Pulau Socotra, Pulau Penuh Misteri Tempat Dajjal Dikurung

Pernah nonton film Alice in Wonderland? Jika kalian pernah nonton film tersebut tentunya kalian masih ingat dong ceritanya yang masuk ke dunia fantasi yang indah? Mungkin lebih dari sekedar sebuah film ternyata dunia fantasi yang ada di cerita Alice in Wonderland tak hanya ada di film lho guys.

Socotra Island, suatu pulau di Samudera Hindia yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Natural Heritage Site pada tahun 2008 karena keunikan alamnya. Saking uniknya, jika kita berada di pulau itu seperti kita sedang berada di planet lain! Kayak apa sih Socotra Island?

Socotra Island, nama pulau ini memang jarang di dengar, karena pulau ini sangat terisolasi. Wajar sih, pulau ini memang misterius. Ada banyak sekali keanehan dan keajaiban yang muncul di pulau ini. Pulau Socotra, terletak di sebelah Selatan Jazirah Arab dan Timur Afrika. Kalau kamu datang ke sana, pasti serasa sedang berada di planet lain. Selain flora dan faunanya yang aneh, bentang alamnya juga terasa asing. Apalagi berita tentang pulau ini yang begitu misterius dan tak didatangi turis. Ada apa gerangan? Kenapa pula orang menyebutnya Pulau Alien dan pulau neraka?

Dari pada kamu makin penasaran dengan pulau Socotra yang penuh misteri ini, kuyy baca terus kebawah:

Memang pulau yang satu ini sangat terisolasi dan bahkan tak terjamah oleh manusia. Bagaimana tidak, lokasi Pulau ini sangat terpencil. Pulau Socotra berada 380 km di Selatan Semenanjung Arab dan 240 km sebelah timur ujung tanduk Afrika. Melihat lokasinya yang seperti ini, wajar kalau pulau ini disebut sebagai pulau misterius.

Padahal, yang harus diketahui ialah, Pulau Socotra ternyata menyimpan banyak keindahan alam hingga kekayaan flora dan faunanya yang langka. Pulau ini juga memiliki penduduk dan jumlah penduduk Socotra sekitar 4o.000 orang. Ada berbagai keunikan yang bisa kita temukan di pulau ini. Socotra pun telah dicalonkan sebagai one of the new seven wonders of the word. Kini Socotra telah dilindungi oleh UNESCO.

Memiliki Flora Dan Fauna Yang Langkah

Socotra Island mendapatkan julukan sebagai pulau alien sebenarnya masuk akal juga sih. Pasalnya, di pulau itu banyak terdapat tumbuhan dan hewan endemik (alias hanya ada dan dapat ditemukan di pulau itu saja). Total spesies yang hidup disana sekitar 800 spesies dan 300 di antaranya spesies yang cuma bisa ditemukan di Socotra saja. Nggak sekedar langka sih, kita juga bisa melihat dari bentuknya yang sudah jelas terlihat berbeda, Benar-benar kayak dari dunia lain:

Sebut saja Pohon Darah Naga, pohon ini memiliki bentuk seperti payung dengan wujud yang cukup aneh dan mengerikan. Pohon ini menjadi salah satu ikon di Pulau Socotra. Tak hanya bentuknya saja yang aneh ternyata getah yang dimiliki pohon ini juga lain dari pohon pada umumnya, getahnya pun berwarna merah seperti darah. Selain dijadikan bahan ritual adat, getah pohon ini juga dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit loh! Ngeri juga ya…

Dari 800 tumbuh-tumbuhan, 293 diantaranya merupakan flora endemik karena tumbuhan tersebut hanya dapat ditemukan di pulau Socotra. Ada pula beberapa tumbuhan yang terancam punah tapi hidup di pulau ini. Hal ini mungkin diakibatkan masih terjaganya pulau ini dari dunia luar. Wujud pulau ini nyaris tidak berubah sejak ribuan tahun lalu. Tak hanya floranya saja yang langkah, faunanya pun juga langkah serti yang satu ini:

Jenis-jenis hewan yang dapat kita lihat di pulau ini bisa mulai dari spesies burung, kepiting, hingga laba-laba yang langka. Pulau ini juga memiliki beragam fauna endemik. Terdiri dari 90 persen jenis reptil, 192 spesies burung, 44 jenis burung diantaranya bertelur di pulau ini. Berdasarkan penelitian para ilmuwan, ada 22 titik area burung yang sangat langkah di pulau ini.

Keunikan hayati yang ada di lautnya meliputi 95 persen jenis siput yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain itu di laut Socotra juga hidup 730 jenis ikan, 253 jenis terumbu karang serta 300 jenis kepiting, udang dan lobster. Ternyata pulau yang terisolasi ini kaya akan sumber daya alam ya guys…

Terisolasi Dari Afrika Sejak 7 Juta Tahun Yang Lalu

Pulau ini memang termasuk ke dalam teritori Yaman, Pulau Socotra terletak 340 km dari daratan utama negara tersebut. Saking jauhnya dan sulit dicapai oleh para pelaut, pulau Socotra menjadi terisolasi secara geografis. Bahkan untuk penduduk Yaman sendiri, pulau inidianggap asing.

Bentuk flora-fauna di Socotra yang anti mainstream karena diakibatkan oleh daratan pulau ini yang udah lama banget terpisah dari daratan Afrika. Menurut informasi, kerak Bumi itu terus bergeser jadi dapat membentuk daratan dan benua yang ada sekarang ini terus menerus berubah seiring berjalannya waktu.

Sekitar 6-7 juta tahun yang lalu, daratan Pulau Socotra bergeser memisahkan diri dari benua Afrika. Dalam kurun waktu 7 juta tahun itu, flora dan fauna di sana terisolasi dan berevolusi tanpa pengaruh varietas dari dunia luar.

Minim Pembangunan, Walau Ditempati Manusia

Memang bentuk alamnya yang terkesan seperti dunia imajinasi, akan tetapi Pulau Socotra ternyata udah ditempati manusia. Pulau itu ditempati sekitar 44.000 jiwa penduduk yang menggunakan Bahasa Soqotri. Jika ingin berlibur di sana, kalian jangan pernah berharap bisa dapat hotel kualitas bintang lima ya. Soalnya, Socotra cuma punya satu jalan utama dan bandara saja baru dibangun pada tahun 1999.

Tempat Dajjal Di Kurung

Konon juga katanya pulau ini tempat dajjal di kurung lho guys. Berdasarkan Hadits Nabi Muhammad, lokasinya memang secara geografis mirip dengan Pulau Socotra.

Memang dalam ajaran agama Islam, Dajjal akan muncul di hari akhir sebagai tanda kiamat. Dalam suatu hadits menceritakan tentang orang-orang Arab yang terdampar di sebuah pulau di mana mereka bertemu dengan makhluk yang mengaku bernama Dajjal. Pulau tempat mereka terdampar terdapat banyak binatang dan tumbuhan yang aneh-aneh dan lokasinya pun berada di laut Yaman.

Pulau Socotra juga terdapat di laut Yaman, besar kemungkinan pulau inilah yang dimaksud Nabi Muhammad sebagai tempat dikurungnya Dajjal. Ya, kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu kebenarannya sebelum Dajjal benar-benar muncul.

Walaupun banyak misteri yang menyelimuti pulau ini, akan tetapi pesona alam dan keindahannya masih sangat terjaga. Masalah keberadaan dajjal? Hanya waktu yang akan membuktikannya…