Beginilah Tren Fashion Tempo Dulu Vs Sekarang

Bicara soal fashion memang takkan pernah ada habisnya. Setiap tahunnya pasti selalu ada saja tren fashion terbaru yang muncul. Semua itu dipengaruhi oleh modernisasi yang memengaruhi standar cara berpakaian para remaja. Apalagi di masa sekarang, dimana banyak beragam desain pakaian dapat dengan mudah didapatkan semua oleh orang.

Seperti yang kita ketahui, fashion zaman sekarang dengan fashion zaman dahulu sangatlah berbeda. Tiap zaman atau eranya, fashion pasti memiliki ciri khas tertentu. Pada zaman dahulu fashion yang digunakan terlihat sopan dan sederhana. Sangat berbeda sekali dengan fashion zaman sekarang.

Fashion memang selalu berkembang setiap zaman bahkan dunia fashion tidak mudah untuk diprediksi. Tiap generasi, tiap dekade, tiap tahun hingga tiap musim style fashion pasti berubah-ubah. Padahal tren fashion sendiri hanya berputar saja. Jika dilihat dari model dasarnya, desain pakaian sebenarnya tidak banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu, hanya saja masalah modifikasi yang membedakan. Terbukti banyak tren fashion jadul yang kembali bangkit dimasa kini.

Apa Itu Fashion?

Secara khusus dapat dikatakan Fashion adalah gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-harinya ataupun pada saat acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan. Fashion yaitu gaya berbusana yang populer dalam suatu budaya atau sebagai mode. Ada juga yang berpendapat bahwa fashion merupakan gaya berbusana yang menentukan penampilan dari seorang individu. Kata Fashion sendiri berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai mode, model, cara, gaya ataupun kebiasaan.

Fashion tidak haya berkaitan dengan gaya dalam berpakaian saja, akan tetapi berhubungan juga dengan gaya aksesoris, kosmetik, gaya rambut dan lain-lain yang dapat menunjang penampilan seseorang. Fashion itu berkembang seiring berjalannya waktu, seperti contohnya jika fashion di tahun 2000-an tentunya sangat berbeda dengan era yang sebelumnya.

Di era tahun 2000-an atau disebut juga dengan era Milenium para pencinta fashion dibebaskan untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan ke pribadiannya masing-masing. Seperti mencampurkan beberapa mode dari era yang sebelumnya dengan menggunakan sentuhan masa depan. Walaupun pada saat ini berbagai merek fashion terkenal mengeluarkan produk-produk yang sesuai dengan musim maupun perbedaan tema, tapi pada akhirnya keputusan untuk bergaya tergantung pada para pemakai.

Perkembangan Dunia Fashion

Belakangan ini, telah banyak sekali media berita menyajikan beragam informasi menarik seputar dunia fashion di negara kita, Indonesia. Perkembangan dunia fashion yang berkiprah di Indonesia itu sendiri dapat dikatakan mengalami peningkatan di beberapa dekade terakhir. Hal ini didukung oleh berbagai sisi, baik dari sisi designer lokal yang kini semakin potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor ritel yang ikut serta mengalami perkembangan pesat.

Pihak yang memegang peran penting dalam mempengaruhi perkembangan dunia fashion adalah APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia), para pelaku APPMI selain perancang dan pengusaha adapula pihak-pihak yang bergerak dalam fashion retail dan eskpor. Mereka tentunya juga memiliki program tahunan, yakni Fashion Tendance yang diadakan sejak tahun 1993 hingga saat ini masih terus menjadi suatu acara festival tersendiri.

Melalui Fashion Tendance biasanya akan menampilkan sebuah fashion show dimana menampilkan prediksi trend fashion di tahun yang akan datang dengan tujuan untuk memberikan sebuah arahan komprehensif mengenai beberapa konsep rancangan terkini untuk versi APPMI kepada masayarakat yang luas.

Kemajuan teknologi teknologi dan arus informasi membuat masyarakat indonesia lebih terbuka pada pengetahuan global. Sehingga tak dapat dipungkiri bahwa trend mode di Indonesia saat ini dalam perkembangan dunia fashion banyak dipengaruhi oleh budaya barat. Namun untuk hal semacam ini tidak menjadi bahwa para desainer di Indonesia berkecil hati karena mereka didukung oleh pers, stylist, retailer, merchandiser dan fotographer, dimana semuanya bersinergi untuk menyampaikan informasi sesuai bidangnya masing -masing.

Meskipun di dominasi oleh style kebarat-baratan, namun ada kalanya kerjasama mereka kembali memunculkan gaya khas Indonesia kembali ke permukaan. Informasi yang seimbang antara gaya barat dan lokall membuat para consumers Indonesia menjadi lebih cerdas dalam memilih mana yang disukainya dan dirasa suit untuk dirinya.

Jenis fahion yang paling cepat dalam perkembangan dunia fashion yang paling cepat perkembangannya adalah baju karena baju lebih cepat pergantian modelnya dan baju merupakan item yang paling banyak dibeli oleh masyarakat di bandingkan dengan produk lainnya. Peringkat selanjutnya diikuti oleh tas dan sepatu. Setiap orang tentunya memiliki pilihan baju lebih banyak di bandingkan tas dan sepatu.

Perubahan Fashion Dari Masa ke Masa

Pada tahun 50-an, fashion Pria terkenal dengan pakaian yang lebih urban namun tetap modis. Fashion saat itu dipengaruhi oleh lagu-lagu Elvis Presley yang bernuansa Rock n Roll. Fashion celana panjang ketat tapi cutbray dibagian bawah, kaos oblong plus jaket kulit, biasanya kerah bajunya dinaikkan ke atas menutup leher. Untuk aksesoris, kacamata besar berwarna hitam selalu jadi andalan. Pada era ini rambut jambul dan Kerah lebar memang sedang hits sekali.

Nah, kalau untuk fashion Wanita, biasanya poodle skirt atau celana rok lebar menjadi khas,dipadukan dengan kemeja yang dimasukkan. Mode pada tahun 50-an adalah dekade pakaian yang glamour dan feminim. Gaun kamisol juga jadi fashion kebanyakan perempuan pada masa itu, gaun yang dipotong lurus dan cukup ketat tanpa atau dengan ikat pinggang. Mode tahun 50-an yang lain juga gaun tanpa lengan, bahkan ada yang menggunakan kain bludru, Organdies dan chiffon dalam warna putih dan pucat serta warna-warna sorbet manis sering dikenakan baik dalam siang atau malam hari. Mantel pun menjadi style yang terpopuler bersama topi dengan ukuran yang cukup kecil.

Berbanding terbalik dengan tahun 50-an, pada era 60-an wanita bebas mengenakan ok diatas lutut, sepatu boots serta stocking macan tutul. Fashion item yang ditemukan tahun 60-an antara lain rok atau terusan dengan motif-motif polkadot dan geometris, rok dari bahan katun, celana ketat, legging, stocking, terusan dengan bahan wool.

Tahun 60-an untuk Pria merupakan gaya berpakaian paling modis sepanjang zaman. Disebut dengan era The Beatles karena fashion ini diterpengaruhi oleh band legenda tersebut. Rambut nyentrik ala jamur mereka inilah salah satu ciri khas The Beatles. Selain itu kalung manik-manik, celana yang ujungnya mengecil ngatung diatas mata kaki (terkadang model cutbray) juga tidak kalah populer. Kaftan juga dipopulerkan John Lennon pada era ini, Kaftan merupakan jubah longgar sebatas betis.

Sedangkan pada tahun 70-an sangat indetik sekali dengan hippies dan retro. Di era ini fashion bisa diekspresikan sebebas-besanya misalnya mengenakan pakaian yang berwarna cerah dan bercorak serta baju dan celana gombrong alias lebar (celana bell bottom). 70-an memang banyak style fashion yang lebay, rombongan glam rock dan punk rock juga bermunculan pada era ini, rambut mowhak berwarna-warni mulai dari pink, kuning sampai hijau dangdut terang menghiasi kepala para punkers.

Style rock lebih berkiblat kepada band-band hair metal seperti Motley Crue, Poison dan Bon Jovi pada era 80-an. Skinny jeans atau celana panjang berbahan kulit yang ketat yang di mix and match dengan kemeja panjang, ada juga jaket kulit, jaket jeans tangan buntung serta ikat pinggang penuh paku. Ikat kepala dan kacamata Ray-Ban juga menjadi hits. Untuk Wanita, yang menjadi tren adalah shoulder pads, rok mini, leg warmers, anting besar sebesar hiasan pohon natal, fingerless gloves, celana parasut, celana senam dan baju kebesaran.

Berbeda dengan fashion tahun 70 dan 80-an, pada tahun 90-an fashion dikenal dengan sebutan Grunge. Fashionnya lebih terkenal urakan, paduan kaos, kemeja kotak (flanel) dan tentu saja jeans belel. Ada juga style ala anak metal seangkatan Metalicca, Megadeth, Sepultura dan lain-lain yang suka pakai baju hitam-hitam. Oneesan masih ingat dengan celana berlambang kepala alien yang sempat jadi kostum wajib tahun 90an? Makin keren jika dipadukan dengan kaos gombrong ala hip hop atau dengan kemeja yang diikat dipinggang.

Nah, di tahun 2000-an (masa kini), gaya berpakaian masih terpengaruh gaya 1990-an, gaya hip hop dengan celana gombrong, jaket denim, bandana, trucker hat, semua itu muncul ditahun 2000-an awal. Pertengahan tahun 2000-an juga diwarnai dengan gaya busana emo yang serba gothic, hitam eye shadow hitam dengan ciri khas rambut kesamping hingga hampir menutupi mata dan juga mode rambut poni jadi tren saat itu. Skinny jeans pada 2005-2006 mulai terkenal dan banyak dipakai orang. Seperti ala grup band The Changcuters. Model jeans ketat sampai terlihat bentuk kakinya. Sebenarnya celana ini sudah pernah jadi tren di era 80-an yang sering dipakai band-band rock.e

Ada lagi nih yang lagi tren, high waist ini bisa celana maupun rok. Di pertengahan 2008 sampai sekarang, banyak cewek yang suka memadukan bawahan high waist dengan kaos besar atau kemeja. Yang sering terlihat adalah celana pendek high waist dengan kemeja putih longgar.

Jenis Fashion Tempo Dulu Yang Sekarang Digandrungi Lagi

Ternyata tren pakaian saat ini merupakan perputaran dari hasil tren yang sudah digandrungi oleh para wanita zaman dahulu. Hal ini tersebut bisa dilihat dari karya desainer dunia maupun Indonesia yang mengadaptasi gaya-gaya tempo dulu.

Nah, berikut ini fashion tempo dulu yang menjadi tren masa kini dan banyak digandrungi para wanita, pecinta fashion.

Kemeja Bermotif

Untuk kalian yang menyukai penampilan kasual dan tidak terlalu feminim, kemeja berbahan flanel dengan motif Kotak-kotak wajib masuk kedalam pakaian koleksimu. Salah satu pakaian yang ngehits pada tahun 90-an ini bisa dengan mudah kamu kombinasikan dengan pakaian lain seperti kaos dan celana jeans. Selain dapat digunakan sebagai dobelan, kemeja flanel juga sering digunakan menjadi pelengkap fashion dengan diikatkan pada bagian pinggang.

Baju Kodok

Ini merupakan pakaian atas bawah yang menyatu. Pada masa 90-an, pakaian ini biasanya terbuat dari bahan denim dan banyak dipakai oleh para remaja wanita pada zaman tersebut. Namun seiring perjalanan fashion, baju kodok ini banyak diproduksi lagi dengan berbagai model.

Ada yang berbentuk celana dan ada pula yang berbentuk rok. Pengguna pakaian kodok ini pun tidak dibatasi usia, bukan para remaja saja yang menggunakan pakaian tersebut tetapi semua usia. Kesan baju kodok yang menarik membuat konsumen yang menggunakanya terlihat tampil muda dan menarik.

Rok Berbentuk Huruf A

Rok dengan bentuk menyerupai huruf A yang melebar ke bawah menjadi salah satu gaya fashion pada saat ini. Desain yang klasik dan feminin membuat para wanita tidak ragu untuk menambahkan rok tersebut kedalam daftar pakaian sehari-harinya.

High Waisted

Celana atau rok yang tingginya diatas pinggul atau pas dibagian perut, tidak asing lagi bagi kalian yang datang dari generasi 90-an. Nah, bagi kamu yang masih mempunyai koleksi celana ataupun rok high waisted lama, namun kondisinya masih baik dan masih tersimpan rapi dilemarimu, kalian bisa mengeluarkanya dan memakainya kembali.

Takut terlihat sangat jadul? Tenang saja, kalian tidak perlu khawatir karena celana dan rok dengan model ini menjadi trend masa kini. Agar telihat lebih modern kalian bisa mambawanya ketukang jahit untuk menyobek bantuknya. Dijamin kalian akan merasa nyaman dan lebih menarik dengan memakai celana high waisted ini.

Sepatu Platform

Sol yang tebal dan sedikit berhak menjadi ciri khas dari sepatu paltform tersebut. Nah, bagi kalian yang ingin terlihat tinggi namum tak mau memakai high heels berjam-jam, sepatu ini bisa dijadikan altenatif karena sepatu ini berbentuk rata, namun tebal dapat menahan keseimbangan tubuhmu tanpa merasakan lelah. Dan pastinya akan membuatmu terlihat lebih tinggi.

Perbedaan Fashion Cewek Cowok Dulu dan Sekarang

Tren fashion memang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Begitu juga dengan gaya fashion cowok cewek di Indonesia yang terus mengalami evolusi tampilan, dari longgar sampai yang ketat, dari bling-bling sampai yang simple. Apalagi khususnya cewek, bisa dibilang cewek dan fashion merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan. Berbeda dengan kaum cowok yang cenderung mempunyai gaya fashion lebih simpel, cewek hadir dengan gaya fashion yang lebih beragam.

Nah, pasti penasarankan bagaimana gaya fashion mereka dari dulu hingga sampai sekarang? Kira-kira berapa banyak mode yang sudah berubah-ubah ya?

Celana Cutbray

Celana bermodel lebar yang satu ini bisa dibilang mendominasi gaya fashion era 60 hingga 70-an. Celana ini menjadi salah satu outfit andalan generasi ayah dan om pada zaman dulu. Gaya fashion celana cutbray pemuda zaman dulu ini sendiri disebutkan kurang lebih karena dipengaruhi oleh kepopuleran musik rock’n roll di Indonesia, di mana akhirnya menjadikan para cowok di Indonesia tidak mau kalah bergaya rock’n roll seperti cowok-cowok muda di Barat sana. Setelan kemeja bermotif super ketat yang dipadakan dengan celana cutbray baik itu yang berbahan denim, katun, ataupun corduroy jadi gaya fashion cowok yang identik di masa itu.

Gaya fashion celana cutbray yang muncul di era 60-70-an, nyatanya tidak hanya berlaku untuk kaum cowok loh. Disebutkan lebih lanjut bahwa celana cutbray dengan bentuk yang melebar di bawah lutut hingga ujung kaki ini adalah gaya fashion hits cewek-cewek sampai di era 90-an.

Jaket Jeans

Jaket jeans atau denim jacket disebutkan sebagai salah satu item fashion paling wajib untuk dikenakan cewek-cewek zaman dulu. Cukup dipadukan dengan T-shirt polos, cewek-cewek zaman dulu sudah merasa keren dengan outfit satu ini untuk dipakai saat nongkrong atau sekedar berjalan-jalan.

Outfit Colorful

Ingat tampilan dari grup band Clubeighties atau juga dikenal Club 80’s yang terdiri dari Desta, Vincent, Lembu, Yton, dan Cliffton? Nah, gaya fashion yang diusung oleh kelima musisi tersebut adalah salah satu gaya fashion hits cowok di era 80’an. Celana bahan parasut, T-shirt warna-warni, kaus kaki tebal berwarna ngejreng seperti oranye, hijau, kuning, merah dan lainnya, lalu ditambah dengan pemakaian celana legging dan ikat kepala jadi trademark gaya fashion cowok di masa ini. Di mana gaya fashion ini sendiri dipengaruhi oleh mulai tenarnya aliran musik pop, R&B, dance, disco dan aliran new wave yang diusung oleh grup band Duran Duran.

Korean Style

Ketenaran akan fenomena Hallyu Wave di Indonesia secara langsung ikut mempengaruhi gaya fashion cewek-cewek Indonesia zaman sekarang. Kunci dalam bergaya ala Korean style ini adalah terlihat modis walaupun hanya mengenakan outfit-outfit simpel. Misalnya dengan memadukan stripped pants panjang warna gelap dengan atasan model lengan panjang warna netral yang disempurnakan dengan pemakaian sepatu sneakers dan tote bag berbahan kanvas.

Junkies

Penampilan trio Warkop DKI yakni Dono, Kasino dan Indro dengan setelan kemeja, kaus polo berukuran junkies yang dipadankan dengan celana baggy (kebalikan dari celana cutbray) yang biasanya terbuat dari denim adalah tampilan gaya fashion cowok di era 80 hingga 90’an. Disebutkan pula kalau untuk aksesoris tambahan, cowok di zaman ini banyak yang mengenakan jaket kulit.

Baju Berbahu Lebar

Tren baju yang pernah menjadi sangat hits tahun 1980-an ini kembali lagi pada masa sekarang. Baju berbahu lebar alias the bold shoulder ini memang lebih terkenal di kalangan para cowok Eropa. Baju berbahu lebar yang menggambarkan kejantanan cowok  ini kabarnya akan dipadukan dengan warna halus yang membuatnya terlihat lebih lembut dan sensitif.

Modest Wear

Gaya berbusana modest wear, bisa dibilang jadi gaya fashion cewek zaman sekarang, mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, di mana sekarang wanita yang berhijab namun tetap stylish pun semakin mudah ditemui di mana-mana. Namun sayangnya, gaya berbusana satu ini kerap salah kaprah karena kerap dianggap hanya diperuntukkan untuk wanita berhijab.

Namun, sejatinya modest wear adalah tampilan gaya berbusana yang santun yang bisa dikenakan oleh setiap cewek, walaupun tidak mengenakan hijab sekalipun. Contohnya dengan pemakaian padu-padan celana palazzo, outerwear, kemeja lengan panjang, midi skirt, dengan permainan warna-warna seperti salmon pink, putih, kuning pastel, mustard, red wine, navy blue dan green olive.

High Water Pants

Celana panjang yang menutupi mata kaki sudah mulai meninggalkan era kejayaannya. Buktinya sekarang banyak cowok yang menggunakan celana potongan ¾. Celana model high water pants ini pertama kali diperkenalkan ke dunia fashion pada tahun 2004 lalu. Setelah itu, munculah tren baru celana skinny jeans yang mendominasi dunia fashion. Hal ini menyebabkan celana fashion item pria mulai tergeser sehingga akhirnya sama sekali menghilang. Tren ini mulai muncul kembali setelah Vogue Paris meluncurkan koleksi musim panasnya di mana banyak sekali celana pendek bahan yang dipamerkan.

Oke guys, sekianlah ulasan mengenai tren fashion tempo dulu hingga sekarang. Semoaga informasi diatas dapat membantu memberikan tampilan fashion yang lebih menarik lagi buat semuanya ya.