Jual “Indomie Rebus”, Pria Nigeria Ini Untung Jutaan Rupiah

Mie adalah makanan berbentuk adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan dan dimasak dalam air mendidih. Mie diperkirakan telah ada sejak 4000 tahun yang lalu. Mie juga merupakan salah satu makanan yang sangat populer di dunia saat ini, khususnya di kawasan Asia. Kemasan yang praktis dan cara masak yang sederhana membuat mie dapat diolah dengan cara apapun, seperti: digoreng, direbus, dibuat menjadi makanan ringan dan dibuat menjadi makanan pokok.

Selain praktis dan mudah diolah, mie juga memiliki rasa yang enak. Tak jarang jika banyak orang suka mengkonsumsi mie dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, mengkonsumsi mie instan secara berlebihan ternyata juga tidak baik untuk kesehatan. Jadi jika anda adalah penyuka mie, sebaiknya anda mengontrol atau mengurangi pengonsumsian mie instan yang terlalu banyak.

Asal-Usul Mie

Berbicara tentang asal usul mie, banyak yang mengatakan bahwa mie yang ada sekarang ini berasal dari China. Akan tetapi, beberapa diantaranya mengatakan bahwa mie berasal dari Italia. Banyaknya asumsi-asumsi tersebut, membuat asal usul mie masih menjadi sebuah perdebatan di dunia. Sebuah catatan tua menunjukkan bahwa mie pertama kali dibuat saat zaman Dinasti Han di China pada tahun 25-200. Kemudian pada tahun 2005, ditemukan mie tertua yang berumur 4000 tahun di daratan China.

Beranjak dari asal usul mie yang masih menjadi perdebatan tersebut, sebuah berita unik yang berhubungan dengan mie ini beberapa waktu lalu menjadi viral di Indonesia. Salah satu produk mie yang diproduksi di Indonesia menjadi bahan perbincangan di salah satu negara di dunia. Produk mie tersebut bernama Indomie. Produk Indomie ini, pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Di Indonesia, produk Indomie ini merupakan produk mie yang paling terkenal dan paling banyak dicari .

Apa itu produk Indomie?

Masih ingat dengan potongan lagu mars indomie “Indomie Seleraku, Indomie dari dan bagi Indonesia”? Nah, lagu itu cukup menjadi bukti kuat, bahwa Indomie adalah merek produk mie instan yang sangat terkenal dari Indonesia. Di Indonesia, Indomie diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Produk dari perusahaan milik Sudono Salim ini mulai dibuat pertama kali pada tanggal 9 September 1970 dan mulai dipasarkan ke konsumen pada tahun 1972 oleh PT. Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd., dan pertama kali hadir dengan rasa Ayam dan Udang.

Selain dipasarkan di Indonesia, Indomie juga dipasarkan cukup luas di mancanegara, seperti: di Amerika Serikat, Australia, berbagai negara Asia dan Afrika, serta negara-negara Eropa. Hal ini menjadikan Indomie sebagai salah satu produk Indonesia yang mampu menembus pasar internasional. Di Indonesia sendiri, sebutan “Indomie” sudah umum dijadikan istilah generik yang merujuk kepada mie instan.

Dipasarkan ke mancanegara, ternyata Indomie ini mendapatkan tempat spesial di hati masyarakat mancanegara di beberapa negara. Dan salah satu negara yang sangat menyukai produk Mie Instan dari Indonesia ini adalah negara Nigeria. Beberapa waktu lalu, sebuah berita datang dari seorang pedagang mie Nigeria yang dikabarkan meraup jutaan rupiah setiap harinya dari dagangan mie yang dijualnya. Tidak memiliki toko khusus, pedagang ini memang hanya seorang pedagang kaki lima, tapi untung yang didapatkan setiap hari dari dagangannya tersebut bisa dijajarkan dengan pengusaha lainnya yang memiliki kios khusus.

Pedagang kaki lima di Nigeria ini bernama Aboki. Aboki adalah seorang pedagang kaki lima yang menjual mie yang sangat terkenal di Nigeria saat ini. Jualannya selalu laris dan ramai oleh pembeli. Padahal bisa dibilang kalau jualan mie nya tersebut cukup sederhana dan sama seperti mie-mie pada umumnya. Yang menjadikannya viral di Indonesia adalah, mie yang digunakan oleh Aboki adalah produk mie instan dari Indonesia, yaitu: Indomie.

Indomie ini ternyata menjadi menu andalan yang dijual oleh Aboki, yang diolahnya dengan menambahkan beberapa jenis sayuran, telur, dan bumbu lainnya, sehingga menambah kelezatan mie yang dijualnya tersebut. Meski hanya berjualan mie, tapi keuntungan Aboki ini tidak bisa diremehkan. Anda akan terkejut saat melihat dagangan nya tersebut dipenuhi oleh pembeli yang rela mengantri demi mendapatkan mie yang dijualnya. Dan banyaknya antrian tersebut, akan membuat anda tidak menyangka akan keuntungan yang bisa didapatkan oleh Aboki setiap harinya.

Berikut adalah sebuah Video saat Aboki sedang meracik Indomie dagangannya:

Di dalam video tersebut, Aboki mengatakan bahwa mie jualannya itu diberi nama “Aboki Noodle”. Saat sedang menyajikan indomie tersebut, Aboki terlihat menambahkan beberapa bahan tambahan kedalam masakannya. Bahan-bahan tersebutlah yang kelihatannya menambah citarasa dari Indomie yang dijualnya.

Wah, tidak disangka ternyata produk Indonesia yang satu ini sangat disenangi oleh masyarakat Nigeria. Indonesia tentunya dapat sedikit berbangga hati dengan pencapaian ini. Jika anda sedang berlibur ke Afrika, tidak ada salahnya jika anda mengunjungi tempat ini yang berada di Lagos, ibukota Nigeria, sekedar untuk berjalan-jalan, sambil menikmati Aboki Noodle yang terkenal ini.