Yummy, Inilah Makanan Khas Aceh Yang Wajib Kamu Cobain

Hellaww foodies, kali ini mimin mau bahas soal makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Aceh. Pasti udah gak asing lagi dong dengan kota ini, kota yang juga sering disebut dengan serambi mekah ini ternyata menyimpan banyak kuliner yang menjadi khasnya. Nah, kalo kalian datang ke kota ini, kurang lengkap rasanya kalau tidak melakukan wisata kuliner.

Siapa yang tak kenal mie Aceh, makanan yang satu ini sangat populer di seluruh Indonesia dan tak hanya mie Aceh saja yang menjadi ciri khas Aceh, martabak Aceh juga biasanya disukai oleh banyak orang lho foodies.

Jalan-jalan ke Aceh, negeri di ujung Sumatera ini kurang lengkap rasanya tanpa melakukan wisata kuliner. Kuliner Aceh memang terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Mie Aceh adalah hidangan yang dijajakan di berbagai tempat di ibukota Jakarta. Tak hanya itu, martabak Aceh juga biasanya menjadi favorit orang banyak.

Nah, berikut ini mimin akan memberikan beberapa rekomendasi makanan yang wajib untuk kalian cobain.

Ayam Tangkap


Tak lengkap rasanya kalau ke Aceh kalau belum nyobain makanan yang satu ini, yaitu ayam tangkap. Ayam tangkap adalah jenis ayam kampung yang digoreng kering dengan menggunakan bumbu garam dan kunyit, juga digoreng dengan jeruk nipis, daun temurui, serai, daun jeruk purut dan daun pandan. Ayam tangkap ternyata emang paling pas di santap dengan sambal kecap.

Nah, jika kalian datang ke Aceh, kalian bisa coba kunjungi Ayam Pramugari atau Rumah Makan Aditya Jaya di Banda Aceh. Letaknya sejalan dengan arah ke bandara, jadi bisa mampir begitu mendarat di Aceh.

Mie Aceh


Siapa yang gak tau dengan makanan yang satu ini, makanan ini sudah menjadi favorit semua orang. Tak hanya di Aceh saja, makanan ini juga populer di seluruh Indonesia juga. Mie Aceh terkenal kaya bumbu dan rempah dengan kuah kental yang menggugah selera. Mie Aceh memiliki beragam pilihan sesuai dengan topping yang diinginkan, misalnya kepiting, udang, cumi-cumi dan daging sapi.

Warung Mie Aceh yang bisa kamu datangi kalo lagi di Aceh adalah Mie Aceh Bardi yang berada di Jalan Danubroto, Banda Aceh. Mie disini sangat terkenal lezat, jangan lupa juga fodies buat mesan es timun serut yang merupakan minuman khas Aceh juga yang tersedia di semua kedai atau rumah makan di sana.

Gulai Pliek U


Uniknya makanan yang satu ini karena bahan utama untuk membuatnya adalah kelapa parut yang udah di fermentasi sekitar dua hari. Lalu kemudian dimasak dengan beragam rempah-rempah dan kemudian gulai yang berwarna kuning ini ditambah dengan beragam sayur, seperti nangka, labu siam, daun melinjo, melinjo dan kacang panjang. Wihh kebanyang dong lezatnyaa

Yang lebih uniknya lagi, di beberapa rumah makan Aceh, Gulai Pliek U ditambah dengan chu atau siput sungai dan dijamin enak banget. Gulai ini dapat membuat santap siangmu jadi semakin nikmat. Foodies kalian bisa mencicipi gulai ini di Rumah Makan Kaki Kulu di daerah Seungko Mulat, Lhoong, Kabupaten Aceh Besar.

Martabak Telur


Bisa dibilang martabak yang ada di Aceh ini memang hampir sama dengan yang ada di Padang, martabak telur di Aceh terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan irisan daun bawang dan berbagai sayur. Biasanya martabak ini disajikan dengan acar bawang merah dan cabai rawit. Kedai martabak ini lebih mudah kalian temui karena ia ada di sepanjang jalan kota Banda Aceh.

Sanger


Nah, ini yang terakhir dan yang wajib banget kalian cobain foodies. Sanger adalah minuman kopi susu khas Aceh yang terbuat dari kopi yang disaring, susu kental manis dan gula. Sanger juga sangat nikmat karena dibuat dengan teknik seperti kopi tarik. Rata-rata warung kopi yang ada disana semuanya menyediakan sanger, jadi kalian gak perlu khawatir untuk mencari minuman yang satu ini.

Jadi kamu mesti coba dan biasanya kopi yang digunakan untuk membuat sanger ini adalah kopi yang berjenis robusta atau yang mereka sebut dengan kopi kampung. Tapi tak jarang ada juga kedai yang menggunakan kopi arabika. Untuk mencobanya kamu bisa mengunjungi Solong Coffee untuk menjajal kopi susu khas Aceh ini.

Yummy.. bikin laper ya foodies. Nah, buat kalian yang ingin berkunjung atau sudah berada di Aceh jangan lupa ya buat nyobain makan lezat khas Aceh ini 🙂