Kenapa Sarang Burung Walet Mahal? Ini Jawabannya

Tuhan menciptakan alam dan beserta isinya tentu memiliki manfaat, begitu juga dengan sarang walet. Tentunya sarang walet memiliki banyak manfaat, namun yang menjadi pertanyaan kenapa harga sarang walet itu mahal ya? Apasih istimewanya sarang walet dibanding dengan sarang burung lainnya?

Nah kalau kamu masih bingung, kali ini mimin akan membahas seputar sarang walet. Berikut penjelasannya:

Sarang walet memiliki harga yang begitu mahal dan bahkan bisa sampai 2000 Dollar perkilonya, wahh mahal juga yaa. Nah dari sinilah sebenernya kita bisa menjadikan sarang walet sebagai peluang bisnis. Tak hanya harganya yang selangit, sarang walet juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bila diliat, Burung Walet nyaris sama juga dengan burung pada umumnya. Bahkan juga, anggota famili Apodiae ini bukanlah burung yang pandai dalam soal berkicau. Tapi tahu kenapa burung ini menajadi diistimewakan? Bahkan tak hanya istimewah saja burung ini jugasangat tersohor sampai keseluruh penjuru dunia, terlebih lokasi Asia serta terutama di China.

Burung ini Bukanlah type burung yang menjadi incaran beberapa orang. Tetapi, malah sarangnya lah yang banyak diburu oleh orang-orang di Indonesia Namun jika kamu masih bertanya kenapa sarang burung ini bisa terjual dengan harga yang mahal? Ini semua karena manfaat yang ia miliki sangat lah banyak contohnya :

Manfaat Sarang Walet

  1. Membangun kembali sel yang rusak dengan proteinnya
  2. Menyembuhkan sakit setelah operasi
  3. Memperlancar aliran darah dengan kolagen
  4. Ketahanan tubuh oleh glikoprotein
  5. Kekuatan tulang oleh kalsium
  6. Meningkatkan daya pencernaan usus kita
  7. Penyembuhan penyakit stroke dan kanker
  8. Mengurangi resiko penyakit AIDS
  9. Bisa menjadi obat awet muda

Kandungan yang Dimiliki Sarang Walet

Hebat bukan? tuh bisa buat kamu yang pingin awet muda, hehe. Tidak cuma itu, menurut riset, sarang walet juga mengandung mengandung 50-60% protein, 25% karbohidrat dan 10% air. Kandungan kimia sarang walet dari penelitian di Semarang menunjukkan kandungan kimia organik yang tertinggi terdapat pada protein 50,757 % dan karbohidrat 18,307%.

Sarang walet putih mengandung N-acetylneuraminic acid. Komposisi kimia perbandingan sarang walet putih dan merah untuk lemak (0,14% – 1,28%), abu (2, 1% – 2,1%), karbohidrat (25,62%–27,26%) dan protein (62–63%), serta ditemukan bahwa sarang merah mengandung ovotransferrin protein.

Tak hanya itu saja sarang burung walet juga mengandung “cell division inducing hormone” dan “epidermal growth factor (EGF)” yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan deferensiasi sel, meliputi jaringan pertumbuhan, regenerasi sel, dan kekebalan tubuh.

Kandungan lain sarang putih adalah natrium (Na) 650 ppm, kalium (K) 110 ppm, fospor (P) 40 ppm, magnesium (Mg) 330 ppm dan besi (Fe) 30 ppm. sedangkan sarang burung walet basah menunjukkan asam amino sebanyak 17 macam dan tertinggi terdapat pada Leusin (5,9%) Aspartat (5,5 %), Glutamat (5,5%) dan Tirosin (5,2).

Ovotransferrin adalah glikoprotein dari albumin (putih telur). Transferrins adalah protein pengikat besi. Perbedaan asam amino sarang putih dengan sarang merah menunjukkan sarang merah mempunyai beberapa asam amino yang lebih tinggi dari sarang putih, seperti serine, valine, aspatic, thereorine, isoleusine, leusine.

Kini sarang walet juga telah menjadi tren yang tengah berkembang sekarang ini yaitu dengan memakai sarang walet sebagai food supplement. Mingkin inilah yang menyebabkan harga sarang walet melambung tinggi.

Harga Fantastis untuk Ukuran Sarang Burung

Mungkin bentuknya gak jauh beda dengan sarang burung lainnya, akan tetapi khasiatnyalah yang membuat harga sarang burung yang satu ini menjadi mahal. Tak hanya di Indonesia saja harga sarang walet mahal, di negara gorden bambu ternyata juga lho, untuk harga paling tinggi sarang walet dengan kwalitas paling baik saja dibanderol dengan harga sebesar 6, 7 juta rupiah. Sungguh nilai yang fantastis untuk ukuran satu kg sarang walet.

Sebagai sarang burung yang sangat mahal ternyata sarang burung ini juga dapat kita nikmati dalam bentuk makanan yang sangat lezat dan berikut ini adalah beberapa restoran yang menyajikan menu makanan yang berasal dari burung walet:

Restoran Teratai Hotel Borobudur

Umumnya sarang walet sering diolah menjadi sup, namun disini diolah menjadi banyak macam makanan yang menarik. Kita juga bisa menemukan hidangan pencuci mulut berbahan sarang walet. Menu supnya sendiri dibuat lebih kaya yang disiram dengan kuah kental kaldu berwarna coklat keruh.

Adapun Braise bird’snest, scrambeled egg whites, crab roe and asparagus merupakan hidangan menarik lainnya yang bisa kita nikmati. Selain itu “double-boiled bird’s nesr witch rock sugar” merupakan hidangan sarang burung walet yang dinikmati sebagai makanan penutup dan manis.

Kisaran harga menu makanan sarang burung walet yang ditawarkan Resotran Teratai ini antara mulai dari Rp 228.000 sampai Rp 480.000. Meski harganya cukup mahal, namun sarang walet kaya akan nutrisi dan khasiat yang baik bagi kesehatan dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Restoran ini juga menyediakan menu hidangan lainnya.
Café Karaton Walet

Ini merupakan kafe pertama yang menyajikan menu utama sarang walet. Menurut Fenty Nasution selaku Manager Café Karaton Walet, minuman sarang walet dulunya adalah minuman para Raja-raja, oleh karena itu harganya cukup mahal.”

Meskipun berada di Medan, kafe ini menyuguhkan nuansa ala Keraton dari Yogyakarta. Café Karaton Walet atau disingkat CKW memiliki menu utama sarang burung walet yang dikreasikan dengan jelly, nata decoco dan lain-lain.

Sudah tahu kan bagaimana manfaat sarang burung walet sampai dijual dengan mahal ? Yak, minuman ini tentunya menjadi suplemen kesehatan bagi tubuh kita, juga bisa mencegah kanker, meningkatkan vitalitas, kulit cantik, sampai meningkatkan daya tahan tubuh serta menguatkan paru-paru, begitu kata Fenty..

Sampai lupa, nama kafe ini terinspirasi dari sejarah minuman sarang walet yang banyak dikonsumsi para raja keraton, sehingga diambilah nama Café Karaton Walet.

Istana Wallet

Restoran satu ini bernuansa Chinese, bisa dilihat dari dekorasinya. Sesuai namanya “…wallet” yang berarti menu andalannya ya si walet ini, bukan burungnya ya tetapi sarangnya. Seperti dikutip dari id.openrice.com, ada beberapa pelanggan restoran tersebut yang memberikan review. Sup sarang wallet disajikan dalam mangkok, porsinya tidak begitu besar namun isinya lumayan banyak.

“Walletnya disajikan dalam mangkok yg tidak begitu besar ukurannya tetapi dalemnya wallet semuaa..cukup wangi bila dicium. Ada telur dan jahenya sedikit…Pas dimakan rasanya kayak makan agar-agar, rasanya enak pas banget di mulut..” sahut, reviewer bernickname Tentation. Lokasi Istana Walet ini di Lokasari, Jl.Mangga Besar Raya No.81.
Nah gimana guys, sekarang kalian gak penasaran lagikan dengan harga sarang burung yang mahal ini. Harganya yang mahal setimpal kok dengan khasiat yang ia berikan, jadi gak rugi deh kalau kita mengkonsumsinya.