Bagai Pinang Di Belah Dua, Inilah Perbedaan Gelato Dan Es Krim

Di cuaca panas seperti ini, seringkali bikin kita ngidam dessert yang dingin-dingin. Apalagi kalau bukan ‘ice cream’ atau es krim. Khususnya di bulan ramadhan ini, dessert yang satu ini tentu menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka, karena rasanya yang manis. Sekarang es krim bukan hanya dijual di warung atau gerobak keliling saja, kini sudah banyak tersedia toko eksklusif yang menjual es krim dengan berbagai rasa dan bentuk yang unik-unik.

Mungkin jika kamu sudah melihat trend yang beredar belakangan ini, bukan cuma toko es krim saja lho yang semakin menjamur. Ternyata kini sudah ada juga tren yang tidak kalah populer, yaitu toko-toko ‘gelato‘.

Namun jika kita melihatnya sekilas memang mereka serupa, eskrim dan gelato ibarat pinang di belah dua, bahkan banyak yang tidak tahu kalau keduanya itu beda dan mungkin penjualnyapun juga ada yang nggak tahu bedanya apa. Biasanya kamu cuma tau makan doang, kamu juga harus tau perbedaannya. Artikel kali ini mimin akan ngebahas tentang perbedaan dari es krim dan gelato:

Guido Martinetti, salah satu pemilik kedai gelato mengatakan bahwa gelato adalah desert asli Italia yang dibuat secara home-made dengan bahan-bahan antara lain susu, gula, kuning telur dan air. Akan tetapi, ternyata tidak semua gelato menggunakan komposisi itu. Sekarang banyak pembuat gelato yang tidak menggunakan kuning telur dan susu.

Sedangkan es krim, lanjut Guido, dibuat dari krim atau sejenisnya dan populer di Amerika Serikat. “Es krim memiliki kandungan lemak yang lebih besar ketimbang gelato. Es krim reguler bisa mengandung 12-14% lemak. Sedangkan super premium es krim bisa 16%. Sedangkan gelato semuanya rata-rata di bawah 10%” ujar Guido.

Gelato vs Es Krim

Es Krim

Sama seperti namanya, dessert yang satu ini memiliki rasa krim yang sangat kuat. Bahan dasarnya, selain krim dan kuning telur. Proses pencampuran bahan-bahan ini diaduk secara cepat dan kuat. Pengadukannya menggunakan mesin. Inilah yang membuat banyak gelembung udara masuk ke bahan yang sedang diaduk.

Seporsi es krim dalam proses pengadukannya bisa mengembang 25 hingga 90 persen. Apabila semakin padat sebuah es krim semakin bagus pula kualitasnya. Es krim kualitas premium bisa hanya mengembang sekitar 25 persen. Es krim didinginkan dengan suhu minus 20 hingga minus 12 derajat celcius. Ini yang menyebabkan es krim terasa tajam di lidah para penikmatnya.

Hal ini pula lah yang menyebabkan es krim menjadi lebih tahan lama. Secara rasa, es krim lebih kuat rasa krimnya dan teksturnya juga lebih lembut dan mudah hancur karena tinggi kandungan gelembung udara. Sementara itu kandungan lemak es krim berkisar antara 12-14 persen.

Gelato

Gelato sebenarnya adalah bahasa Italia yang berarti es krim. Kata gelato sendiri berasal dari kata ‘congelati’ yang berarti beku. Meski demikian dalam perjalanannya gelato menjadi jenis tersendiri. Gelato terbuat dari susu, gula, kuning telur dan air. Karena bersifat ‘home made‘, dalam hal bahan baku gelato lebih dinamis.

Seiring perkembanganya ada beberapa juru masak yang menciptakan gelato dengan tambahan kacang. Kemudian beberapa lainnya menghilangkan unsur kuning telur atau susu. GROM sendiri menjual berbagai jenis gelato, ada yang tanpa susu, tanpa kuning telur, atau tanpa kacang. Gelato diaduk dengan kecepatan pelan. Ini membuat teksturnya lebih yang menjadi lebih padat ketimbang es krim. Kemudian dibekukan pada suhu yang lebih panas, sekitar minus 10 derajat celcius. Dengan suhu ini, gelato tak tahan lama dan mudah cair.

Untuk rasa gelato memang tak setajam es krim. Teksturnya juga padat. Rasa susunya lebih terasa. Kandungan lemak pada gelato sangat rendah. Menurut Guido, hingga saat ini belum ada standar baku berapa kisaran lemak yang tepat agar sebuah olahan bisa disebut gelato. Tapi, sejauh ini rata-rata kisaran lemak gelato di bawah 10 persen. Gelato berkualitas tinggi bahkan hanya mengandung 1-3 persen lemak. Bisa nih buat kamu yang takut gendut tapi pingin makan es, nah gelato lah pilihannya.

Bagaimana dengan kadar gula yang ada di dalam keduanya? Nah, kadar gula bervariasi secara liar dalam resep es krim dan gelato, jadi kurang ada perbedaan mencolok di sana.

Jika Anda membuat es krim di rumah, Anda mungkin bertanya-tanya tentang mesin es krim Anda: apakah itu mengaduk kecepatan es krim atau kecepatan gelato? Yang benar adalah, sebagian besar model konsumen di pasar berputar dengan kecepatan yang sama, tidak ada yang secepat mesin komersial yang digunakan untuk membuat es krim ala Amerika. Tapi Anda bisa membuat es krim dan gelato di mesin Anda yang perlu kamu ingat adalah udaralah salah satu perbedaan di antara keduanya.

Itulah bebetapa perbedaan yang terdapat dari gelato dan es krim. Namun, apapun itu namanya yang jelas es krim dan gelato adalah sama-sama dessert yang dapat membuat tenggorakanmu ademm dan sekarang tinggal keputusanmu, mau milih es krim atau gelato sebagai favoritmu. Buat yang takut gendut mimin sarani sih buat milih gelato aja karena rendah lemak. hehe