Lakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Resepsi Pernikahan Tidak Terlilit Utang

Setiap manusia pasti memiliki cita-cita agar bisa menikah, apalagi jika bisa menikah dengan pujaan hati sendiri, tentu sangat menyenangkan. Selain harus sudah memiliki pasangan, menikah juga harus punya modal. Terlebih lagi jika ingin merayakan resepsi pernikahan. Pastinya kita harus menyediakan uang yang tak sedikit.

Maka dari itulah banyak orang yang menunda-nunda pernikahan sampai uangnya terkumpul untuk resepsi. Namun sebenarnya si resepsi ini bukan hal yang diwajibkan. Akan tetapi banyak orang yang sekarang melakukan apapun agar mereka dapat membuat pesta resepsi, mulai dari utang ke bank dan bahkan pakai uang orang tua. Itu semua dilakukan hanya karena gengsi semata atau malu sama tetangga jika nikahnya nggak dirayakan, hufft plis deh!

Lebih malu mana nikah nggak dibikin resepsi apa ada resepsi tapi dengan cara utang sana-sini atau pakai uang orangtua? Duh, jangan sampek deh resepsi utang-utang, ntar pas selesai resepsi dikejar-kejar depkolektor lagi, kan malu banget! Jadi sebaiknya jika kalian ingin menggelar resepsi tanpa harus utang sana sini coba deh beberapa hal ini

1. Mulai Menabung

“Menabung pangkal kaya” kata-kata ini pasti sudah tak asing lagi di telinga kita. Mungkin kita sudah mendengarnya dari kita masih kecil. Memang benar kenyataannya jika kita rajin menabung maka kita bisa dapat apa yang kita inginkan. Dan menabung juga menjadi langkah yang paling wajib dilakukan bagi kalian yang ingin segera melakukan resepsi pernikahan.

Tak hanya mengandalkan uang si pria saja, ada baiknya juga jika keduanya sama-sama menabung agar biaya resepsi tidak terasa terlalu berat. Memang menabung butuh kesabaran yang ekstra. Akan tetapi yang perlu kalian yakini bahwa buah dari kesabaran itu pasti akan indah.

Sisihkan dikit demi dikit uang dari penghasilan kalian setiap bulannya. Saat ini menabung juga sangat mudah dan aman kok! dengan munculnya beberapa fasilitas yang dapat membantu memudahkan kalian, misalnya autodebet yang sudah disediakan oleh bank apapun. Dengan demikian, kalian tak perlu lagi kesusahan untuk mengatur uang tabungan. Tapi, jika kalian adalah sosok yang benar-benar disiplin dalam menyimpan uang, kamu juga bisa menyisihkan uang tabungan dengan cara manual atau tabung sendiri di rumah.

2. Membeli Emas

Selain menabung dengan cara menyimpan uang, kamu juga bisa kok menginvestasi uang kamu dengan cara membeli perhiasan ataupun emas batangan. Membeli emas juga bisa berguna saat kamu sedang membutuhkan daya secara cepat. Selain di jadikan sebagai perhiasan. Emas juga bisa untuk investasi yang sangat menggiurkan.

Emas memiliki nilai jual yang relative stabil, sehingga menjadi jalan keluar untuk modal dalam menyelenggarakan pernikahan.

3. Cicil Seserahan Dari Jauh Hari

Agar tidak terlalu berat pada saat hari H, cobalah untuk menyicil segala sesuatu untuk seserahan. Namun pastikan terlebih dahulu, apakah anda sudah fix bahwa anda akan benar-benar akan menikah dengan calon anda. Setelah sudah di pastikan, maka anda bisa membeli seserahan, dengan cara mecicilnya. Mulai dari membeli barang-barang yang bisa tahan lama. Jika biasanya di dalam bungkusannya tertera tanggal kadaluarsa yang dekat atau pendek sehingga perlu Anda siapkan ketika mendekati hari H saja.

4. Pikirkan Apa Tujuan Resepsi Dilakukan

Sudah tak bisa di pungkiri lagi jika berlangsungnya suatu resepsi tak ayal hanya untuk ajang pamer karena gengsi yang tinggi. Melakukan persiapan pernikahan yang berkesan dengan menjamu banyak tamu dengan makanan yang enak, atau menampilkan sebuah kemewahan. Cobalah berpikir yang jernih ketika akan menyelenggarakan pesta pernikahan. Para tamu itu sebenarnya lebih peduli dengan hidangan yang disajikan ketika resepsi ketimbang bagaimana dandanan sepasang pengantin atau pun dekor yang digunakan. Sebaiknya ketika mengalokasikan dana untuk kemewahan yang kurang guna lebih baik diurungkan. Yang penting adalah memberikan kesan yang mendalam kepada para tamu.

5. Tentukan Berapa Tamu Yang Diundang

Jka kamu memiliki buget yang pas-pasan, ada baiknya jika sesuaikan tamu undangan anda dengan buget yang tersedia. Jumlah tamu sendiri bukan menjadi sebuah patokan berkesan atau tidaknya pesta seseorang. Oleh karena itu, mengundang tamu dengan jumlah lebih sedikit perlu untuk dilakukan apalagi jika kita lihat pernikahan orang zaman sekarang sudah banyak orang yang melaksanakan resepsi justru dengan tamu undangan yang sedikit dan bahkan hanya sekedar keluar dan teman dekat saja yang di undang.

6. Jual Barang Berharga Yang Sudah Tidak Terpakai

Ini bisa menjadi solusi terakhir untu anda. Cobalah cari barang berharga kalian yang sudah tidak terpakai dan kemudian kamu jual itung-itung bisa buat nambah uang respsi. Memutuskan untuk menikah bereti kita sudah harus siap mengawali kehidupan dengan orang baru serta melakoni kehidupan baru. Oleh sebab itu nggak ada salahnya jika kamu meninggalkan benda-benda lama , seperti tas , baju, furniture, aksesoris, dan barang lainnya.

Sebenarnya sih yang namanya resepsi itu nggak wajib, dan bahkan jika nggak di lakukannya resepsi, pernikahan juga tetap sah kok! Namun karena gengsilah banyak orang yang berlomba-lomba dalam melakukan resepsi mewah. Akan tetapi beberapa cara yang ada di atas tersebut dapat membantu kamu untuk melakukan resepsi agar tidak terlilit utang. Sebaiknya jika kita menggunkan uangnya untuk menjalankan bahtera rumah tangga di kemudian hari.