Inilah Fakta Yang Harus Kalian Ketahui Tentang ‘Qatar’

Tentunya kalian sudah nggak asing lagi dengan negara yang satu ini, Qatar negara kecil dengan jumlah penduduk 2,1 juta orang ini sudah dikenal sebagai negara terkaya.

Bicara soal Qatar tentunya yang kita ketahui adalah negara kecil yang kaya raya. Walaupun luas hanya memiliki luas negara yang gak besar, cuma 11,5 ribu kilometer saja. Akan tetapi, entah kenapa penduduk di negara tetangga Arab Saudi ini begitu makmur luar biasa. Kita bisa bandingkan dengan Indonesia, negara ini luasnya 1,9 juta km serta punya kekayaan yang kalau kata gamer ‘unlimited source’, tapi lihat angka kemiskinan serta realita kehidupan masyarakatnya. Haduuhh jauh buangetss deh. Bukan mengukcilkan negara kita sendiri yaa, tapi memang benar adanya

Banyak Negara Yang Memutuskan Hubungan Diplomatik

Namun dibalik kemakmuran negara Qatar, ternyata ada banyak negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan negara penghasil minyak terbesar ini. Berikut ini adalah negara yang telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar: Libya, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir, dan Yaman, Maladewa menjadi negara di luar liga arab yang memutuskan hubungan diplomatik pada Qatar.

Ketujuh negara tersebut memutus hubungan diplomatiknya setelah menuduh Qatar telah mendukung milisi teroris, termasuk Al-Ikhwan al-Muslimun, ISIS, Houthi dan Al-Qaeda.

Ketegangan Qatar dan sejumlah negara Teluk terjadi setelah kantor berita Qatar menyebut Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamid al-Thani meminta negara-negara Teluk bekerja sama dengan musuh bebuyutan mereka yaitu Iran.

Walau pemerintah Qatar menyebut laporan itu muncul karena kantor berita mereka diretas, hal itu tak membuat Arab Saudi dan negara-negara Teluk lain melunak. Qatar menanggapi pemutusanhubungan diplomatik dengan menyatakan bahwa mereka adalah korban kebohongan yang terencana, selain menyebut keputusan tersebut tidak dapat dibenarkan dan tanpa dasar.

Transformasi Qatar Dari Negara Miskin Menjadi Negara Tajir

Meskipun saat ini negara ini menjadi sorotan utama dunia. Akibat pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan oleh sejumlah negara Teluk adalah penyebabnya. Ternyata negara yang dikenal sebagai penghasil minyak terbesar ini dulunya juga juga pernah menjadi negara termiskin di Teluk Arab. Namun siapa sangka segala kesuksesan itu didapat Qatar dalam waktu yang cukup singkat.

Dari seluruh negara yang ada di Teluk Arab bisa dibilang bahwa Qatar lah negara yang paling miskin pada saat itu. Dima Doha adalah lokasi pencarian nelayan mutiara. Namun, apa yang terjadi pada Abad ke-20 semua hal tersebut berbalik 180 derajat. Pada tahun 1939, minyak bumi dalam jumlah besar telah ditemukan di sana.

Nah bisa dibilang bahwa dengan minyak lah, kini Qatar benar benar membangun ambisi dan tujuan besarnya baik di dalam tatanan kawasan dan juga dunia. Hasilnya sangat terlihat jelas dari mulai perkembangan yang terjadi di Doha yang kini sudah bertransformasi menjadi salah satu kota paling moderen di dunia. Serta keberhasilan ‘kontroversial’ mereka memenangkan hak jadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Mendapatkan hak sebagai tuan rumah piala dunia itu sebelum dituding oleh Saudi cs bahwa Qatar telah mendanai kegiatan terorisme, Qatar mendapat kritik karena mendukung faksi Hamas di Palestina dan beberapa kelompok Islam di Syriah dan Suriah.

Julukan sebagai negara kaya raya emang pantas di sandang oleh negara ini pasalnyapun bukan cuma sekedar pemimpin atau pejabat saja yang kaya, akan tetapi rakyat di Qatar pun juga ikut merasakannya. Berikut ini adalah buktinya:

Fakta Hidup di Qatar yang Bikin Iri Orang-Orang di Seluruh Dunia

Pemuda Qatar Tak Sempat Pengangguran

Bisa kita bandingkan jika di negara kita tercinta ini, mau tamatan SMA atau pun sarjana sama saja ketika ingin mencari pekerjaan udah sama kayak cari jodoh, lambreta (lama). Akan tetapi hal tersebut tidak belaku bagi negara ini, ketika anak mudanya ingin mencari kerja sangatlah mudah. Apalagi bagi orang-orang asli sana. Saking mudahnya, ibaratnya kita seperti ambil air dengan gayung di bak mandi penuh air.

Begitu ada mahasiswa lulus di sana, maka biasanya bukan mereka yang cari, tapi justru perusahaan yang mendatangi. Bahkan satu tawaran kerja bisa diajukan lebih dari 5 perusahaan sekaligus. Wih, enak ya? Tapi, tunggu dulu, ini mungkin karena orang-orang sana benar-benar punya kompetensi bagus.

Bebas Pajak Penghasilan

Di Indonesia, kita digemleng buat tiap tahun wajib yang namanya bayar pajak, agak berat sih bagi yang memiliki gaji pas-pasan kena pajak pula. Enaknya hidup di Qatar sekaya apapun kita, apapun usaha kita, kalau tinggal disan akita gak pperlu yang namany bayar pajak.

Baik pekerja asli maupun asing seperti TKI, mereka takkan dikenakan pajak penghasilan. Alhasil, benar-benar makmur para pekerja di sana. Alasan kenapa Qatar sendiri tidak menetapkan sistem pajak mungkin lantaran negara ini sudah begitu berkecupan. Pajak mah untuk negara yang tidak mampu, begitu mungkin kata para pemerintah sana.

Gaji Terlalu Besar, Bingung Mau Diapakan

Gaji di Qatar sangatlah menggiurkan. Untuk tingkat pekerjaan yang ada di level bawah (PRT dan semacamnya), gajinya kadang bisa sampai dua kali lipat dibanding negara lain. Kalau untuk pekerja yang lebih pro dan punya pengalaman, tentu saja gajinya makin melangit lagi. Hal yang paling menarik dari sistem gaji di sana, juga ada yang namanya tunjangan-tunjangan.

Gimana gak cepet kaya kalau kita bisa kerja disana yaa? Tapi sih yang wajib kita ketahui dibalik gaji tinggi otomatis gaya hidup disana juga pastinya mehong-mehong (mahal). Nah kalau kita udah ngebahas enaknya kerja di Qatar gimana jika kita melihat objek wisata yang dimiliki negara kaya ini.

Tempat Wisata Yang Terkenal Di Qatar

Pulau Buatan Palm Tree

Pulau buatan atau yang dikenal dengan nama Palm Tree Island ini dibangun oleh Pemerintah Qatar dan termasuk salah satu bangunan fenomenal di sini. Memiliki bentuk yang berbeda yaitu berbentuk pohon palm sebagai tanaman khas timur tengah.

Burj Khalifa

Burj Khalifa yang dapat juga diartikan sebagai Khalifa Tower, merupakan salah satu gedung pencakar langit tertinggi yang ada di dunia yang merupakan buatan tangan manusia. Gedung yang fenomenal ini tampak mewah dengan ketinggian sampai dengan 829,84 meter.

Pembangunan gedung pencakar langit ini memang membutuhkan waktu lama, sampai beberapa tahun. Konstruksinya saja dibuat pada 21 September 2004. Dan selanjutnya peresmian gedung pencakar langit dilakukan pada 4 Januari 2010.

Khor Al-Adaid

Inilah salah satu obyek wisata yang sepertinya hanya bisa anda jumpai saat berkunjung ke Qatar. Namanya adalah Khor Al-Adaid. Inilah pantai yang langsung berbatasan dengan gurun pasir yang memang menyelimuti sebagian besar wilayah Negara Qatar. Pantai yang satu ini pun dijuluki pantai di tengah gurun pasir.

Itu hanyalah beberapa saja dan masih banyak lainnya seperti: Al Jassasiya Carvings, Cornice, Qatar National Museum, Kassem Darwish Fakhroo Islam, The Golden Mosque, Desert Safari, Benteng Al-Zubara, Souq Waqif, Hotel Atlantis.

Itulah beberapa hal yang menggambarkan negara Qatar. Gimana, kalian tertarik buat kerja atau sekedar liburan saja?