Unik, Motor Listrik Ini Terbuat Dari Kayu

Saat ini sepeda motor memang menjadi pilihan favorit banyak orang, selain bentuknya yang kecil membuat sepeda motor menjadi raja jalanan karena dapat menyelip di jalan raya yang macet. Ada enam jenis motor didunia yang bisa kita liat di jalanan, misalnya seperti Road Bike, Cub, Skuter Matic, Cruiser, Offroad dan Sport. Jika Umumnya semua motor menyala dengan menggunakan bantuan mesin dan bensin, namun seiring berjalannya waktu kini motor hadir dengan kecanggihannya, yaitu motor yang menyala dengan menggunakan listrik.

Sepeda motor listrik memang saat ini menjadi primadona dikalangan pelaku industri otomotif. Bahkan sudah tercatat ada beberapa pabrik motor global bahkan telah mengembangkan motor ramah lingkungan ini sebagai kendaraan masa depan. Dan sampai-sampai Polandia membuat motor listrik yang menggunakan bahan kayu. Seperti apa bentukanya, yuk kita lihat penjelasanya.

Apa Itu Motor Listrik?

Motor listrik merupakan sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini digunakan untuk, misalnya, memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dan lain sebagainya. Motor listrik digunakan juga di rumah (mixer, bor listrik, fan atau kipas angin) dan di industri. Motor listrik dalam dunia industri seringkali disebut dengan istilah “kuda kerja” nya industri sebab diperkirakan bahwa motor-motor menggunakan sekitar 70% beban listrik total di industri.

Motor listrik terbagi dua jenis yaitu, jenis yaitu motor listrik DC dan motor listrik AC. Kemudian dari jenis tersebut digolongkan menjadi beberapa klasifikasi lagi sesuai dengan karakteristiknya.

Cara Kerjanya:

  • Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya.
  • Ika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan.
  • Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torque untuk memutar kumparan.
  • Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan.

Avionik Keluarkan Sepeda Motor Listrik

Semakin populernya motor listrik ini, membuat Polandia juga ikut andil untuk mengeluarkan motor listrik yang terbuat dari material kayu. Sepeda motor yang terbuat dari kayu ini dikeluarkan oleh perusahaan Avionik, jika biasanya Avionik adalah perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan. Akan tetapi perusahaan tersebut tengah berinovasi dengan produk baru, yakni sepeda motor listrik bernama V1.

Ide pembuatan motor ini muncul saat dua pendiri perusahaan Jaromir dan Bartek pemuda asal Polandia yang bertemu beberapa tahun lalu. Dengan semangat yang menggebu, keduanya memiliki keinginan untuk merancang sepeda listrik yang sangat mewakili era “tempo dulu” melalui desain yang mereka buat. Motor ini disebut-sebut juga mirip dengan motor Indian V-Twin pertama.

Motor listrik garapan Jaromir dan Bartek ini berdesain unik karena terbuat dari logam dan kayu yang diambil dari pohon Jatoba. Namun jangan harap ada mesin berkubikasi 1.000cc di frame tabung tersebut. Namun yang ada di motor ini hanyalah sebuah kotak kayu Jatoba yang di gunakan untuk menaruh baterai, perangkat kelistrikan, serta alat soket untuk charge. Kotak tersebut dihubungkan dengan roda belakang menggunakan rantai.

Motor listrik ini mampu menghasilkan 5 kilowatt dan torsi maksimum sebesar 125 Nm atau 92 lbft. Dengan tenaga itu, motor ini mampu melaju dengan kecepatan hingga mencapai 58 km/jam. Artinya mampu menyaingi kecepatan motor skuter 50cc.

Adapaun baterai yang digunakan adalah lithium-ion 24 Ah yang bisa bertahan dengan menempuh perjalanan hingga 120 km. Untuk durasi pengisian baterai hingga penuh, pengemudi membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam.  Dari segi pengereman, motor ini menyediakan serangkaian cakram berat yang dipasang di bagian depan dan belakang sepeda listrik tersebut.

Walau di sebut sebagai sepeda kayu, namun sepeda motor yang satu ini tidak 100% terbuat dari kayu. Sepeda motor avionik V1 terbuat dari kombinasi kayu, baja, dan kulit. Baja digunakan untuk membentuk bingkai yang elegan serta memadukan lengkungan pegas di antara pelana kayu dan bagian depan sepeda untuk menambah kenyamanan pengendara. Sementara untuk bagian pelana dan casing lampu terbuat dari kayu. Untuk pegangannya menggunakan kulit lentur berwarna cokelat untuk menjaga kenyamanan saat mencengkram setir. Desainnya juga sangat menonjol dengan pendekatan minimalis yang memanfaatkan bahan baku kayu yang ada.

Memiliki Bentuk Klasik

Sepeda motor ini memang memiliki bentuk yang terkesan klasik. Pasalnya, pencipta Avionik V1 itu sendiri membayangkan bagaimana bentuk dari produk bermotor tersebut jika dirilis seabad yang lalu.  Diperkirakan pada bulan September 2017 nanti perusahaan akan memperkenalkan kendaraan klasik ini untuk 40 hari berturut-turut. Mereka juga akan menawarkan produk ini dengan diskon 40 persen untuk promosi. Namun belum ada informasi yang bisa memastikan berapa harga motor ini sebenarnya.

Gimana kerenkan? Dan untuk kalian para pecinta motor, jangan sampai ketinggalan dengan koleksi motor unik ini ya!