Dondurma, Es Krim Unik Khas Turki Yang Buat Kesal

Dingin, manis, lembut dan lumer dimulut. Siapa yang tak kenal dengan dessert yang satu ini. Yapss es krim, dessert yang satu ini dapat memuaskan lidah si penikmatnya dan tak hanya itu saja. Es krim juga memiliki nama yang berbeda-beda di setiap negara, misalnya saja di Italia ada Gelato, akan tetapi jika di amati Perbedaan Gelato dan Es Krim dari Italia ini sangatlah berbeda. Namun tak hanya Itali saja yang memiliki es krim khasnya, negara Turki ternyata juga memiliki es krim khasnya sendiri yang bernama es krim Dondurma.

Nah artikel kali ini bakal ngebahas tentang es krim asal Turki tersebut, berikut adalah pemaparannya:

Es krim Dondurma yang ada di Turki

Istanbul merupakan kota terbesar di Turki yang kalau dieja menurut abjad lokal adalah Turkiye. Walaupun kota ini sekarang tidak lagi menjadi pusat pemerintahan alias ibukota, tetapi kota yang dulunya bernama Konstantinopel ini tetap saja menjadi kota paling menarik sekaligus pusat perdagangan, industri dan tentu saja jalan-jalan alias wisata.

Jika berkunjung ke Istanbul, jangan lupa untuk mencicipi Dondurma, es krim asli Turki yang banyak dijual di pelataran Museum Aya Sofia. Es krim ini unik selain rasanya yang lezat penjual eskirim ini juga melakukan atraksi untuk menghibur para pengunjung, dan rasa es krimnya pun yummy!

Keunikan dari Eskrim Dondurma

Keunikan es krim Truki ini bukan hanya pada warna dan aromanya yang bermacam-macam, tetapi juga pada dekorasi gerai serta penjualnya yang mengenakan kostum tradisional yang khas. Celana panjang hitam, kemeja putih dengan rompi merah bersulamkan benang keemasan. Sebuah kopiah khas Turki berwarna merah juga selalu menghiasi kepala sang penjual.

Di Indonesia Dondurma masuk dengan brand Zahra Turkish Ice Cream. Outlet yang sering diramaikan oleh anak-anak dan orang dewasa ini menawarkan kualitas es krim yang sama lezatnya dengan es krim dari tempat asalnya. Bahan utama susu domba dan resep diatas membuat es krim ini berbeda dengan es krim lain yang sudah terlebih dahulu merambah Jakarta.

Dalam penyajian, es krim bervarian 18 rasa ini mulai dari coklat hingga kiwi dapat disajikan dengan menggunakan cone atau biscuit kerucut.

Uniknya setelah melakukan pemesanan dan membayar jangan dianggap anda bisa dengan segera menikmati es krim tersebut, karena sudah menjadi tradisi pelayan akan melakukan atraksi yang menarik dan lucu terhadap es krim yang anda pesan.

Sang penjual es krim melakukan sedikit atraksi yang sangat menarik dan tak jarang membuat para pengunjung ngakak dibuatnya. karena menggunakan semacam tongkat panjang untuk mengambil es krim dan kemudian diletakkan di ice cream cone berbagai ukuran sesuai pesanan kita. Sang penjual selalu beraksi dengan melakukan sedikit gerakan akrobatik sementara es krim nya seakan-akan bisa menempel di tongkat itu.

Bahan Pembuatan Es krim Dondurma

Es krim Donduram ini terbuat dari campuran susu, gula, salep dan mastic. Dilansir dari WorldFoodist, Salep merupakan tepung yang terbuat dari bunga anggrek di pegunungan, sedangkan mastic dari getah pohon mastic. Inilah yang membuat tekstur es krim tersebut menjai kenyal elastis dan tak mudah cair. Oleh sebab itulah es krim Turki ini menjadi bisa digunakan sejenak untuk main akrobat oleh penjualnya.

Terkadang untuk memberikan rasa lebih kenyal dan lengket, es krim ini dicampurkan kembali dengan bahan guar gum yang mirip dengan tepung salep. Es Krim Dondurma merupakan makanan penutup dari daerhah Kahramanmaras, Turki. Disajikan dengan beragam rasa seperti coklat, stroberi, pistachio dan vanilla.

Jika es krim yang umum dijual memiliki rasa sangat manis, lain halnya dengan Dondurma yang memiliki rasa manis lebih samar, lebih dominan rasa susunya. Es krim ini memiliki empat pilihan rasa yang dapat dikombinasikan dalam satu cone: vanila, stroberi, cokelat, dan satu rasa tambahan yang terus diganti, di antaranya mangga. Di waktu mendatang, direncanakan terdapat 18 pilihan rasa lain, termasuk rasa teh hijau, durian, dan pistachio.

Cara memakan eskrim ini tak perlu di gigit, cukup di jilat saja.

Seiring dengan kepopuleran es krim Turki, saat ini gerai-gerai es krim khas Turki sudah mulai banyak dibuka di seluruh dunia, salah satunya di Jakarta. Kedai es krim Turki Zahra, Anda bisa menemuinya di Jakarta Culinary Festival (JCF) di tahun 2012 Oktober kemarin.

Bertempat di Grand Indonesia Shopping Town West Mall, para penjual es krim asal Turki membuat kagum para pengunjung JCF. Untuk mencicipinya, es krim unik ini bisa dibeli dengan Rp. 35 ribu per conenya. Nggak terlalu mahal juga ya guys

Gimana guys? nggak pingin nyobain?