Inilah Negara Tidak Terkenal Yang Ada di Dunia

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut dan berdiri secara independent. Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain.

Nah jika jumlah negara di dunia ini yang berkedaulatannya diakui oleh PBB hanya berjumlah sekitar 193 negara. Akan tetapi ternyata jumlah tersebut belum mencakup semua negara yang benar-benar ada di dunia. Karena ada beberapa negara yang belum masuk ke dalam anggota PBB dengan berbagai alasan.

Namun ada juga negara yang sudah berdaulat dan diakui oleh PBB, akan tetapi keberadaanya didunia jarang di ketahui alias tidak terkenal. Mungkin karena luas wilayah negara tersebut yang terpencil.

Bahkan negara-negara ini seakan tidak pernah ada dan jarang di ketahui oleh negar-negara luar. Mungkin hanya warga negara mereka sendiri lah yang mengetahuinya. Nah di artikel kali ini mimin bakalan ngebahas negara- negara yang jarang diketahui oleh dunia luar dari negara tersebut.

  • Seborga

Seborga adalah sebuah negara sangat kecil berada di wilayah Liguria di barat laut Italia, dekat perbatasan Prancis. Secara administratif, ini adalah comune dari provinsi Imperia Italia. Kegiatan ekonomi utamanya adalah hortikultura dan pariwisata. Meski memiliki luas wilayah yang sangat kecil dengan hanya sekitar 400 penduduk saja, tetapi Saborga merupakan salah satu negara tertua di Eropa.

Negara ini berdiri sejak tahun 954 Masehi, awalnya Saborga merupakan kota suci bagi Kekaisaran Romawi. Negara yang tidak terkenal ini ternyata juga salah satu dari 300 kerajaan kecil yang dikuasai oleh Kekaisaran Roma. Ketika Kekaisaran Roma jatuh pada tahun 1806, Saborga memilih untuk bergabung pada kerajan yang lebih besar, yakni Sardinia yang kemudian hari berubah nama menjadi negara Italia.

Uniknya pada saat Italia akhirnya secara resmi menjadi sebuah negara pada abad ke 19, nama Saborga tak tercantum sebagai salah satu wilayah kekuasaan negaranya. Oleh sebab itulah akhirnya Saborga menjadi sebuah negara yang berdiri sendiri dan berada di wilayah daratan Italia yang masih bertahan hingga saat ini.

  • Freetown Christiania

Christiania yang juga dikenal sebagai Freetown Christiania (Denmark : Fristaden Christiania atau Staden), adalah lingkungan otonom yang memproklamirkan diri sekitar 850 penduduk, meliputi 34 hektar (84 hektar) di wilayah Christianshavn di ibukota Denmark, Kopenhagen. Untuk sementara ditutup oleh penduduk pada bulan April 2011 sementara diskusi dilanjutkan dengan pemerintah Denmark mengenai masa depannya, namun kemudian dibuka kembali untuk umum.

Christiania telah menjadi sumber kontroversi sejak didirikan di sebuah daerah militer berjongkok pada tahun 1971. Perdagangan ganja ditoleransi oleh pihak berwenang sampai tahun 2004. Pada tahun-tahun berikutnya setelah tahun 2004, langkah-langkah untuk menormalisasi status hukum masyarakat menyebabkan konflik, penggerebekan polisi dan Negosiasi.

Freetown Christiania mungkin bisa dikatakan menjadi negara yang paling unik dari sekian banyak negara yang jarang diketahui orang banyak. Negara ini sama sekali tak terlihat seperti sebuah negara. Freetown Christiania lebih layak disebut sebagai sebuah kamp musim panas yang terletak di kota Kopenhagen.

Dengan keunikan yang dimilikinya, ternyata tidak terlepas dari sejarah tempat tersebut, yang awalnya memang merupakan bekas barak tentara. Entah bagaimana caranya sekelompok orang ini berhasil memproklamasikan kemerdekaan mereka dan mendirikan sebuah negara baru bernama Christiania, namun tidak lama kemudian berganti nama menjadi Freetown Christiania, semenjak mereka mulai memberlakukan peraturan aneh di negara mereka.

Aturan aneh tersebut diantaranya adalah larangan adanya kendaraan bermotor, larangan adanya senjata api dan tidak ada kepemilikan properti. Hal ini berarti semua harta yang ada di Freetown Christiania, merupakan milik bersama semua warganya. Di negara ini juga, penjualan obat-obatan terlarang sangat bebas dan tidak ada batasnya. Hal ini membuat Freetown Christiania sekarang menjadi salah satu pasar narkoba terbesar di dunia.

Abkhazia

Mungkin banyak diantara kita yang nggak tahu dengan negara yang satu ini. Abkhazia, adalah sebuah negara republik yang secara de facto merdeka, seluas 8.600 km², terletak di Kaukasus. Georgia mengklaim Abkhazia sebagai wilayah kedaulatannya. Kedaulatan republik ini tidak diakui secara internasional, kecuali Rusia yang mengakuinya pada 26 Agustus 2008 bersamaan dengan pengakuan kedaulatan Ossetia Selatan. Abkhazia terletak di pantai timur Laut Hitam, berbatasan dengan Federasi Rusia di utara. Dengan Georgia, perbatasannya pada daerah Samegrelo-Zemo Svaneti di sebelah timur.

Tapi negara yang terletak di daratan Georgia ini memang betul–betul ada dan merupakan sebuah negara yang memiliki sejarah yang sangat panjang. Awalnya negara ini berbentuk sebuah kerajaan yang sudah berdiri sejak tahun 1.008, tetapi mereka kemudian memutuskan untuk memisahkan diri dari kesatuan Georgia, menyusul hancurnya pemerintahan Uni Soviet. Hal ini akhirnya jadi pemicu pecahnya perang karena Georgia tak ingin salah satu wilayah kekuasaanya lepas dari genggaman nya. Georgia kemudian mengirimkan anggota perangnya untuk menaklukan Abkhazia pada tahun 1992.

Republik Demokratik Sahara Arab

Republik Demokratik Arab Sahrawi (RDAS) (bahasa Arab: ‘الجمهورية العربية الصحراوية الديمقراطية) adalah negara yang mengklaim kekuasaan atas seluruh wilayah Sahara Barat, bekas koloni Spanyol. RDAS diproklamirkan oleh Front Polisario pada tanggal 27 Februari 1976. Pemerintah RDAS kini menguasai sekitar 20% wilayah yang diklaim. Moroko menguasai sisa wilayah yang dipersengketakan.

Negara yang sangat kecil ini terletak di bagian barat gurun Sahara. Negara ini dulunya merupakan bekas koloni Spanyol dan sudah memproklamasikan kemerdekaan mereka pada tanggal 27 Februari 1976. Negara ini sering disebut misterius, karena selain hanya ada sedikit orang yang tahu keberadaanya, negara ini juga sebenarnya terlibat sengketa penguasaan lahan dengan Maroko sampai sekarang. Sampai saat negara ini diperkirakan hanya memiliki otoritas penuh atas 20% saja dari semua lahan negaranya yang ada. Sedangkan 80% lainya masih dikuasai oleh Maroko.

Transnistria

Transnistria), adalah sebuah entitas politik yang memisahkan diri dari Moldova. Transnistria terletak di antara Moldova dan Ukraina di Eropa Timur. Nama “Transnistria” terinspirasi dari letaknya di sebelah timur sungai Dniester (Nistru).

Bisa dikatakan Transnistria betul–betul aneh, karena menawarkan sebuah pemandangan langka yang menggambarkan dengan jelas kondisi Eropa pada masa perang dingin dulu. Meski telah merdeka sejak tahun 1990, Transnistria seolah menjadi sebuah negara yang tidak mengikuti perkembangan jaman dari waktu ke waktu. Negara ini seolah menjadi tempat bernostalgia bagi para veteran perang dingin.

Hal ini semakin kuat, karena Transnistria masih menggunakan mata uang, paspor dan temasuk juga sistem pemerintahan ala Uni Soviet. Bisa dibilang negara ini seolah tak berubah sama sekali sejak memproklamasikan kemerdekaaan mereka.