Tips Membuat Shampo Alami

Banyak orang yang sangat mendambakan rambut indah, sehat dan alami. Hanya dengan mencuci rambut setiap hari tidak cukup membuat rambut menjadi indah dan sehat. Pada kenyataannya, mencuci rambut dengan shampo setiap hari hanya akan membuat rambut menjadi kering dan lebih rentan terhadap kerusakan. Rambut perlu menghasilkan minyak alami untuk menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap lembab. Daripada mencuci rambut setiap hari, sebaiknya cobalah untuk menggunakan Dry shampo.

Mengapa harus dry shampoKarena dry shampo dapat membuat minyak menyerap ke bagian rambut. Ini adalah solusi sempurna jika kalian tidak memiliki waktu untuk mencuci rambut. Dry shampo juga sangat membantu untuk menstyling rambut agar dapat terus tampil bergaya. Hal ini sangat bagus untuk jenis rambut yang sangat halus dan dapat membuat jenis gaya rambut tanpa harus menggunakan hairspray dan gel. Shampo biasa atau dry shampo bekerja dengan cara yang sama tetapi dry shampo lebih mudah untuk digunakan dan praktis untuk kalian yang tidak punya banyak waktu untuk mencuci rambut. Membuatnya juga sangat mudah dan tidak rumit, berikut adalah beberapa caranya.

Bahan:

  • 1 cangkir air hangat
  • 1/4 cangkir tepung garut 
  • 1/4 cangkir witch hazel
  • Minyak atsiri secukupnya
  • Botol semprot

Cara membuatnya:

Tambahkan seperempat cangkir tepung garut ke air hangat.

Aduk sepenuhnya untuk melarutkan tepung garut. Pastikan tidak ada gumpalan.

Tambahkan 1/4 cangkir witch hazel untuk campuran pati garut. Witch hazel bisa membantu membuat rambut menjadi  lebih cepat kering.
Tambahkan beberapa tetes minyak atsiri ke dalam campuran. Minyak atsiri berfungsi untuk menambah aroma. Tuang campuran tersebut ke dalam botol semprot agar muda di aplikasikan.

Cara menggunakan dry shampo

Kocok botol semprot sebelum memakainya. Semprotkan pada akar rambut atau bagian yang berminyak pada rambut. Biarkan rambut kering dan Anda dapat menata rambut seperti biasaAnda juga dapat menggunakan jenis minyak lain dalam pembuatan Dry shampo, Berikut beberapa daftar minyak yang dapat Anda campurkan ke dalam pembuatan Dry shampo. 

1. Minyak Clary Sage 

Minyak clary sage memiliki aroma herbal yang menarik. Minyak ini sangat efektif dalam pertumbuhan rambut. Hal ini terutama berguna dalam mencegah atau membalikkan rambut yang botak.

2. Minyak Thyme 

Minyak thyme diekstrak dari ramuan timus vulgaris yang memiliki bau pedas berkat kandungan thymol yang tinggi. Minyak thyme meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan dapat meremajakan folikel rambut dan mencegah rambut mengalami kerontokan.

 3. Minyak peppermint

Minyak peppermint memiliki efek pendinginan, ketika diterapkan pada kulit, dapat membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan dapat mendorong aliran minyak di kulit kepala sehingga cocok untuk orang yang kulit kepalanya kering.

4. Minyak  Tea Tree

Minyak tea tree diekstrak dari pohon alternifolia Melaleuca, Australia. Minyak ini sering digunakan untuk mengobati masalah kulit kepala dan rambut. Minyak ini dianggap obat nomor satu untuk ketombe dan juga dapat melebabkan kulit kepala serta mengurangi kekeringan dan rasa gatal.

5. Minyak Ylang-Ylang

Ini merupakan salah satu minyak yang sering digunakan untuk wewangian. Minyak ini diperoleh dari bunga kenanga dan pohon odorata yang sangat berguna untuk mencegah kulit kepala  dari kekeringan yang disebabkan oleh produksi sebum yang mengenai kelenjar kulit. 

Sekarang Anda dapat membuat Dry shampo dengan pilihan minyak-minyak tersebut, sesuai dengan masalah rambut yang Anda alami saat ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba guys.