanya soal film horor, kira-kira hantu apa saja nih yang paling sering dijadikan bintang dalam film horor? Ada yang tau? Pasti pada tau dong! Kuntilanak.

Nah, hantu perempuan berambut panjang ini sering banget dijadikan cerita film, bahkan ada banyak film horor yang menyeret nama hantu ini. Misalnya saja Kuntilanak 1, Kuntilanak 2, Kuntilanak 3, Kuntilanak Merah, Kuntilanak Duyung dan kuntil-kuntil lainya.

Gilaa, berarti hantu kuntilanak ini memang benar-benar populer ya guys! Buktinya dia udah main film banyak banget, heheh! Nah, selain memiliki rambut panjang dan ciri khas ketawak yang melengking, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kuntilanak:

1. Menangis dan tertawa dalam waktu yang hampir sama

Jika melihat film yang ada kuntilanaknya pasti kita sering mendengar suaranya yang melengking. Dari mulai ketawak sampai nangis, kuntilanak memiliki ciri khas sendiri. Dan salah satu fakta yang paling mendasar dari kuntilanak adalah ketawak dan menangisnya sering sekali dalam waktu yang sangat singkat ketika saat menampakan diri. Beberapa diantaranya akan menangis terlebih dahulu dengan sedu sedan dan suara yang lirih, baru kemudian ia akan tertawa terkekek-kekek setelah seorang yang ditakut-takutinya menyadari keberadaannya.

2. Menyukai bangunan setengah jadi

Banyak orang yang menyebutkan jika rumah atau bangunan gedung yang masih setengah jadi yang belum rampung di bangun atau rumah yang lama ditinggal adalah tempat yang paling disukai oleh kuntilanak untuk menampakan dirinya. Bahkan bangunan yang sepi saat malam hari juga sering menjadi lokasi kuntilanak untuk menampakkan wujudnya, misalnya seperti sekolah, rumah sakit, gedung dengan berbagai tragedi, perkantoran dan aula. Dan terutama di bagian lorong, pojok ruangan atau tangga besar. Untuk memanggilnya, biasanya oprang memanggil kuntilanak dengan lagu lengsir wengi.

3. Sering bertempat di muara sungai atau di pinggiran danau/kolam

Tak hanya di bangunan tua saja kuntilanak juga suka di pinggiran sungai, danau bahkan juga kolam. Sepertinya kuntilanak penikmat pemandangan dan doyan dengar suara gemercik air. Pantas hidupnya positif banget, doyan ketawa cekikikan. Belajar dari dia gih untuk menghadapi hidup ini dengan tawa. Tapi tolong dikontrol ketawanya ya.

4. Menyukai pohon waru dayung

Kuntilanak diketahui sangat menyukai pohon  waru besar sebagai tempat mainnya. Waru yang tumbuh miring atau dalam istilah Jawa dikenal dengan sebutan Waru Doyong biasanya menjadi tempat terjadinya fenomena penampakan kuntilanak. Sepertinya sih karena kemiringannya itu jadi lebih enak untuk dibuat duduk.

Inilah yang menyebabkan mengapa pohon waru dyong tidak akan dipelihara oleh orang-orang Jawa. Mereka akan segera menebang pohon-pohon waru mereka yang doyong  jika tumbuhnya terlihat miring. Jadi jangan suka duduk di batang pohon waru miring, kecuali kamu memang mau melihat langit berbintang bareng si mbak hobi cekikikan ini.

5. Saat mereka dekat akan tercium aroma ”aneh”

Kemunculan kuntilanak juga sering ditandai bau aneh. Baunya kadang terasa seperti bunga kamboja, kadang juga seperti bau bangkai busuk. Gak ada penjelasan pasti bau yang ini itu menggambarkan kondisinya sedang apa. Yang pasti, kalau ada bau itu tiba-tiba, siap-siap berdoa saja.

6. Mencuri bayi

Kuntilanak tergolong hantu yang paling menyukai anak kecil terutama bayi yang usianya belum genap 1 tahun. Mereka akan mencuri bayi-bayi yang disukainya dari siapapun. Bayi itu akan dirawat dan dijaga olehnya seperti anaknya sendiri. Bagi wanita yang memiliki anak bayi terutama yang tinggal di daerah yang sarat dengan mitos seputar kuntilanak dianjurkan untuk tidak meninggalkan anak bayinya sendiri, apapun alasannya.

7. Suara dekat tandanya ia jauh dan suara jauh tandanya ia dekat

Pasti pernah dengar dong, fakta yang satu ini. Bahwa kalau kamu mendengar tawanya dalam volume keras, berarti dia sedang jauh, setidaknya berjarak lebih dari 50 meter. Sedangkan kalau kamu mendengar tawanya dalam volume kecil, siap-siap lari deh!

8. Mengganggu bahkan mencelakai wanita hamil

Banyak orang Jawa yang mempercayai bahwa wanita saat hamil paling sering dan rentan sekali untuk diganggu oleh kuntilanak. Soalnya kuntilanak dipercaya dapat mencuri janin apalagi jika kehamilannya sudah usia tua. Makanya beberapa orang Jawa selalu menyimpan pisau, gunting atau paku di dekat ibu yang sedang hamil untuk menangkal kuntilanak.

9. Menyukai daging anak-anak dan darah orang

Tak hanya janin yang ada di dalam kandungan yang berusia tua saja yang menjadi incaran kuntilanak. Ternyata balita yang belum bisa berjalan juga menjadi kesukaan makhluk ini. Sementara itu, “spesies” kuntilanak yang ada di Kalimantan Utara maupun Malaysia dipercaya suka menghisap darah orang di bagian tengkuk seperti vampir/drakula. Sedangkan di Sunda sendiri spesies kuntilanak ini disebut sebagai sundel bolong karena memiliki punggung yang bolong. Kuntilanak di Sunda dipercaya adalah jenis yang paling ramah karena hanya penampakan saja, gak mengganggu.

10. Suka pada manusia terutama pria

Mungkin karena sosok hantu ini berwujud perempuan kali ya! Makanya dia juga bisa baper sama manusia yang pastinya laki-laki. Bisa ditandai bahwa kuntilanak sudah tertarik dengan laki-laki maka ia akan setiap malam menemani dan membelai-belai rambut si pria yang ia sukai tersebut hingga tertidur.

Nah, sekarang kalian sudah tau kan hal-hal mengenai kuntilanak. So, kalau kalian udah nyium bau aneh terus denger suara wanita ketawak dari jauh itu tandanya dia deket, hiiiiii.