Secara Tak Sadar Permainan Monopoli Mengajarkan Kita Cara Berinvestasi Yang Baik

Di zaman sekarang ini, siapa yang tak mengenal permainan monopoli? Permainan yang memerlukan insting di bidang ekonomi ini memang terus bertahan hingga kini. Alasannya adalah karena permainan ini memiliki banyak manfaat berguna bagi kehidupan kita, semisalnya mengajarkan kita cara berinvestasi. Ya, selain fungsinya untuk dimainkan, secara tak sadar permainan monopoli ini juga mengajarkan kita tentang keuangan yang ternyata dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu permainan papan yang terkenal di dunia ini bertujuan untuk menguasi semua petak yang ada di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan. Agar bisa memenangkan permainan ini, kita dituntut untuk mengetahui strategi dan pemahaman akan sistem ekonomi terlebih dulu agar bisa menjadi pemenang dan yang terkaya.

Berinvestasi adalah tindakan berkomitmen terhadap uang atau modal ke usaha (bisnis, proyek, real estate dan lain-lain) dengan harapan memperoleh penghasilan tambahan atau keuntungan. Investasi juga dapat mencakup jumlah waktu yang dimasukkan ke dalam studi calon perusahaan, terutama dikarenakan waktu adalah uang.

Belajar berinvestasi sebenarnya tidaklah sesusah yang kita bayangkan, kalian dapat belajar sambil bermain misalnya. Nah, tanpa kalian sadari, ternyata permainan monopoli menyimpan banyak pelajaran berharga soal investasi yang bisa kalian dapatkan ketika bermain monopoli. Oke, bagi kalian yang penasaran banget kenapa monopoli bisa mengajarkan kita cara berinvestasi, jangan pernah tinggalkan arikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Siapakah Yang Mulanya Menciptakan Monopoli?

Sebelum kita mengulas lebih jauh mengenai ikatan investasi dengan permainan monopoli, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu siapa yang menciptakan permainan ini. Charles Darrow adalah orang yang menciptakan permainan monopoli pada tahun 1933.

Seorang ahli mesin dari Philadelphia, Amerika Serikat ini pertama kali menemukan monopoli pada tahun 1930-an, kemudian ia mencoba menawarkannya kepada Parker Brothers. Itu adalah sebuah pabrik pembuat mainan terbesar di Amerika Serikat pada waktu itu tetapi karena menurutnya permainan tersebut terlalu rumit, akhirnya ia memutuskan untuk menolaknya.

Charles Darrow kemudian memutuskan untuk memproduksi sendiri mainan temuannya itu dan memberi nama permainan itu monopoli. Melihat kesuksesan yang diraih Charles, Parker Brothers berubah pikiran dan memutuskan bersedia untuk memproduksi permainan tersebut.

Monopoli pun resmi diedarkan ke seluruh Amerika oleh Parker Brothers pada Natal tahun 1935 dan masih terus populer hingga sampai sekarang ini. Eitss, ada yang perlu kalian ketahui juga nih, pasalnya meskipun Charles dikenal sebagai pencipta monopoli, tapi nyatanya permainan ini telah lebih dulu ditemukan oleh seorang wanita bernama Elizabeth pada tahun 1903. Sayangnya wanita tersebut tak berusaha untuk mengembangkan idenya tersebut, hingga pada akhirnya Charles Darrow lah yang mencuri konsep permainan monopoli dan mempopulerkannya hingga sekarang ini.

Misteri Logo Monopoli

Saat kalian memulai membuka petak permainan monopoli, kalian pasti akan terlebih dulu melihat gambar atau logo kakek tua yang terlihat jelas diatas petak permainan itu. Tentunya kalian penasaran dong sama logo yang kerap hadir di setiap permainan monopoli dan kalian pasti tentu penasarankan siapa sebenarnya orang dibalik logo tersebut? Meski tak ada pernyataan resmi dari sang pembuat, tapi pria tua berkumis putih, memakai jas, topi dan tongkat tersebut merupakan sosok J.P. Morgan.

Bagi yang belum tahu, J.P. Morgan adalah salah seorang bankir paling kuat di masanya, JP (John Pierpont) Morgan (1837-1913) membiayai rel kereta api dan membantu mengorganisir US Steel, General Electric dan perusahaan besar lainnya. Ia mengikuti jejak ayahnya yang kaya ke dalam bisnis perbankan pada akhir 1850-an dan pada tahun 1871 ia membentuk kemitraan dengan bankir Philadelphia, Anthony Drexel.

Pada tahun 1895, Morgan menggunakan pengaruhnya untuk membantu menstabilkan pasar keuangan Amerika selama memngalami krisis ekonomi, termasuk kepanikan tahun 1907. Namun ia mendapatkan kritik pedas yang mengatakan bahwa ia memiliki terlalu banyak kekuasaan dan dituduh memanipulasi sistem keuangan negara untuk keuntungannya sendiri. John Pierpont Morgan lahir dari keluarga New England yang terhormat pada tanggal 17 April 1837 di Hartford, Connecticut.

Ia juga merupakan seorang kolektor seni asal Amerika Serikat yang mendominasi keuangan perusahaan dan konsolidasi industri pada akhir abad ke-18. Ia juga merupakan orang yang memiliki pengaruh besar di Amerika Serikat padamasa itu. Ia membantu menemukan perusahaan besi Amerika Serikat. Oleh karen apengaruhnya tersebut, J.P Morgan disinyalir menjadi ikon dari monopoli.

Sempat Ditolak Dan Mendapatkan Banyak Rintangan

Setelah mengembangkan permainan itu, Magie tidak ingin memproduksi massal karena tidak memang tidak berniat demikian. Dua kali ia membawanya ke Parker Brothers, pada 1910 dan 1924, dan ditolak dua kali itu juga dengan alasan bahwa permainan itu terlalu politis.

Pada 1934, Darrow menjelaskan versi permainannya kepada Milton Bradley dan Parker Brothers, dan sama-sama ditolak. Ada yang menyebutkan Parker Brothers menolak karena 52 alasan mendasar walaupun tidak ada bukti yang membenarkan cerita tersebut. Sebenarnya para petinggi Parker Brothers menolaknya karena permainan itu dianggap terlalu lama untuk dimainkan dan terlalu rumit.

Darrow menggunakan cara lain. Ia menggunakan uangnya sendiri untuk membuat 7.500 salinan dan laku keras di toko-toko Philadelphia sehingga Parker Brothers berubah pikiran dan mencapai kesepakatan dengan Darrow. Hingga saat ini, permainan monopoli sudah terjual lebih 257 juta buah dan dijual di 111 negara di seluruh dunia.

Tapi sebelum kesuksesan tersebut, permainan monopoli mendapat banyak rintangan untuk bisa diperjualbelikan. Perusahaan Parker Brothers pada awalnya menolak permainan dari Darrow. Alasannya, permainan monopoli memiliki 52 kesalahan mulai dari tema yang disajikan, aturan permainan dan kompleksitasnya.

Sebagai mainan yang baru saja dirilis, perusahaan Parker Brothers mematok harga yang tak terlalu mahal. Edisi perdana permainan monopoli hanya dibandrol USD2 atau sekitar Rp27 ribu. Tapi seiring berjalannya waktu dan semakin populernya mainan ini, perlahan harganya pun merangkak naik. Bahkan sebuah perusahaan asal San Fransisco sempat merilis monopoli bertema unik dengan harga USD2 juta atau setara Rp 27,1 miliar.

Trik Jitu Memenangkan Permainan Monopoli

Untuk memenangkan permainan monopoli, kalian perlu membuat semua lawan bangkrut sebelum mereka melakukan hal yang sama. Dengan setiap keputusan yang dibuat, penting untuk mempertimbangkan cara terbaik untuk meningkatkan kesempatan dan mengalahkan kompetisi. Meskipun keberuntungan merupakan salah satu faktor dalam memenangkan permainan ini, kekayaan dapat berubah-ubah dan dengan mudah menyulitkan kalian ketika lengah. Kalian bisa mempelajari cara membentuk strategi yang paling cermat untuk meningkatkan kesempatan dan memenangkan permainan.

a). Pelajari tentang putaran dadu yang paling umum-> secara statistik, kalian memang tidak perlu masuk ke ranah permainan blackjack. Akan tetapi, ada baiknya kalian mempelajari sedikit mengenai kemungkinan berhentinya pion di petak-petak tertentu, keluarnya angka tertentu pada dadu, dan kesempatan untuk berhenti di properti yang ada.

b). Berhati-hatilah dengan properti yang paling sering dan paling jarang disingahi-> Indonesia dan Malaysia merupakan properti yang paling jarang disinggahi, sementara properti kompleks kuning (mis. Jepang, Korea dan India) merupakan properti yang paling sering disinggahi karena jaraknya yang cukup dekat dengan penjara sehingga properti-properti tersebut dirasa paling menguntungkan pada permainan monopoli. Dengan mendapatkan properti kompleks tersebut, kalian bisa mendapatkan kesempatan yang sangat besar untuk memenangkan permainan.

c). Perlu diingat bahwa kalian akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan kartu tertentu-> ada baiknya kalian mengingat kartu yang sudah diambil olehmu maupun para lawan selama permainan agar kalian bisa mengantisipasi kartu apa yang bisa didapatkan ketika kalian berhenti di petak Kesempatan atau Dana Umum.

d). Mainkan permainan dengan peraturan standar-> meskipun ada beberapa pemain yang memainkan permainan ini dengan versi yang berbeda, perubahan aturan-aturan tertentu membuatmu sulit mengendalikan jalannya permainan. Selain itu, durasi permainan pun akan semakin panjang. Oleh karena itu, mainkan permainan ini dengan peraturan standar (peraturan Parker Brothers) agar kalian bisa mendapatkan kesempatan terbesar untuk memenangkannya

e). Belilah properti sebanyak dan secepat mungkin-> semakin banyak properti yang dimiliki dan semakin besar biaya sewa yang dikumpulkan maka akan semakin banyak pula uang yang bisa didapatkan dari lawan. Oleh karena itu, belilah properti sebanyak mungkin di awal permainan agar bisa mendapatkan kesempatan terbesar untuk menang.

f). Belilah properti yang pemain lain inginkan-> kalian bisa mendapatkan keuntungan dengan membeli properti tersebut untuk mencegah pemain lain menciptakan monopoli. Dengan cara ini, kalian bisa melakukan pertukaran properti ke depannya. Jika kalian melihat ada pemain yang berusaha membeli properti tertentu, ambil kesempatan yang didapatkan untuk membeli properti tersebut.

g). Kembangkan strategi untuk membeli stasiun atau jalur kereta api, perusahaan umum dan properti lainnya->  secara umum, petak jalur atau stasiun kereta lebih berharga daripada petak perusahaan umum yang menawarkan sedikit keuntungan untuk investasi jangka panjang.

Akan tetapi, stasiun kereta api dapat memberikan keuntungan yang besar, hanya jika kalian membeli semua petak stasiun (atau bandara). Beberapa pemain memprioritaskan pilihan untuk membeli seluruh stasiun, sementara pemain lainnya hanya menganggap hal tersebut sebagai pengalih perhatian. Apapun keputusannya, ikuti kebijakan atau peraturan yang ditetapkan.

h). Belilah tiga buah rumah sesegera mungkin-> setelah berhasil memonopoli kelompok properti, mulailah membeli rumah dan berhenti membelinya setelah mendapatkan tiga buah rumah untuk setiap petak properti. Kalian juga bisa mendapatkan uang yang jauh lebih besar setelah membangun tiga rumah untuk setiap properti. Pendapatan tambahan ini akan memperbesar kesempatan untuk memenangkan permainan.

i). Cobalah untuk sedikit menciptakan skenario seperti kekurangan rumah-> ketika kalian hanya memiliki tiga atau empat kelompok properti dengan biaya sewa yang kecil, kalian perlu membeli tiga atau empat rumah pada setiap petak properti untuk mengurangi ketersediaan rumah bagi pemain yang memiliki kelompok properti dengan biaya sewa yang tinggi. Jangan langsung mengganti rumah-rumah tersebut dengan hotel jika pengembalian rumah ke bank justru memberikan kesempatan bagi pemain lain untuk mengembangkan kelompok properti yang lebih mahal. Hal ini memang sedikit licik, tetapi efektif.

Belajar Berinvestasi Lewat Permainan Monopoli

Permainan monopoli mengajarkan kita untuk membuat diversifikasi dalam investasi. Dalam permainan ini, jika kalian punya banyak uang maka kalian bisa menggunakannya untuk membeli segala properti yang ada dalam permainan itu, semisal rumah atupun hotel. Pelajarannya adalah investasi sebaiknya tidak dalam satu jenis produk investasi. Langkah ini guna menghindari kerugian secara total.

Biasanya dalam permainan ini, kalian pasti pernah mengalami keraguan saat ingin berinvestasi. Meskipun bukanlah uang nyata tetapi kalian pasti akan tetap berpikir dua kali untuk melakukan investasi. Nah, di dunia nyata pun kita pasti melakukan hal yang sama, kalian bisa menguasai diri. Selain bisa memperhitungkan segala sesuatunya dengan matang, kalian juga bisa mendapatkan keuntungan dari investasimu itu.

Berikut ini adalah beberapa pelajaran berharga yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan nyata.

1. Menjadi Bijak Dalam Mengelola Keuangan

Kalian harus bijak dalam mengelola uang, aset dan harus bisa mengambil keputusan yang tepat kapan harus berinvestasi dan tidak takut dalam mengambil risiko tetapi juga harus bisa bijaksana agar kondisi keuangan kalain tetap stabil. Biasanya para pemain akan bersaing untuk membeli aset properti sebanyak mungkin dengan harapan meraih keuntungan sebesar-besarnya. Tapi jika kurang bijak mengatur keuangan, maka kalian akan terancam berutang kepada bank.

Misalnya, jika kalian masuk ke properti pemain lain, maka kalian harus membayar sejumlah uang. Jika uang habis, maka kalian terpaksa berutang ke bank atau malah harus menjual properti untuk mendapatkan uang. Jadi kalian harus bisa belajar mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan bijaksana, di mana kalian harus bisa membagi uang yang bisa untuk membeli properti dan uang yang sebaiknya disimpan.

2. Tidak Selalu Mengandalkan Keberuntungan

Dalam bermain monopoli, dadu adalah penentu langkah awal. Bila angkanya bagus, maka harapan terwujud dan kalian akan mendapatkan keberuntungan. Bila jelek, maka kalian bisa kena pajak, masuk penjara dan sebagainya. Dengan kata lain, banyak hal tak terduga yang mungkin akan terjadi ditiap langkah di depan. Untuk itu sebaiknya kalian harus siap menghadapi segala risiko dan kemungkinan-kemungkinan tanpa mengandalkan keberuntungan.

Hal serupa juga terjadi di dunia nyata. Masalah finansial ataupun bencana datang secara tak terduga. Untuk membuat keuangan tetap stabil, tentu kalian perlu menyiapkan diri dan strategi sebaik mungkin. Misalnya, dengan memiliki asuransi atau dana darurat.

3. Melihat Peluang dan Properti Menjadi ‘Passive Income’

Untuk jadi kaya di permainan monopoli, kalian perlu memiliki banyak aset tanah, rumah hingga hotel. Aset tersebut tentu memiliki biaya sewa yang akan dikenakan pada pemain lain bila berhenti di aset milik kalian. Biaya yang diterima tersebut itu adalah pasif income.

Dalam permainan tentu lebih mudah karena kalian hanya perlu membeli sejumlah aset dan menyewakannya. Berbeda dengan di dunia nyata yang lebih kompleks. Namun tetap ada pelajaran berharga yang bisa diambil, yakni mendapatkan pemasukan yang menjanjikan lewat produk properti. Jika tidak melakukan seperti itu, kalian juga bisa menyewakan properti yang kalian miliki. Properti bisa jadi investasi yang menguntungkan, apalagi harganya biasnaya terus naik setiap tahun.

4. Belajar Mengambil Resiko di Dunia Nyata

Hidup itu penuh dengan pilihan. Ketika kita memutuskan untuk menghabiskan cadangan kas kita, mungkin kita akan merasa aman dengan aset dan investasi yang kita miliki. Sedangkan bila kita tidak berani mengambil risiko, kemungkinan kita akan hidup dalam zona nyaman dan akhirnya tidak punya keberanian untuk berinvestasi.

Jadi, bermain monopoli juga melatih sikap kita untuk berani mengambil risiko di kehidupan nyata. Pertimbangan yang matang akan membawa kita pada kondisi keuangan yang lebih stabil dan sukses.

5. Mengelola Aset Dengan Lebih Efektif

Pemenang dalam permainan monopoli ditentukan oleh jumlah uang yang dimiliki masing-masing pemain. Untuk memperoleh keuangan yang stabil dan memiliki banyak aset investasi, tentu saja kita harus pandai-pandai mengelola aset tersebut. Kita harus mengenali situasi yang tepat mengenai kapan kita harus mempertahankan kas, kapan harus membeli dan kapan harus menjual aset untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.

6. Berinvestasilah Pada Hal Yang Disukai

Usahakan untuk berinvestasi pada sesuatu yang kalian sukai agar dapat digarap dengan maksimal. Misalnya saat bermain monopoli, kalian akan membeli negara yang tidak disuka, maka saat berinvestasi kalian pasti akan malas untuk membangun negara tersebut karena bukan negara kesukaan. Sama halnya dengan makanan, jika kita tidak menyukai makanan tersebut, tentu tidak ingin memakannyakan? Nah, itu juga tak jauh beda dengan berinvestasi.

7. Berinvestasi Untuk Jangka Panjang

Tujuan dari permainan monopoli adalah dengan menjatuhkan atau membuat bangkrut lawannya dan menjadi yang paling sukses di antara semuanya. Untuk menjadi paling kaya, diperlukan strategi membeli negara-negara dengan lokasi strategis, memiliki pajak paling mahal dan mengumpulkan sebanyak mungkin negara lalu membangunnya. Sehingga ketika pemain lain melewati negara kalian, mereka perlu membayar uang sewa yang besar (ini seperti membayar pajak masuk ke sebuah negara).

Hal ini dapat mengajarkan kita untuk jeli melihat peluang atau keuntungan di masa depan. Jadi jika kalian ingin berinvestasi nantinya, kalian juga perlu memikirkan jangka panjangnya.

Nah, sekarang adalah saat yang tepat bagi kita untuk mendewasakan diri dalam berbagai sisi kehidupan. Mainkanlah permainan seru yang tidak hanya sekedar jadi hiburan tapi juga bisa menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan melatih mental kita.