Ternyata Jalan Tol Tersepi di Dunia Ada di Negara Ini Lho

Tentunya kita pasti pernah menggunakan jalan tol, jalan yang selalu menjadi alternatif dikala jalan utama sedang macat, namun bukan berarti jalan tol nggak pernah terkena macet ya guys!

Nggak cuma di negara maju saja jalan tol bisa terkena kemacetan, bahkan di negara-negara berkembang sekalipun, jalan tol pernah mengalami kemacatan, selain itu juga tak jarang jalan tol sering menjadi tempat mematikan bagi para pengendara.

Namun tahu kah kalian, bahwa jalan tol yang kerap dipenuhi para pengendara, ternyata ada satu jalan tol yang paling sepi di dunia. Dari pada penasaran yuk kita simak sama-sama:

Sejarah Jalan Tol

Berdasarkan catatan sejarah yang diperoleh para ahli arkeolog. Ternyata jalan tol itu sudah ada sekitar 2.700 tahun sebelum masehi. Jaman kerajaan Babilonia. Nah, ada jalan yang menghubungkan daerah Susa ke ibukota Babilonia. Pada pemerintahan Ashurbhanipal, setiap pejalan yang melalui jalan Susa – Babilonia maka wajib membayar tol.

Perkembangan jaman membuat ada jalan lain yang dikenakan tarif tol. Tercatat dalam sejarah bahwa abad ke 7 sebelum masehi jalur Aristotle ke Pliny atau jalan menuju ke jazirah Arab dikenakan tarif tol bagi pengguna jalan tersebut. India merupakan negara Asia pertama yang menerapkan tarif tol bagi pengguna jalan. Hal ini tercatat dalam buku Arthasastra.

  • Tol Sungai

Pada abad pertengahan ternyata lalu lintas sungai pun bisa dikenakan tarif tol. Istana Loevestein dari negara Belanda yang pertama kali menetapkan tarif tol untuk lalu lintas sungai. Sungai dikawasan itu merupakan urat nadi perekonomian bagi daerah Belanda.

Tarif tol yang diterapkan oleh beberapa negara di Eropa sebenarnya mulai digunakan untuk pembangunan jalan, perawatan jalan serta sumber pajak tapi bukan untuk kepentingan negara. Kepentingan pribadi bagi penguasa setempat.

Jalan tol jaman dulu ternyata sudah mempunyai aturan pembatasan. Pembatasannya adalah beban yang dibawa oleh kereta kuda jika bebannya berlebih maka tidak boleh melalui jalan tersebut. Harus memutar lewat jalan lain. Akibat lain dari dikenakannya tarif tol adalah harga bahan-bahan makanan jadi lebih mahal.

  • Inggris

Abad ke 17 negara Inggris adalah negara pertama yang mengelola jalan tol secara modern. Turnpike Trust merupakan kebijakan tarif tol yang akan digunakan untuk pembangunan jalan yang menghubungkan Inggris ke Wales. Proses pembangunan jalan ini semakin terus berkembang hingga ke awal abad ke 18. Inggris membangunan jalan tol sejauh 30.000 mil atau 48.000 kilometer dengan 8.000 pintu tol. Keuntungan dari tarif tol ini digunakan untuk membangun jalan tol dan perawatan jalan.

Dari sejara jalan tol tadi, tapi pernahkah anda melihat jalan tol paling sepi di dunia? Jika tidak, mungkin ini menjadi satu-satunya jalan tol yang sangat lebar namun sepi sekali dengan pengendara. Kira-kira dimana kah jalan tol ini dan seperti apa fasilitas yang ada di sana?

Jalan tol tersepi di dunia ini ternyata terdapat di Korea Utara, negara yang sangat tertutup dengan kedatangan turis asing ini memiliki jalan tol yang dibangun dengan beton yang kokoh, namun sangat sedikit sekali pengendara yang melintasinya. Dan jalan tol ini menghubungkan beberapa kota yang cukup ramai.

Jalan tol di sini dibangun sangat lebar, bahkan sangking kosongnya jalan tol ini, banyak orang yang mengatakan bahwa pesawat terbang pun bisa mendarat di sana tanpa perlu khawatir ada kendaraan yang melintas.

Mungkin umumnya jalan tol bisanya digunakan sebagai jalur alternatif ketika jalan raya macet, namu berbeda dengan jalan tol di Korea Utara ini justru kebanyakan digunakan untuk kehidupan sehari-hari, seperti digunakan petani membawa barang dagangan, makanan, atau bahkan bahan bakar seperti ranting pohon dengan menggunakan roda kayu sederhana.

Mungkin jika di banyak negara bahwa ketika kita masuk dan melawati jalan tol maka akan menemukan gerbang tol, tetapi berbeda dengan jalan tol di Korea yang tidak memiliki gerbang tol, namun bukan berarti kalian akan bebas memasuki atau keluar dari Pyongyang tanpa pemeriksaan. Akan ada tentara yang berjaga-jaga dan memeriksa setiap kendaraan yang lewat di sini, untuk menghindari orang yang akan kabur dari Korea Utara.

Sangking Sepinya Bisa jadi tempat Bermain Anak-Anak

Bahkan di jalan tol ini, anak-anak bisa dengan bebas bermain dengan ternaknya di jalan tol tanpa perlu khawatir akan tertabrak. Namun kalian yang melintasi tol sepi ini, jangan pernah berharap untuk menemukan rest area dengan fasilitas mumpuni atau penjual oleh-oleh yang banyak. Akan tetapi di sini juga ada kok yang menjual barang dagangan mereka di pinggir jalan tol. Meskipun barang yang dijual sangat terbatas, baik makanan atau minuman.

Memang benar-benar negara yang misterius ya, bahkan di setiap perbatasan, akan ada pilar-pilar beton yang setiap saat bisa diledakkan, agar invasi dari musuh tidak bisa memasuki negara komunis ini.

Tuh sekarang sudah tahukan jalan tol tersepi ternyata ada di Korut!