Bendera RI Terbalik, Hacker Indonesia Turun Tangan dan Retas Situs Malaysia

Baru-baru ini pemberitaan di Indonesia sedang dihebohkan karena ulah pihak Malaysia sebagai tuan rumah SEA games yang membuat lambang bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA games. Entah dengan sengaja atau tidak, bentuk warna bendera Indonsia terbalik di buku panduan tersebut. Padahal jika dipikir-pikir warna bendera Indonesia sangatlah simpel sedangkan banyak negara-negara lain yang memiliki warna bendera yang cukup rumit.

Oleh sebab itulah, hal ini membuat para netizen dan masyarakan Indonesia geram! Bahkan sampai-sampai hacker Indonesia dengan nama “Indonesian Hacker Rulez” mengungkapkan kekesalan mereka dengan meretas website kualalumpurMalaysia.com.

Hacker Indonesia Turun Tangan

Kesalahan yang dilakukan pihak Malaysia selaku tuan rumah SEA games 2017 yang membuat bendera merah putih Indonsia terbalik di dalam buku cenderamata pada ajang olahraga SEA Games 2017, Kuala Lumpur, kini telah merembet kemana-mana.

Meskipun sejak kejadian itu Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairy Jamaluddin telah menyampaikan permintaan maaf atas kesilapan tersebut, namun kecaman terus terjadi, baik dari netizen maupun seluruh warga Indonesia. Bahkan Menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo segera mengirimkan surat ‘protes’ kepada Kemendagri Malaysia dan Dubes Malaysia untuk Indonesia.

Tak hanya itu saja, para hecker asal Indonesia juga ikut melakukan aksi protes dengan cara meretas situs web Malaysia. Para hacker tersebut berhasil merusak sistem keamanan di beberapa website dengan mengubah halaman depan atau homepage.
Mereka juga menampilkan kesalahan pemasangan bendera negara Indonesia dan potongan surat kabar yang ikut memasang bendera Merah Putih terbalik. “!BENDERA NEGARAKU BUKANLAH MAINAN! bunyi pesan hacker dengan warna tulisan merah putih di laman yang diretas tersebut.

Ketika kita membuka website kualalumpurMalaysia.com juga kita akan mendengar lagu “Indonesia Tanah Air Beta”. Nama-nama anonim para hacker juga ikut ditampilkan dibagian bawah situs. Aksi yang dilakukan oleh para kelompok hacker Indonesia ini disebut dengan kode #OPMALAYSIA.

Presiden Jokowi sendiri juga mengaku sangat menyesali kejadian ini. Menurutnya kejadian dalam cetakan buku panduan SEA Games 2017 itu adalah kesalahan yang fatal. Namun beliau meminta agar masyarakat Indonesia jangan bereaksi berlebihan dalam menyikapinya. Dia berharap masyarakat tetap tenang. “Tidak usah dibesar-besarkanlah,” ucapnya.

Namun sepertinya perkataan bapak Jokowi sudah tidak bisa membendung kekesalan para hscker Indonesia, justru kini tercatat sudah 27 wibsite Malaysia yang telah diretas oleh hacker Indonesia, berikut adalah websitenya:

1. http://2017investorsguide.com
2. http://aziziali.com
3. http://aziziali.my
4. http://aziziali.net
5. http://beahappymillionaire.com
6. http://beliemas.com.my
7. http://belisuratpajak.com
8. http://belowmarketvalue.properties
9. http://bonda.com.my
10. http://cashflowprinciple.com
11. http://gosipadan.com
12. http://innercircle.com.my
13. http://innercircle.my
14. http://kolejjutawan.com
15. http://kualalumpurmalaysia.com
16. http://lawyerhartanah.com
17. http://masauntukemas.com
18. http://mesinwang.com
19. http://millionairesguidetogreatness.com
20. http://money101mastery.com
21. http://pakejumrah.com.my
22. http://pelaburanhartanah.com
23. http://pendapatanpasifseumurhidup.com
24. http://rahsiaemas.com
25. http://rahsiasuratpajak.com
26. http://retirerich.guru
27. http://rezekiberniaga.com

Akan tetapi prihal peretasan ini, pihak otoritas keamanan siber Malaysia belum juga berkomentar atas serangan hacker ini. Semantara itu, Direktur Polisi Cabang Khusus Bukit Aman, Malaysia, Datuk Seri Mohamad Fuzi Harun mengatakan
bahwa insiden kesalahan gambar bendera Indonesia terbalik di buku suvenir SEA Games 2017 ini telah diselidiki.

Mungkin itu adalah kesalahan teknis, namun kami sedang menyelidiki masalah ini dan akan bertindak karena insiden tersebut seharusnya tidak terjadi,” katanya, seperti dikutip Bernama. “Kami tidak ingin negara tetangga kami, Indonesia, merasa sakit hati, jadi kami perlu mengambil tindakan untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi di masa depan,” katanya lagi.

Orang Pertama Yang Mengetahui Bendera Indonesia Terbalik

Kejanggalan yang terjadi ini pertama ditemui oleh Imam Nahrawi, selaku menteri olahraga Indonesia. Setelah menemui kejanggalan tersebut beliaupun langsung mempostingnya di akun twiter miliki pribadinya @imam_nahrawi. Usai memposting hal tersebut, sontak saja para netizen seluruh rakyat Indonesia turut meluapkan kekesalan dengan menyampaikan pendapatnya dan kekesalannya terhadap Malaysia melalui media sosial.

Wajar sih, secara bendera merupakan simbol negara dan jelas hal tersebut sangat menyangkut harkat dan martabat bangsa Indonesia!

Tak hanya berhenti pada postingan saja, Imam Nahrawi juga memaparkan kronologi kejadian terkait masalah bendera yang terbalik dalam buku souvenir spesial SEA Games 2017 melalui sebuah tulisan. Berikut isi tulisannya:

Saya mengikuti prosesi upacara pembukaan SEA Games 2017, dan duduk di barisan tamu dan undangan, menerima spesial souvenir yang di dalamnya terdapat buku spesial souvenir, dan beberapa merchandise dari panitia pelaksana,” tulis Imam di laman resmi Kemenpora, Minggu (20/8/2017).

Di tengah-tengah berlangsungnya kemeriahan acara pembukaan SEA Games 2017, ada kejadian yang membuat terkejut saat menemukan Majalah Panduan yang mencantumkan Bendera Indonesia dalam keadaan terbalik yang memuat informasi negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Imam pun mengaku sangat menyesali adanya peristiwa tersebut. Pasalnya pria 44 tahun itu menilai bahwa SEA Games seharusnya dijadikan ajang untuk mengusung semangat persaudaraan dan persahabatan.

Saya menyesali peristiwa yang terjadi di tengah-tengah peristiwa yang sangat bersejarah di kawasan Asia Tenggara ini. Pesta olahraga bangsa-bangsa yang mengusung semangat persaudaraan dan persahabatan,” tulis Imam.

Saya tidak mengetahui apakah ini faktor kesengajaan atau tidak, namun saya yakin tamu-tamu dan undangan negara lain juga telah melihatnya. Saya belum mendengar informasi apakah buku ini akan dicabut atau direvisi dan sebagainya. Namun bagi saya persoalan pencantuman terbaliknya bendera ini menyangkut harkat dan martabat bangsa,” lanjutnya.

Bendera Merah Putih sangat mudah warnanya dibandingkan dengan bendera negara lain yang lebih rumit. Sementara negara lain yang benderanya lebih rumit tidak terbalik dalam penempatannya,” pungkas Imam.

Namun perihal insiden ini, tak hanya hacker saja yang meluapkan kekesalan, bahkan masyarakat Solo juga ikut-ikut bereaksi membalas dengan membalik bendera Malaysia dan berkeliling kota, berikut ini videonya yang menjadi viral:

Nah guys, sebagai warga negara Indonesia memang sudah sebaiknya kita tidak boleh membiarkan ada negara lain yang berusaha untuk mecoret harkat dan martabat negara kita! Terlepas itu entah kesalahan yang disengaja atau tidak, memang sudah sebaiknya Malaysia meminta maaf kepada Indonesia.