Menguak Fakta di Balik Maneki Neko, Kucing Pembawa Rezeki

Jika kamu sering ketoko-toko milik orang China dan Jepang pasti kamu akan sering menemukan boneka yang satu ini. Boneka kucing yang selalu jadi pajangan di setiap toko ini sering disebut juga sebagai patung pembawa rezeki. Boneka kucing yang selalu mengayun-ayunkan tangannya ini biasanya akan di letakan di meja kasir atau di depan toko.

Karena sering disebut sebagai boneka pembawa rezeki, tak jarang banyak toko, restoran dan bahkan kantor yang juga memasang boneka kucing ini. Dan tak jarang juga ada orang yang memasang namun tidak mengerti apa makna sesungguhnya dari boneka ini. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas tentang Maneki Neko, patung pembawa rezeki.

Sejarah Maneki Neko

Konon katanya pada sekitar abad ke-17, kesengsaraan, kemiskinan dan kelaparan menimpa masyarakat di sekitar kuil Tokyo di Tokyo, Jepang. Pendeta yang memimpin kuil tersebut sangat teramat miskin. Namun di tengah kemiskinannya, pendeta ini sangatlah baik hati. Sesedikit apapun makanan yang ia miliki selalu dibaginya dengan kucing kesayangannya, Tama.

Pada suatu hari, seorang saudagar kaya dan ternama terjebak dalam sebuah hujan badai yang dahsyat ketika ia sedang keluar untuk berburu. Saudagar ini kemudian mencoba berlindung dan berteduh di bawah sebuah pohon kayu besar di dekat kuil Tokyo. Ketika menunggu badai tersebut reda, sang saudagar menyadari ada seekor kucing melambai padanya untuk masuk ke gerbang kuil.

Kejadian ini sangat aneh dan mengundang saudagar itu untuk menuju gerbang kuil dan melihat lebih dekat kucing yang melambai padanya. Tepat saat ia meninggalkan pohon tempatnya berteduh, sebuah kilat menyambar pohon tersebut hingga roboh.

Akhirnya, saudagar itu bertemu sang pendeta kuil Tokyo dan memberikan sebagian hartanya kepada pendeta dan kuilnya. Sejak saat itu pendeta dan kucingnya, Tama, tidak pernah kelaparan lagi. Ketika Tama meninggal, ia dikuburkan di kuil tempat pemakaman khusus kucing Goutokuji dengan penuh rasa hormat dan kasih. Mulai saat itu, Maneki Neko (kucing yang melambai) dibuat untuk mengenang Tama.

Rupanya Maneki Neko dianggap membawa keberuntungan bagi yang memercayainya. Ia biasanya diletakan di depan pintu masuk rumah, toko atau restauran dekat kasir dan tempat strategis lainnya. Bahkan beberapa warna berbeda dari maneki neko dianggap membawa peruntungan yang berbeda-beda. Warna merah marun misalnya dipakai untuk peruntungan dalam hal cinta, putih untuk keberuntungan yang bersifat umum, warna keemasan berkaitan dengan kesejahteraan atau kekayaan dan hitam untuk kesehatan.

Bagi yang percaya, maneki neko seperti asesoris wajib pembawa hoki atau elemen pelengkap feng shui. Sedangkan bagi yang menganggap biasa saja, maneki neko adalah sebuah boneka lucu nan imut yang bisa mempercantik ruangan. Jadi jelas kan, kenapa bukan gajah, kuda atau ayam? Kucing lebih imut..hehee.. lihat aja Hello Kitty atau Garfield.

Asal Mula Nama Maneki Neko

Kucing ini disebut sebagai kucing pembawa rezeki dan nama Maneki Neko sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti “kucing pengundang” hal ini juga berhubungan dengan gerakan tangan kucing yang mengayun-ayun layaknya seperti orang yang memanggil untuk orang datang. Bagi para pedagang makin banyak yang datang maka makin banyak pula rezeki yang datang.

Arti Dibalik Lambaian Tangan Kucing

Sebenarnya ada makna tertentu dibalik lambaian tangan kucing lho. Jika tangan yang melambai itu adalah sebelah kiri, artinya adalah untuk menarik pelanggan. Sedangkan jika tangan kanan yang melambai, artinya adalah untuk mendatangkan keberuntungan dan uang. Tapi pernahkah kita melihat justru kedua tangan kucing yang melambai? Walaupun tidak umum, namun dua tangan kucing yang melambai sekaligus berarti untuk perlindungan.

Simbol Dibalik Warna Maneki Neko

Meskipun kita sering melihat Maneki Neko dengan warna putih dengan bintik oranye dan hitam, ada beberapa variasi warna pada Maneki Neko yang memiliki arti khusus lho catlovers:

  • Calico (tiga warna) : adalah warna tradisional yang dianggap memiliki keberuntungan paling besar.
  • Putih : berarti adalah kebahagiaan, kemurnian dan hal positif lainnya akan datang
  • Emas : berarti adalah kekayaan dan kemakmuran
  • Hitam : berarti untuk mengusir roh jahat
  • Merah : berarti untuk sukses dalam cinta dan hubungan
  • Hijau : berarti adalah agar mendapatkan kesehatan

Nah sekarang sudah tahukan fakta-fakta mengenai kucing pembawa rezeki ini, walaupun kucing ini disebut dapat mendatangkan rezeki, namun kita tetap harus percaya dengan Tuhan ya guys. Bukan berarti dengan adanya boneka kucing ini kita jadi lupa berdoa sama Tuhan untuk minta rezeki, so kita harus tetap percaya dan yakin dengan doa karna kucing ini hanyalah sebuah simbol saja.